Skip to content

Variasi Model Teras Rumah Modern Terbaik

Bicara soal model teras rumah modern saat ini, kecenderungan pilihannya semakin banyak. Bahkan semakin kesini model teras rumah baik untuk depan, samping maupun teras belakang semakin banyak variasinya.

Nah, dari sekian banyak model tersebut, Anda bisa memilih mana yang terbaik untuk diadopsi dan diterapkan pada rumah kesayangan Anda.

Pemilihan konsepnya sendiri bisa Anda dasarkan salah satunya pada peruntukkan fungsinya. Kalau fungsinya untuk menyambut tamu sementara sebelum masuk ke ruang tamu, mungkin perlu dihias dengan tambahan elemen tertentu.

Jangan lupa untuk memperhatikan setiap elemen yang masuk dalam list material yang ingin Anda tambahkan.

Dari sisi keawetan juga pasti akan lumayan tahan hingga bertahun-tahun. Namun memang dari sisi harga, akan lebih mahal ketimbang yang biasa.

Misalnya antara teras rumah yang langsung dibuat menyatu dengan rumah. Yang mana direncanakan langsung saat pembuatan.

Tentunya, dari sisi biaya akan lebih mahal karena mesti menambahkan pembelian untuk rangka atap, genteng, dan juga langit-langitnya.

Meskipun ada pula yang model cor dak yang mana tak perlu ada tambahan genteng.

Di lain sisi ada yang lebih memilih tambahan model teras rumah dari material baja ringan sebagai rangka atap dan tiangnya.

Ini biasanya karena teras utamanya kurang memadai atau space nya terlalu kecil.

Apakah Anda akan memilih tambahan teras dengan material baja ringan semacam itu, terserah Anda.

Apa itu Teras?

Teras rumah bisa diartikan sebagai sebuah ruang peralihan dari area luar menuju ruang dalam atau sebaliknya, yang mana dinaungi atap, dengan tiang dan satu atau dua dinding.

Biasanya, teras rumah sengaja dibuat dan termasuk bagian dari perencanaan bangunan rumah. Tidak heran jika saat  bangun rumah dari nol, secara otomatis sudah ada terasnya.

Meskipun tidak menutup kemungkinan butuh tambahan area teras, misalnya untuk parkir kendaraan pribadi atau sekedar untuk membuat rumah nampak luas dari bagian depan.

Untuk letaknya, bisa di depan, samping maupun di belakang rumah. Masing-masing area teras dibuat untuk fungsinya masing-masing, untuk carport, praktek kegiatan/kesibukan hobi dan sebagainya.

Apa fungsi Teras untuk Rumah?

Keberadaan teras rumah sendiri jika dilihat dari sisi fungsinya cukup beragam, tergantung dimana peletakkan posisi teras berada.

Teras depan rumah biasanya difungsikan sebagai ruang penerima tamu terbuka atau area tunggu sebelum dipersilakan masuk ke ruang tamu.

Teras samping biasanya menjadi tempat untuk bersantai atau melakukan kegiatan yang bersifat hobi.

Sementara teras belakang, karena posisinya yang lebih tertutup, biasanya diperuntukkan sebagai ruang makan, tempat melakukan aktivitas hobi juga dan kumpul keluarga saat momen tertentu.

Model Teras Rumah Berbagai Sisi

Pada umumnya, teras rumah ditempatkan pada berbagai sisi yang diinginkan oleh sang pemilik. Ada yang hanya memiliki teras di bagian depan rumahnya saja, ada juga yang diletakkan di samping, bahkan ada pula model kombinasi.

Berikut ini beberapa contoh model teras rumah sesuai peletakkannya yang mungkin bisa sedikit membantu Anda menemukan inspirasi dalam menentukan model seperti apa yang Anda inginkan.

Model Teras Rumah Bagian Depan

Melihat dari sisi fungsinya, yang mana biasanya difungsikan sebagai area menyambut tamu pertama kali sebelum dipersilakan masuk ke ruang tamu. Maka, ada beberapa model yang biasa dipakai.

Berikut ini 4 diantara model teras rumah bagian depan rumah.

1. Teras Depan Rumah Gaya Vintage

model teras rumah

Konsep vintage saat ini masih banyak digemari, termasuk untuk tampilan teras depan rumah.

Dengan memberi dekorasi dan furnitur vintage seperti kursi goyang, akan memberi tampilan teras yang elegan dan estetik.

Sebagai pelengkap, Anda bisa tambahkan bantal dan beberapa ornamen peting seperti bantal duduk, meja unik dan sebagainya.

2. Teras Depan Rumah dengan Kursi gantung Rotan

model teras rumah

Menambahkan kursi gantung di teras depan rumah minimalis merupakan salah satu pilihan yang tepat. Selain untuk tempat bersantai, kursi gantung dapat menambah kesan nyaman dan estetik.

Teras rumah dengan usungan model begini tentu tidak akan membuat siapapun yang berkunjung tidak akan bosan,

3. Teras Depan Rumah Gaya Bohemian

model teras rumah

Untuk Anda yang menyukai tampilan artistik, konsep bohemian nampaknya cocok untuk Anda terapkan di teras depan rumah minimalis Anda.

 Kunci dari konsep bohemian sendiri adalah pemilihan elemen dekorasinya.

Pilihlah dekorasi dengan desain bohemian, dimana biasanya hadir dangan warna warna cerah dengan motif khas ala bohemian.

4. Teras Depan Rumah dengan Kaca

model teras rumah

Konsep teras rumah kaca akan memberi pencahayaan yang baik untuk eksterior rumah minimalis Anda. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkannya sebagai mini garden di teras rumah Anda sehingga terasa asri.

Keuntungannya, Anda bisa tetap seperti berada di suasana outdoor pada saat cuaca hujan, tanpa kebasahan karena terkena percikannya.

Baca juga: Fungsi dan Harga Paranet untuk Teras Rumah

Model Teras Rumah Bagian Samping

Teras samping biasanya menjadi tempat untuk bersantai atau melakukan kegiatan yang bersifat hobi.

1. Desain Teras Samping Rumah Kontemporer

model teras rumah

Pilihan desain teras rumah cantik atau teras minimalis elegan, teras dan taman ini memang kecil dan bersebelahan dengan ruang keluarga.

Anda tidak perlu bingung dengan pilihan teras samping rumah, sesuaikan saja dengan desain eksterior yang lain yang masih ada sehingga tidak perlu mencari.

2. Teras Rumah dengan Area Duduk

model teras rumah

Jika Anda memiliki denah rumah 8×10 meter atau lebih dengan teras samping, maka model teras rumah minimalis ini bisa menjadi pilihan.

Anda bisa memanfaatkan teras samping rumah menjadi area duduk yang nyaman untuk menjamu tamu atau tempat bersantai.

3. Teras Rumah Samping Spesial Area Q Time Outdoor

model teras rumah

Pilihan lain dari teras rumah yang layak juga dijadikan inspirasi. Adalah menjadikan teras menjadi ruang makan outdoor, cocok bagi outdoor yang suka menjamu tamu.

Model teras rumah minimalis juga bisa dihiasi dengan tanaman, kamu dapat menambahkan taman.

Model Teras Rumah Bagian Belakang

Teras Bagian Belakang biasanya difungsikan untuk kegiatan kumpul keluarga atau sesuatu yang sifatnya privat.

Ada beberapa rekomendasi model teras rumah yang biasanya diusung untuk bagian belakang hunian.

1. Teras belakang rumah dengan kolam ikan

model teras rumah

Untuk Anda yang butuh inspirasi ide model teras rumah yang bagus, Anda bisa mengusung konsep seperti ini.

Ada tambahan kolam ikan yang akan membuat tampilan teras lebih ikonik dan menyenangkan untuk jadi area Q time bersama orang tersayang.

Sebagai perabot utamanya, Anda bisa letakkan satu meja bulat besar dari kayu dengan dikellilingi kursi rotan tiga hingga empat buah.

Sebagai elemen penyegar, Anda bisa tanam tanaman hias yang cocok untuk ada di sebuah teras taman terbuka.

2. Teras belakang rumah bernuansa romantis

model teras rumah

Mau konsep yang lebih berkesan? Anda bisa mengusung konsep teras dengan gaya yang terlihat elegan dan romantis.

Sebagai fokus utama tentu saja meja dan jejeran kursi yang ada. Lampu-lampu yang sengaja di pasang pada celah-celah space akan membuat suasana makin indah.

Apalagi tanaman-tanaman yang ada di sekeliling juga mendukung. Jika tertarik silakan dicoba ya.

3. Teras belakang rumah dengan kursi dan meja kaca

model teras rumah

Ada satu lagi model teras rumah yang cocok untuk ditempatkan di belakang rumah, yaitu seperti gambar di atas.

Anda bisa mengusung meja dengan kaca dan kursi empuk yang mengelilinginya.

Dari sisi alam, Anda bisa menjadikan material batu alam sebagai salah satu dindingnya. Batu kerikil kali akan menjadikan suasana trittikan makin syahdu.

Kesimpulan:

Jadi, dari sekian banyak model teras rumah baik untuk bagian depan, samping maupun belakang rumah, mana yang menurut Anda paling pas untuk Anda usung?

Anda bisa menyandarkan pemilihan pada dimana lokasi yang akan Anda tempatkan, kemudian konsep penataannya akan seperti apa, dan lain-lain.

Setelah itu, Anda akan mendapatkan insight untuk mengatur model teras rumah yang sesuai dengan keinginan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.