Skip to content

Fungsi dan Harga Paranet untuk Teras Rumah

Mungkin sebagian dari Anda masih ragu dengan penggunaan sebuah paranet untuk teras rumah.

Ada yang bertanya-tanya untuk apa teras rumah mesti dipasangi paranet. Padahal, di luar sana jika Anda rajin mencari referensi sudah cukup banyak yang memakainya.

Pemasangan paranet untuk teras rumah sendiri memang lebih umum diterapkan pada area taman rumah untuk melindungi dari kotoran-kotoran yang beterbangan yang mungkin akan jatuh ke dalam area tersebut.

Tidak hanya itu saja, fungsi paranet ini juga sudah sedikit melebar, yang mana tidak hanya bertujuan melindungi area teras saja. Namun sudah ke arah misi estetika atau bisa dikatakan dipasang untuk mempercantik teras rumah.

Alias, bagaimana membuat area yang dipasangi paranet tadi jadi lebih bagus secara tampilan, bersih secara visual, dan terjaga dari kerusakan.

Jika Anda tertarik menerapkan ide yang sama, yaitu memasang paranet untuk teras rumah Anda, maka segera saja eksekusi ide Anda.

Dalam hal mencari produk paranet juga tidaklah sulit, termasuk memasangnya jika Anda bisa maka mudah-mudah saja.

Di pasaran sudah banyak tersedia berbagai model dan ukuran, tinggal sesuaikan dengan keinginan saja.

Fungsi dan Manfaat Memasang Paranet untuk Teras Rumah

Berikut ini beberapa hal yang akan Anda dapatkan ketika memutuskan untuk menambahkan paranet di teras rumah Anda.

1. Melindungi dari Hama Tanaman dan Kotoran Daun Kering

paranet untuk teras rumah

Di teras, tentu elemen-elemen hidup seperti tanaman dan hewan-hewan (jika ada) perlu dilindungi secara maksimal agar keberadaannya terpelihara dengan baik.

Misalnya saja hewan-hewan seperti burung dan hama lainnya bisa saja membuat tanaman di area teras menjadi mati. Nah dengan adanya paranet, maka kemungkinan-kemungkinan tersebut bisa dicegah.

Burung dan hama-hama tersebut tidak akan mudah menyerang tanaman di teras rumah Anda. Ini artinya, paranet punya peran yang vital untuk membantu menjaga taman lebih hidup.

2. Mengurangi Sorot Matahari Langsung

Teras rumah Anda yang terbuka biasanya akan tersorot matahari secara langsung, yang mana efeknya akan membuat suasana santai jadi sedikit terganggu.

Nah dengan penggunaan paranet untuk teras rumah Anda, sorot matahari akan bisa terhalang sebagiannya sehingga area teras akan terasa sejuk. Belum lagi jika di area teras Anda ada tanaman-tanaman hijau, maka sorot matahari bisa membahayakan pertumbuhannya.

Daun bisa layu, bunga bisa memutih dan tangkai bisa lama-lama kering karena asupan sinar matahari langsung yang berlebihan.

Meskipun jika ditanam di pot, sebenarnya bisa juga diakali dengan memindah-mindahkannya namun tentu hal itu merepotkan bukan? Harapannya dengan memasang paranet inilah masalah tersebut akan teratasi.

Meski jadi lebih sedikit sinar yang mengenai area taman, namun sedikit itu masih bisa berguna untuk membantu proses fotosintesis tanaman.

3. Sirkulasi Udara di sekitar Teras Lebih Bersih

Manfaat selanjutnya penggunaan paranet untuk teras rumah adalah soal sirkulasi udara yang jadi tersaring. Perbedaan udara yang masuk melalui paranet, dengan yang tidak, memang tidak begitu kentara.

Namun, jika Anda sadari maka sebetulnya celah-celah pada jaring paranet mampu menyaring udara di sekitar area teras. Sehingga, udara di sekitar teras yang Anda hirup saat tengah bersantai jadi lebih bersih.

Baca juga: Tips Memilih Motif Granit untuk Teras Rumah Minimalis

4. Menahan Air Hujan dan Angin Kencang

Hujan dan angin kencang biasanya jadi momok yang menakutkan jika tidak diantisipasi dengan baik. Teras rumah Anda yang sudah didesain dengan indah dan banyak kreasi tanaman bisa saja rusak karena hal tersebut.

Oleh karenanya, peran paranet untuk teras rumah dalam membantu menghalangi hujan dan angin kencang ini perlu diprioritaskan. Anda bisa memasang paranet mengelilingi area teras rumah Anda khususnya yang banyak ditanami tumbuhan.

Dengan adanya paranet ini maka gumpalan angin kencang dan derasnya hujan yang mengguyur bisa terhalang agar tidak merusak berbagai elemen yang ada.

Dalam rangka menyelamatkan layout desain teras minimalis di rumah Anda yang cantik, paranet bisa dipasang sebagai andalan yang masuk akal.

Ukuran Paranet untuk Teras Rumah yang Bisa Dipilih

paranet untuk teras rumah

Di pasaran saat ini, ada dua jenis dan ukuran paranet yang bisa dipilih. Pertama, paranet berukuran lebar 3 meter dan satu roll.

Keduanya berbeda dari sisi ukuran yang mana pembeliannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Selain ukuran lebar, paranet juga dibedakan berdasarkan persentase sinar matahari mampu terhalangi. Yang mana ada tiga jenis persentase, yaitu 65 %, 70%, dan 75 %.

Adapun harga paranet ukuran lebar 3 meter beserta persentasenya ialah sebagai berikut.

1. Harga Paranet Lebar 3 Meter

Selain lebarnya, paranet juga bisa dibedakan berdasarkan persentase sinar matahari yang mengenai tanah/daun-daun. Berikut ini variasi harganya:

a. Paranet 70% Lebar 3 Meter sekitar Rp 30 ribu

b. Paranet 65% Lebar 3 Meter sekitar Rp 18 ribu

c. Paranet 75% Lebar 3 Meter sekitar Rp 26 ribu

2. Harga Paranet 1 Roll

Sedangkan harga jaring paranet per roll-nya dengan lebar 3 meter panjang 100 meter adalah sebagai berikut.

a. Paranet 70% (3 x 100 meter) >>>Lokal Rp 1,7 juta

b. Paranet 50% (1.8 x 50 meter) >> Import Rp 610 ribu

c. Paranet 85% (3 x 100 meter) >> Import Rp 1,7 juta

Soal harga, Anda bisa memilih untuk membeli ukuran yang mana, tinggal sesuaikan dengan kebutuhan.

Namun jika masih berkutat soal keputusan akan memakai paranet atau tidak sebaiknya pertimbangkan hal-hal penting seputar manfaatnya dulu seperti sudah dibahas sebelumnya di atas. Semoga dengan mengaplikasikan paranet untuk teras rumah Anda, suasana bersantai dan berkumpul jadi lebih syahdu ya. Editted 21/07/2022 by UN.

Leave a Reply

Your email address will not be published.