Merawat Bonsai Buah untuk Memaksimalkan Kualitas dan Kuantitas

Merawat bonsai buah tidaklah sulit, Anda hanya perlu paham tentang bagaimana merawat bonsai pada umunya. Pemahaman ini meliputi perawatan akar, pengairan, media tanam, batang dan pemangkasan.

Selanjutnya Anda tinggal menentukan buah yang cocok untuk dijadikan sebagai tanaman bonsai di rumah Anda.

Merawat Bonsai Buah dari Serangan Hama

 merawat bonsai buah, cara membuat bonsai buah, bonsai buah mangga, cara membuat bonsai buah, cara membuat bonsai buah naga, cara membuat bonsai buah jeruk, cara membuat bonsai buah-buahan, pohon bonsai berbuah
bonsai buah jeruk – Merawat bonsai buah – narmadi.com/properti

Bonsai buah merupakan salah satu tanaman yang dapat membantu mempercantik tampilan rumah Anda. Mungkin Anda berfikir, untuk jenis tanaman buah di taman minimalis, kenapa tidak menggunakan tabulampot (tanaman buah dalam pot) saja?

Nah disinilah bedanya tabulampot dengan bonsai, meski sama-sama berbentuk minimalis, namun keduanya memiliki banyak perbedaan.

Bonsai buah tetap harus dibuat dengan ukuran yang sangat kerdil dan tidak asal berbuah sebagaimana tabulampot.

Bonsai buah lebih menitikberatkan pada nilai artistik dan kerapian, sehingga adakalanya beberapa buah perlu dipetik demi memperoleh keindahan bonsai itu sendiri.

Cara Merawat Bonsai Buah, Cara membuat Bonsai Buah, bonsai buah jeruk, bonsai buah anggur
bonsai buah sebagai hiasan hidup yang eksotis untuk rumah minimalis Anda – Merawat bonsai buah – narmadi.com/properti

Pada dasarnya setiap tamanan dapat dibuat kerdil, namun secara garis besar terdapat tiga cara yang digunakan, yaitu cara genetik, fisika dan kimia.

Cara genetik adalah dengan cara melakukan persilangan antara tamanan dengan sifat yang berbeda, lalu setelahnya seleksi tamanan yang dihasilakn terseut. Sedangkan cara kimia adalah dengan memberikan zat kimia yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman tersebut.

Cara Merawat Bonsai Buah

Agar dapat memiliki bonsai buah yang sehat dan indah, Anda harus memperhatikan beberapa hal saat perawatannya. Berikut adalah beberapa diantaranya :

1. Pemotongan Batang

Batang merupakan bagian tanaman yag sangat menentukan bentuk dan keindahan bonsai. Sehingga harus dilakukan pemotongan secara berkala hingga bentuk bonsai indah dan sesuai dengan yang diharapkan.

Teknik pemotongan batang pun tidak sembarngan. Anda harus memotong pada bagian batang yang tepat serta tersembunyi agar tidak merubah bentuk.

2. Pemangkasan Akar

Untuk membuat bonsai tetap berbentuk indah salah satu hal yag perlu diperhatikan adalah akar.

Bonsai yang pada dasarnya adalah tamanan besar pastinya memiliki akar yang banyak, dan jika didiamkan dalam waktu lama maka akan cepat memenuhi media tanam, oleh sebab itulah harus dipangkas secara berkala dan mengganti media tanamnya.

3. Pembuangan Tunas Baru

Bonsai yang pada dasarnya tanaman hidup pastinya akan menumbuhkan tunas baru, dan hal itu pastinya akan mengubah bentuk bonsai Anda.

Sehingga pembuangan tunas baru haruslah dilakukan secara berkala, kecuali jika tunas tersebut sengaja di tumbuhkan untuk menyempurnakan bentuk bonsai.

Demikian penjelasan dan uraian kami tentang cara merawat bonsai buah. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang cara merawat bonsai asem jawa di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls), Editted 13/01/2022 by diminimalis

Baca juga: Merawat bonsai asem jawa supaya berdaun lebat dan sehat

lutfi.diminimalis

Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Agustus 2016. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.