Skip to content

Model Pintu Gerbang Dalam Rumah Minimalis

Pintu gerbang tidak selalu identik berada di luar rumah, sebab ada juga model pintu gerbang dalam rumah minimalis yang difungsikan untuk membagi ruangan.

Banyaknya pilihan model pintu gerbang dalam rumah minimalis sebenarnya tidak perlu bingung mau desain seperti apa yang dipilih.

Di artikel kali ini juga akan dibahas banyak referensi mengenai model pintu gerbang dalam rumah minimalis. Sehingga, Anda akan tahu banyak referensi soal desain pintu gerbang dalam seperti apa yang cocok untuk rumah Anda.

Sebelum kesana, bahasan awal kita kali ini akan berkutat pada fungsi dan urgensi menambahkan pintu gerbang di bagian dalam rumah.

Fungsi Gerbang dalam Rumah

Sebelum bicara soal contoh model pintu gerbang dalam rumah minimalis, kita bahas dulu soal fungsinya.

Berbeda dengan gerbang rumah yang lokasinya di luar, gerbang dalam rumah memiliki fungsi yang lebih simpel.

Yaitu, memisahkan antar ruangan dalam rumah supaya privasinya sedikit terjaga. Biasanya lokasinya di tengah antar ruangan sebagai pemisah.

Selain sebagai pemisah, adanya gerbang tengah juga akan memberikan kesan yang bagus untuk sebuah bagian dalam rumah.

Tidak ada pagar atau penutup permanen yang tersedia, biasanya hanya tirai yang menjulur untuk memisahkan antar ruangan.

 Ruangan yang Biasa Terpisahkan oleh Gerbang

model pintu gerbang dalam rumah minimalis

Model pintu gerbang dalam rumah minimalis sesuai fungsinya tadi tentu saja untuk memisahkan dua ruangan yang berbeda. Adapun ruangan yang biasa dipisahkan oleh gerbang tengah adalah:

1. Ruang Tamu dan Ruang Keluarga/Tengah

Dua ruangan ini biasanya sangat elegan ketika dipisahkan dengan sebuah pintu gerbang. Apalagi jika nanti ditambahkan dengan tirai/gorden yang menjuntai indah dengan ukuran yang sesuai.

Tamu yang singgah di ruang tamu akan menikmati pemandangan indah sebuah pintu gerbang terbuka di tengah ruangan.

Sebaliknya dari ruang keluarga juga akan terlihat ruang tamu yang estetis karena ada sebuah pintu gerbang terbuka.

2. Ruang Tengah dengan Dapur

Ruangan lainnya yang biasa dipisahkan dengan gerbang tengah adalah ruang tengah dengan dapur. Kedua ruangan ini tak kalah bagus jika dipisahkan dengan gerbang yang didesain tidak biasa.

Lekukan lekukan indah di bagian atas gerbang akan semakin mengesankan bahwa kedua ruangan ini cukup penting fungsionalitasnya.

Model pintu gerbang dalam rumah minimalis yang membagi ruang tengah dengan dapur akan menunjukkan sisi unik yang tidak biasa. Alhasil, interior rumah akan terkesan mewah.

Seberapa Estetik Rumah dengan Gerbang Dalam?

Jika ditanya seberapa estetik rumah dengan gerbang dalam sebagai pemisah antar ruangan maka sebenarnya jawabannya relatif. Artinya, rumah dengan model pintu gerbang dalam rumah minimalis bisa jadi bagus bagi sebagian orang sementara bagi sebagian yang lain tidak perlu.

Nah, namun disinilah pentingnya untuk memilih model pintu gerbang dalam rumah minimalis terbaik.

Model Pintu Gerbang Dalam Rumah Minimalis

Demi menjaga privasi beberapa penghuni rumah, dua ruangan sengaja dibuat “terpisah”. Salah satu langkah memisahkannya ialah dengan membuat model gerbang dalam rumah.

Gerbang tidak hanya dapat ditemui pada bagian luar atau depan bangunan. Membuat ornamen model gerbang dalam rumah minimalis bagus untuk memisahkan antara satu ruang dengan ruang lainnya.

Kira-kira seperti apakah model atau desain gerbang dalam rumah minimalis yang direkomendasikan untuk Anda? Berikut Ide-idenya

Penyekat Ruang Tamu dan Ruang Keluarga Ala Eropa Klasik

Rekomendasi gerbang di dalam rumah minimalis yang pertama ini mengadaptasi rumah bergaya Eropa klasik.

Desainnya tampak elegan dan mewah. Pemilihan gerbang warna putih senada dengan ornamen yang lain di rumah seperti plafon dan tangga.

Sementara itu pada bagian dinding dipilih warna biru atau abu-abu muda. Untuk mempertegas pemisahan di antara ruang tamu dan ruang yang lain di rumah, terdapat karpet dengan warna yang kontras dengan lantai.

Gerbang dalam ruang seperti di atas dapat dibikin memakai gypsum atau kayu. Bila ingin menggunakan kayu, seharusnya pilih kayu yang betul-betul berkualitas.

Gerbang dalam Rumah Minimalis Bergaya Modern

Design bergaya modern kerap jadi opsi khusus saat mendesain rumah. Umumnya, rumah modern memiliki design ornamen yang simpel dan minimalis. Contohnya ialah gerbang dalam ruang pada gambar di atas.

Model gerbang dalam ruang tamu ini dibuat lebar dan tinggi hampir menyentuh plafon rumah. Berbeda dengan design yang telah direferensikan sebelumnya, gerbang ini mempunyai ukuran yang lebih ramping.

Lagi-lagi gerbang diberi warna putih. Warna ini senada dengan seluruh kusen pintu dan plafon yang ada di rumah.

Rumah modern memang sering memakai warna-warna monokrom. Jarang ditemui penggunaan lebih dari 3 warna di dalam rumah.

Dua Gerbang Sekaligus di Ruang Tamu

Model pintu gerbang minimalis dalam ruang tamu di atas benar-benar unik karena ada dua sekaligus dalam satu ruang. Gerbang yang “sesungguhnya” berada di segi kiri yang pisahkan sekalian menyambungkannya dengan ruang lain di rumah.

Selanjutnya ada lagi satu “gerbang” yang berada di sisi lain ruang tamu. Gerbang ini memiliki pilar berukuran kecil disebelah kanan dan kiri. Selanjutnya di bagian belakangnya ada dinding dengan pola dan warna yang mencolok, sangat berbeda dengan sisi lain di dalam ruang.

Sebagai pemanis, terdapat cermin bulat di bagian tengah gerbang itu. Anda dapat mengadaptasi desain ini bila ingin rumah tampak tidak monoton.

Gerbang dalam Ruang Tamu di Rumah Mewah

Rumah mewah umumnya mempunyai ukuran yang besar. Tak heran jika ruang-ruang didalamnya didesain dengan ukuran yang besar. Untuk memisahkan di antara satu ruang dan ruang lainnya dibuatlah gerbang dalam rumah.

Misalnya ialah gambar di atas. Gerbang di rumah ini tidak dibuat menyudut seperti beberapa design yang telah diulas sebelumnya.

Gerbang ini malah dibuat meliuk di bagian atasnya. Design semacam ini memberikan kesan yang lebih hangat dan tidak kaku.

Baca juga: Begini! Bikin Gerbang Rumah Aman Nyaman

Gerbang Dalam Ruang Tamu di Rumah Bergaya Hamptons

model pintu gerbang dalam rumah minimalis

Rumah-rumah bermodel Hamptons biasanya memiliki banyak bukaan. Ini memungkinkan banyak sinar masuk ke ruang di rumah. Di siang hari, lampu tidak begitu diperlukan karena sudah banyak cahaya alami yang menembus ke ruang.

Salah satu ciri khas dari rumah Hamptons ialah hubungan yang kuat antara segi indoor dan outdoor.

Jendela kaca berukuran besar ditempatkan di ruang tamu. Kemudian sebelum masuk ke ruang lain ditempatkan sebuah gerbang berukuran besar.

Gerbang yang sejajar dengan jendela-jendela besar ini memungkinkan cahaya dari ruang tamu dapat menembus lebih jauh ke ruang lain di dalam rumah.

Nah, apakah sudah memilih mana model pintu gerbang dalam rumah minimalis yang akan Anda adopsi? Anda bisa dapat referensi lain di luar sana ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.