Skip to content

3 Tips Merawat Bonsai Asam Jawa Agar Daun Lebat dan Sehat

Merawat bonsai asam jawa yang baik perlu dilakukan agar tanaman tersebut tidak rentan terserang penyakit. Pohon bonsai sendiri berasal dari Jepang dan memiliki harga yang cukup mahal di pasaran.

Jenis pohon yang menjadi favorit banyak orang untuk dijadikan bonsai salah satunya adalah asam jawa.

Pohon asam jawa ini sangat ideal karena memiliki batang berwarna coklat bertekstur kekar dan berdaun kecil.

Untuk membuat bonsai dari tanaman Asam jawa ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Kita bisa membuat bonsai asem jawa dari biji yang kita semai atau mencangkok dari pohon asem yang sudah besar.

Ada banyak referensi di google ataupun youtube yang mengulas soal ini. Anda bisa mencari dan menemukannya lalu pelajari sendiri.

Merawat Bonsai Asam Jawa agar Tetap Sehat dan Kuat

merawat bonsai asam jawa, cara merawat bonsai asam jawa, media tanam bonsai asam jawa
asam jawa sangat ideal untuk dijadikan bonsai yang indah – narmadi.com/properti

Tidak hanya soal proses penanamannya yang perlu perlakuan yang benar, namun juga perawatannya. Jika bonsai dibiarkan begitu saja, bukan tidak mungkin justru akan layu dan mati.

Nah, di bawah ini ada beberapa tahapan merawat bonsai Asam jawa mulai dari tahap awal hingga akhir.

1. Mencari bakalan di bawah pohon Asem yang sudah tua dan berbuah

Untuk mendapatkan tanaman asam jawa harus dimulai dengan  memilih bibit asam jawa yang baik. Cara mendapatkan bibit asam jawa bisa dengan mencari di sekitar pohon indukannya.

Biasanya di bawah pohon indukan tersebut banyak tumbuh bibit pohon-pohon Asem muda yang berasal dari biji dan tumbuh secara alami.

Pilihlah bibit yang memiliki batang yang cukup besar. Usahakan saat pembibitan lakukan dengan sehati-hati mungkin agar akarnya tidak rusak.

Setelah pembibitan berhasil, selanjutnya, siapkan pot yang sudah berisi media tanam untuk pertumbuhan bakalan bonsai selanjutnya. Pada awal penanamannya, jangan lupa untuk menyiramnya sehari dua kali dan tambahkan nutrisi tanaman atau pupuk organik.

Media tanam untuk pertumbuhan bisa berupa pasir + pupuk kandang+tanah+pupuk perangsang tanaman organik (seperti M4).

Selain itu, saat menanam biji Asem jangan terlalu dalam karena bisa memperlambat pertumbuhan kecambah. Tunggu sampai bibit/bakalan benar-benar siap untuk dipindahkan dan dibentuk.

merawat bonsai asam jawa, cara merawat bonsai asam jawa, media tanam bonsai asam jawa
bonsai asam jawa yang masih dalam proses pembentukan – narmadi.com/properti

2. Proses pembentukan

Merawat bonsai asam jawa membutuhkan kesabaran dalam proses pembentukan. Setelah bakalan bonsai dirasa sudah cukup kuat dan kokoh, maka proses selanjutnya adalah proses pembentukan.

Dalam tahap pembentukan ini, gunakan teknik pengait secara bertahap.

Hindari penggunaan kawat pada tahap ini. Sebab, pohon Asem memiliki keindahan batang yang unik, jika kita menggunakan kawat maka keindahan batangnya akan rusak. Kita tahu bekas kawat sangat sulit untuk dihilangkan bukan?

Dahan yang baik adalah dahan yang ada di bagian puncak lengkungan batang pohon. Potong dahan yang berada di bagian dalam lengkungan untuk dipotong.

Rajin-rajinlah memangkas dahan yang terlalu rimbun agar tidak saling menaungi. Setelah Anda lakukan perawatan awal, selanjutnya adalah melakukan pemupukan dengan metode yang benar.

Tidak ada aturan jenis pupuk apa yang harus digunakan. Pemupukan bonsai asam jawa bisa menggunakan pupuk organik, pupuk kandang atau kompos dan bahan organik lain secukupnya.

3. Pemotongan

Pemotongan atau prunning adalah bagian penting dalam merawat bonsai asam jawa. Setelah beberapa waktu arah dan gerak tumbuh batang sudah terlihat, selanjutnya kita bisa melakukan tahap pemotongan. Kita bisa menggunakan alat-alat potong seperti gunting atau gergaji.

Sisakan beberapa cabang utama, sesuai selera. Dalam tahap ini direkomendasikan untuk mempertahakan dua cabang saja. Dua cabang ini akan membentuk cabang-cabang baru yang unik dan artistik.

Nah, jadi bagaimana? Mudah bukan memelihara dan merawat bonsai asam jawa?

Jika Anda masih kurang paham juga Anda bisa bertanya kepada teman yang memiliki hobi yang sama. Atau bisa juga dengan bergabung di komunitas pecinta bonsai.

Nah itulah cara sederhana membuat bonsai dari tanaman asam jawa. Tentunya semua memerlukan kesabaran dan ketelatenan dalam merawat bonsai tanaman asam jawa untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Demikian ulasan kami tentang cara merawat bonsai asam jawa, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang manfaat tanaman bonsai di rumah minimalis yang perlu Anda ketahui. (ls) – editted by RN20032019, 11/01/2022 by diminimalis

Baca profil Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.