Skip to content

Manfaat Memelihara Hewan Peliharaan di Rumah

Bagi sebagian orang, memiliki hewan peliharaan bukan lagi sekedar hobi, namun sudah seperti kebutuhan. Ini karena memelihara hewan peliharaan sama dengan menambah teman atau hubungan baik antar sesama makhluk hidup.

Tidak heran jika banya para pecinta hewan yang membentuk komunitas karena kesamaan sudut pandang berfikir sehingga timbulah kesepakatan dan kesepahaman bersama.

Ada komunitas pecinta kucing, anjing, kura-kura, ikan cupang, hingga burung. Hal inilah yang menjadikan tren memelihara hewan peliharaan menjadi sepopuler ini.

Ditambah lagi, banyaknya pilihan hewan yang bisa dijadikan peliharaan membuat siapapun tidak perlu bingung mau pilih yang mana. Setidaknya ada manfaat yanga akan diperoleh dari memiliki hewan peliharaan ini, dan topik inilah yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini.

Hewan Peliharaan dan Anak-anak

Memelihara hewan peliharaan terasa sangat menyenangkan terutama jenis hewannya sesuai yang didambakan. Kami yakin hampir semua dari kalian memiliki setidaknya satu binatang peliharaan kesayangan yang dipelihara di rumah.

Jika ANda punya anak-anak, maka memiliki hewan peliharaan juga bisa berdampak positif bagi mereka. Tentu saja jika memang mereka sangat menyukai binatang sehingga bisa mereka jadikan sebagai teman bermain.

Ada begitu banyak jenis hewan peliharaan yang bisa Anda pelihara di rumah. Unggas merupakan jenis hewan terbanyak yang dipilih oleh orang untuk dijadikan sebagai binatang peliharaan.

Sementara itu, di daftar teratas jenis unggas yang sering dipelihara, ayam dan burung adalah jenis unggas yang paling banyak dipelihara di rumah dikarenakan mudahnya perawatan.

Sedangkan kucing dan anjing menjadi hewan mamalia berkaki empat yang juga sangat difavoritkan untuk dimiliki siapapun.

Manfaat Memelihara Hewan Peliharaan untuk Kesehatan Psikis

Memelihara hewan peliharaan
Memelihara hewan peliharaan – narmadi.com/properti

Selain bisa dijadikan sebagai teman bermain, memiliki hewan peliharaan di dalam rumah sedikitnya memiliki lima manfaat secara psikis. Apa sajakah manfaat tersebut? Berikut ulasannya.

1. Membantu menghilangkan stress

Setumpuk pekerjaan di kantor yang Anda kerjakan sangat berpotensi mendatangkan stress. Belum lagi pekerjaan rumah yang menuntut Anda juga untuk segera diselesaikan ikut menambah parah stress Anda.

Rasa stress ini seringkali bisa dilkurangi bahkan bisa dihilangkan dengan cara merawat hewan peliharaan di rumah.

Bagi Anda yang masih single memelihara hewan peliharaan bisa menghapus kesunyian saat Anda pulang kerumah.

Sementara bagi Anda yang sudah memiliki pasangan memelihara hewan di dalam rumah bisa dijadikan sebagai hiburan dikala stress datang. Tingkah polah hewan yang menggemaskan bisa menjadi hiburan tersendiri.

Jadi, saat Anda sibuk dan stres oleh pekerjaan atau kampus, bisa bermain dengan hewan kesayangan Anda di rumah. Ya meskipun tentu saja ada saja suka dukanya, namun bisa dipastikan kalau lebih banyak sukanya.

2. Melatih tanggung jawab Anda

Hewan peliharaan merupakan makhluk hidup yang harus dirawat dan diperhatikan agar keberlangsungan hidupnya terjaga. Dari sini Anda akan belajar untuk bertanggung jawab ‘mengasuh’ hewan peliharaan Anda agar tetap hidup dan sehat.

3. Anda jadi lebih rajin dan bersemangat

Kalau seseorang sudah mencintai sesuatu pastinya rela melakukan apa saja agar yang dicintainya senang. Rasa cinta dan tanggung jawab yang ada pada diri Anda akan memunculkan semangat hidup agar kehidupan hewan kesayangan Anda tetap terjaga.

Anda juga akan lebih rajin untuk melakukan segala hal yang bermanfaat untuk hewan peliharaan Anda dan aktivitas harian Anda tentunya.

4. Anda jadi lebih betah di rumah

Terkadang bagi Anda yang masih lajang sering tidak betah di rumah dikarenakan sepi dan bosan dikarenakan tiada pasangan.

Rasa bosan dan jenuh dikarenakan kesendirian bisa Anda hilangkan dengan memelihara binatang di rumah. Saat Anda pulang akan secara reflek dihibur oleh binatang kesayangan Anda, menyenangkan bukan?

5. Bisa menambah pendapatan juga lho

Memelihara hewan peliharaan
menambah pemasukan – narmadi.com/properti

Satu hal yang paling menarik jika Anda menjadikan hewan peliharaan sebagai aset adalah penghasilan tambahan yang akan Anda dapatkan.

Selain hobi Anda tersalurkan dengan memelihara binatang peliharaan di rumah akan banyak menghasilkan pundi-pundi uang yang tidak sedikit. Anda hanya perlu merawatnya dengan baik serta mempromosikannya kepada orang lain.

Tentu saja hal ini jika Anda mau membuka bisnis jual beli binatang peliharaan ya. Jika hanya fokus ingin dipelihara sendiri maka tentu saja poin ini tidak akan Anda dapatkan.

Mungkin demikian saja uraian singkat mengenai lima manfaat yang akan Anda dapatkan jika memelihara hewan peliharaan di rumah. Semoga bermanfaat, salam diminimalis (am). editted by RN10102021, 05/01/2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.