3 Tips Mudah Mencegah Alat Elektronik dari Sambaran Petir

Ada beberapa upaya untuk mencegah alat elektronik dari sambaran petir lho. Ilmu ini penting karena kita berada di wilayah iklim tropis dengan curah hujan tinggi dan rentan terjadinya sambaran petir ke rumah-rumah. 

Keadaaan alam memang tak dapat diramalkan secara pasti, namun kita dapat mencegah dampak yang ditimbulkannya seperti halnya petir.

Apakah rumah anda dekat tower? Jika iya, waspadai alat elektronik anda karena bisa aliran petir mengarah ke rumah Anda. Ini bisa jadi sumber masalah, sehingga Anda perlu melakukan upaya untuk mencegah alat elektronik dari sambaran petir di rumah Anda.

Fungsi Penangkal Petir, Fungsi Penangkal Petir pada bangunan, Fungsi Penangkal Petir pada gedung
tanpa penangkalpetir, rumah akan mengalami resiko tersambar petir – narmadi.com/properti

Tips Mencegah Alat Elektronik dari Sambaran Petir

Penting bagi kita untuk mengetahui tentang tips – tips agar aman dari gejala alam yang sering hadir di musim penghujan ini.

Selain itu, tempat – tempat yang rawan dengan tingkat frekuensi maupun intensitasnya tinggi seperti lahan kosong persawahan ternyata lebih sering terkena sambar ketimbang daerah perkotaan yang penuh dengan gedung tinggi.

Walaupun jarang namun kita harus tetap waspada karena bisa saja petir dipentalkan langsung ke arah rumah anda dan anda belum melakukan pencegahannya, dan sangat banyak alat yang bersumber dari listrik dirusak oleh petir ini.  

Cara mencegah alat elektronik dari sambaran petir sebagai berikut ini.

Pertama, belilah alat elektronik yang tahan terhadap gangguan konduksi & induksi petir akibat adanya sambaran langsung maupun tidak langsung. Anda juga bisa memanfaatkan produk fungsi penangkal petir yang banyak dijual di toko-toko.

Jika belum bisa membeli produk – produk tersebut. Janganlah menghidupkan televisi saat hujan turun dan lepaskan kabel dari stop kontak.

Mencegah alat elektronik dari sambaran petir, Fungsi Penangkal Petir, Fungsi Penangkal Petir pada bangunan, Fungsi Penangkal Petir pada gedung
penangkal petir memiliki fungsi yang sangat penting untuk rumah minimalis Anda – narmadi.com/properti

Bagi Anda yang memiliki antena, pasanglah anti petir pada tiang antena serta jangan lupa menghubungkan kabel ground dengan ground/body penangkal petir.

Cobalah menggunakan antena dari pipa logam . Hal ini juga berlaku pada alat elektronik lainnya, Anda harus memeriksa apakah seluruh kabel eletronik telah terlepas dari stop kontaknya.

Kemudian, bagi Anda yang ingin menelpon di saat hujan deras lebih baik urungkan niat anda karena petir dapat melewati sambungan di telephon rumah, jika itu kepentingan yang sangat mendesak cobalh menggunkan telepon genggam.

Untuk Anda yang memiliki komputer rumah, segera cabut kabel internet serta kabel dari stop kontak kemudian cobalah menggunakan UPS anti petir. Hal – hal yang telah kalian lakukan diatas itu sangat perlu untuk mencegah alat elektronik anda terhindar dari sambaran petir.

Demikian penjelasan dan uraian kami tentang tips mencegah alat elektronik dari sambaran petir. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang fungsi penangkal petir pada rumah minimalis di tautan tersebut, semoga bermanfaat. (ls) editted byAL12122021, 17/02/2022 by diminimalis

lutfi.diminimalis

Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Agustus 2016. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.