Tips dan Cara Memilih Tirai Kamar Mandi Anti Air yang Tepat

Selain berfungsi untuk ruangan tamu dan keluarga, tirai juga berfungsi untuk kamar mandi. Makanya, penting memilih tirai kamar mandi anti air yang bagus dari sisi kualitas dan tampilan.

Hal ini disebabkan karena kamar mandi merupakan area yang sering terkena air, maka dibutuhkan tirai kamar mandi anti air untuk melindungi cipratan air kemana-mana.

Sebagian orang akan merasa risih jika seluruh lantai kamar mandinya basah terkena air. Oleh sebab itu tirai ini akan sangat berguna untuk melindunginya. Pemakaian tirai juga akan membuat privasi anda akan semakin terjaga.

Mungkin bagi sebagian orang masih bingung dan bertanya-tanya, seberapa pentingnya menggunakan menggunakan sebuah tirai atau gorden. Penggunaan tirai  biasanya digunakan untuk kamar mandi yang memiliki shoer atau bath-up.

Apa Itu Tirai Kamar Mandi?

Tirai kamar mandi sering digunakan untuk membatasi ruang mandi dengan kloset atau bagian kamar mandi lainnya. Fungsi utama dari tirai ini yaitu untuk mencegah air agar tidak memercik pada dinding kaca dan seluruh bagian kamar mandi.

Sebelum anda memasang tirai untuk kamar mandi, sebaiknya anda simak dulu tips dan cara untuk memilih tirai dengan model yang kekinian dan tidak ketinggalan zaman. Berikut tips untuk memilih tirai kamar mandi anti air yang baik dan benar.

Memilih tirai shower ini tidak boleh sembarangan. Terdapat  tiga aspek yang harus anda perhatikan sebelum membeli tirai kamar mandi anti air.

Bahan Tirai Kamar Mandi

Berbicara bahan tirai kamar mandi, pasti kita akan menemukan berbagai jenis serta modelnya di pasaran, Mulai dari kain katun hingga kain sintetis seperti vinyl dan polyester. Banyak orang juga lebih menyukai tirai untuk kamar mandi dengan unsur dekoratif dari bahan kain bertekstur.

Tirai berbahan alami tentu jauh lebih ramah untuk lingkungan, mudah menyerap air dan membuat suasana mandi menjadi lebih segar. Sedangkan kelebihan tirai dari bahan jenis sintetis yaitu waterproof, dan mudah untuk dibersihkan.

Berikut ini beberapa bahan tirai untuk kamar mandi yang paling populer digunakan banyak orang.

Bahan Linen

Linen termasuk salah satu bahan terbaik yang digunakan untuk tirai kamar mandi anti air. Ciri khas dari kain linen yaitu mempunyai daya serap tinggi namun tetap kering dalam kelembaban. Kain linen juga mempunyai sifat yang ramah untuk lingkungan dan dapat menampilkan kesan yang lebih elegan dari kain sintetis.

Layaknya jenis kain alami lainnya, karakteristik dari jenis kain linen tidak mampu untuk menahan air, sehingga kita harus menambahkan vitrase agar tirai linen ini dapat menjadi lebih awet lagi.

Bahan Katun

Selanjutnya ada tirai kamar mandi anti air berbahan katun. Sama seperti kain linen, kain katun juga termasuk golongan bahan yang mempunyai serat alami dan terkenal karena daya tahan dan kemampuannya dalam menyerap air.

Terlebih lagi jenis katun ini juga cukup bervariasi model dan bentuknya, mulai dari katun dengan anyaman polos, katun twill, hingga anyaman katun motif dobby.

Bahan Polyester

Tirai kamar mandi anti air berbahan kain polyester dapat menjadi pilihan alternatif selanjutnya untuk melengkapi kamar mandi yang mempunyai dinding kaca.

Jenis kain yang terbuat dari serat sintetis memang tidak dapat memberikan kenyamanan dan kesan semewah kain katun ataupun kain linen untuk penggunanya.

Tetapi sifat kainnya yang lebih tahan air, tahan terhadap serangan jamur dan memiliki variasi warna-warna yang cerah dan tidak mudah pudar menjadikannya banyak dipilih dipasaran. Dari segi harga, tentu tirai kamar mandi berbahan polyester adalah yang termurah jika dibanding yang berbahan katun.

Bahan Vinyl

Jika anda sedang mencari referensi bahan untuk tirai yang paling murah, pilihan tirai jenis kain vinyl bisa menjadi pilihan terbaik. Sifat bahannya yang tebal dan ketahanan air yang sangat tinggi membuat pemiliknya tidak perlu lagi untuk menambahkan liner atau pelapis tambahan.

Dengan harga yang sangat murah, tentu tirai berbahan vinyl akan lebih terlihat sangat murah. Selain itu, sifat kain jenis vinyl juga sedikit kaku dan sangat mudah sobek. Jenis tirai berbahan vinyl juga dapat dengan mudah kita temukan di asrama maupun hotel.

Memilih Material Tirai Kamar Mandi Anti Air

Jika akan memilih jenis material untuk tirai kamar mandi, penting bagi kita untuk teliti dalam memilih jenis material yang akan digunakan untuk mempercantik kamar mandi. Untuk tirai, ada beberapa jenis material yang sering digunakan, salah satunya adalah vinyl, katun kombinasi, polyester, hingga plastic.

Masing-masing material ini mempunyai karakteristik dan kelebihan serta kekurangan tersendiri. Dari semua jenis bahan yang ada, bahan yang paling sering digunakan untuk membuat tirai kamar mandi anti air adalah vinyl dan plastik.

Material tirai kamar mandi anti air berbahan vinyl dan plastik dikenal memiliki beragam variasi dan model yang dapat anda pilih untuk melengkapi kamar mandi anda dengan menggunakan tirai.

Baca juga: Tips Merenovasi Kamar Mandi dan Memilih Material yang Tepat

Memilih Batang Tirai Kamar Mandi

Selain memilih material tirai, hal penting yang harus diperhatikan adalah pemilihan material batang tirai. Tentunya anda tidak ingin batang tirai yang anda beli mudah berkarat dan tidak dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Material batang yang sering digunakan untuk tirai adalah jenis stainless steel dan PVC. Stainless steel dianggap jauh lebih kuat dan tahan lama, serta sudah dilapisi dengan lapisan anti karat.

Sementara untuk PVC banyak dipilih karena harganya yang lebih murah jika dibandingkan dengan stainless steel yang harganya mahal, akan tetapi PVC mudah patah dan rusak.

Ukuran Tirai

Tips memilih tirai selanjutnya yang harus diperhatikan adalah ukuran dari tirai yang akan digunakan pada kamar mandi. Ukuran tirai harus disesuaikan dengan ukuran kamar mandi.

Jika anda asal-asalan dalam memilih ukuran tirai, bisa jadi malah akan merusak dekorasi kamar mandi anda.

Memilih ukuran tirai yang terlalu besar dapat memberikan tampilan lusuh pada kamar mandi. Sedangkan memilih ukuran tirai yang terlalu kecil tidak dapat memberikan privasi yang maksimal pada kamar mandi.

Oleh karena itu, sebelum membeli tirai shower sangat dianjurkan untuk mengukur area yang akan ditutupi terlebih dahulu.

Pilih Motif yang Sesuai

Pemilihan motif tirai juga harus diperhatikan. Jika anda memilih jenis motif  yang terlalu ramai sedangkan tema dekorasi kamar mandi adalah minimalis, tentunya tidak akan cocok.

Pilihlah motif tirai shower yang disesuaikan dengan tema dekorasi kamar mandi. Motif yang banyak digunakan adalah awan, bintang, vertikal, dan zig-zag.

Jika anda memilih motif tirai shower dengan tepat, maka bisa menjadi statement point untuk desain kamar mandi. Tidak hanya fungsional, akan tetapi juga dapat memberikan sentuhan yang aestetik pada dekorasi.

Itulah pembahasan mengenai cara memilih tirai kamar mandi anti air yang bisa menjadi referensi buat anda yang sedang mencari bahan tirai untuk kamar mandi.

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *