Tips dan Cara Memilih Alat Penyaring Air Kran Kamar Mandi Agar Tidak Salah Pilih

Tinggal di tengah kota yang penuh dengan polusi menjadikan keberadaan air bersih semakin sulit untuk didapatkan.

Beruntungnya, kini teknologi semakin canggih dan berkembang hingga terciptanya filter penyaring air kran kamar mandi yang berguna untuk mengolah dan menyaring air.

Dengan adanya alat penyaring air kran kamar mandi maka akan mengurangi air yang kotor menjadi bersih dan bebas dari zat berbahaya.

Air merupakan salah satu elemen paling penting yang dibutuhkan oleh manusia, mulai dari kebutuhan untuk minum, mandi, mencuci, dan lain sebagainya. Akan tetapi semakin hari polusi semakin banyak dan menyebabkan kualitas air di sekitar kita menjadi kotor.

Hal ini membuat kita memerlukan adanya penyaring air yang berguna untuk dapat membantu memulihkan kualitas air dan menghindarkannya dari beragam bakteri yang ada. Saat ini sudah banyak merk kran air terkenal yang dijual secara bebas dipasaran.

Manfaat Filter Penyaring Air

Kebanyakan masyarakat Indonesia memanfaatkan aie ledeng (PDAM) dan air tanah yang dialirkan melalui kran untuk digunakan sebagai kebutuhan sehari-hari. Perlu diingat bahwa kemungkinan besar air tersebut sudah terkontaminasi dengan zat-zat berbahaya seperti kotoran, karat, bakteri, dan minyak.

Jika dibiarkan secara terus menerus, maka air yang sudah terkontaminasi ini dapat menyebabkan masalah kesehatan pada tubuh anda dan keluarga. Untuk mencegah itu semua, gunakanlah penyaring air kran kamar mandi yang baik dan steril.

Sesuai namanya, filter air kran atau faucet water filter adalah alat untuk menyaring air yang dipasang pada ujung atau kepala kran. 

Alat ini dapat menyaring pasir, batu, klorin, minyak, dan kontaminan lain yang ada di dalam air kran. Filter ini bisa Anda pasang pada hampir semua kran air di rumah, termasuk kran wastafel dan kamar mandi.

Cara Memilih Penyaring Air Kran Kamar Mandi

Sebelum anda memilih jenis penyaring air kran kamar mandi, hal yang perlu diperhatikan adalah material yang dipakainya. Pastikam menggunakan material yang kuat dan tentunya dapat bertahan lama.

Berikut penjelesan mengenai pemilihan air kran untuk kamar mandi.

Perhatikan Materialnya

Dalam memilih penyaring air kran kamar mandi juga harus memperhatikan materialnya.

Adaptor atau konektor filter air kran biasanya terbuat dari dua material, yaitu plastik dan stainless steel. Setiap bahan memiliki keunggulan tersendiri. Berikut beberapa keunggulan dari masing-masing materialnya.

Plastik: Terjangkau dan Tahan Karat

Kran air dengan bahan dasar plastik mempunyai bobot ringan dan tidak akan berkarat dalam jangka waktu yang lama. Dari segi tampilan, penyaring air kran kamar mandi jenis ini biasanya hadir dalam berbagai pilihan warna dan desain yang menarik.

Sayangnya, adaptor filter ini memiliki daya tahan yang lebih rendah dibandingkan dengan produk yang terbuat dari stainless steel

Oleh karena itu, harga filter air kran berbahan plastik lebih terjangkau sehingga anda akan lebih hemat saat membelinya. Jika Anda ingin filter yang lebih tahan lama, sebaiknya Anda memilih produk yang terbuat dari plastik tebal.

Stainless Steel: Awet dan Tidak Mudah Bocor

Serupa dengan plastik, adaptor filter air keran berbahan stainless steel juga tahan terhadap karat dan korosi. walaupun harganya terbilang lebih tinggi, material ini memiliki kekuatan yang baik dan dapat digunakan untuk jangka yang panjang.

Ulirnya juga lebih rapat dan menempel pas pada keran sehingga air tidak mudah bocor pada sambungannya. Dengan desain yang minimalis, faucet filter berbahan stainless steel yang dapat membuat dapur anda terlihat lebih mewah dan elegan.

Ketahui Tipe Outlet-nya

Dari segi desain, filter air kran terbagi ke dalam dua kategori, yaitu yang memiliki satu outlet dan dua outlet. Ingin tahu perbedaannya? Simak penjelasan di bawah ini.

Single Outlet: Ukurannya Lebih Ringkas dan Praktis

Filter air kran dengan single outlet ini memiliki ukuran yang lebih ringkas dan terlihat lebih rapi. Jenis filter air ini juga tidak akan membuat area pada wastafel menjadi sempit dan dapat menghalangi anda pada saat mencuci tangan.

Single outlet faucet filter lebih praktis digunakan karena anda hanya perlu menyalakan kran air sebagaimana biasanya. Harganya pun lebih terjangkau sehingga anda bisa memasangnya di semua kran air yang ada di rumah.

Double Outlet: Biswa Memilih Air yang Sudah Disaring atau Belum

Produk ini memiliki dua buah outlet atau lubang keluarnya air. Satu outlet digunakan untuk mengeluarkan air yang sudah disaring, sedangkan outlet lainnya untuk air biasa, tanpa penyaringan. Dengan begitu, anda bisa memakai penyaring air kran kamar mandi sesuai kebutuhan. 

Namun, biasanya jenis produk ini dijual dengan harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang dilengkapi filter single outlet.

Pilih Berdasarkan Jenis dan Jumlah Lapisan Filtrasinya

Bagian filter penyaring air kran kamar mandi terbuat dari berbagai jenis material, adapun yang paling banyak dan yang paling sering digunakan adalah jenis karbon aktif atau arang.

Walaupun begitu, beberapa produk mungkin memiliki lebih dari satu lapisan pada setiap filternya. Biasanya semakin banyak lapisan filtrasinya, maka makin bersih pula air yang dihasilkan.

Berikut ini adalah beberapa material filter air yang sudah terbukti ampuh beserta fungsinya masing-masing:

  • Karbon aktif: Mampu menyaring kandungan klorin, pestisida, dan bau tak sedap pada air.
  • Batu vulkanik: Membersihkan minyak dari dalam air dan membuatnya jadi lebih bersih.
  • Ceramic: Efektif menghilangkan bakteri, klorin, sedimen, dan karat.
  • Calcium sulfate: Mengurangi bau tidak sedap, rasa tidak enak pada air, kotoran, material organik, dan klorin.
  • Cotton atau kapas: Untuk menyaring kotoran, seperti pasir, karat, lumpur, serta partikel kecil lainnya.
  • Microfabric: Menyaring residu karat dan kotoran yang mengambang di dalam pipa air.
Baca juga: Wastafel Kamar Mandi Kecil: Solusi Praktis untuk Ruang Terbatas

Pilih Filter yang Pas Agar Tidak Bocor

Dalam memilih penyaring air kran kamar mandi, Anda mesti memilih berdasarkan kepala krannya. Kepala kran mempunyai ukuran yang bermacam-macam. Oleh karena itu, anda perlu memilih filter air kran yang ukurannya pas.

Jika produk yang anda pilih tidak kompatibel dengan kualitas sebenarnya, maka air kran akan mudah bocor dan adaptor filternya juga mudah untuk terlepas.

Selain itu, besar kemungkinan filter tersebut tidak bisa dipasangkan lagi pada kran air anda. Supaya tidak menyesal, pastikan anda memilih produk yang ukuran atau diameternya sama dengan keran air di rumah anda.

Kesimpulan

Meski terlihat jernih, kondisi air kran juga belum tentu bersih dan aman untuk dikonsumsi untuk kebutuhan sehari-hari. Untuk menjaga kesehatan tubuh anda dan keluarga di rumah, gunakanlah filter air kran untuk menyaringnya.

Saat memilihnya, pertimbangkanlah material konektor, jenis filter, tipe outlet, dan ukurannya. Pilihlah produk yang harganya sesuai dengan anggaran keuangan yang anda siapkan, mulai dari hidup sehat dengan memakai dan mengonsumsi air yang bersih.

Itulah tips dan cara memilih penyaring air kran kamar mandi yang harus anda pertimbangkan sebelum membelinya.

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *