Inilah 4 Karakteristik Plamir Tembok yang Bagus dan Cara Menerapkannya untuk Hasil Terbaik

Memilih plamir tembok yang bagus jadi salah satu hal yang penting untuk dipilih. Sebab, ini merupakan salah satu komponen penting untuk sebuah bangunan.

Pasalnya, keberadaan plamir dengan kualitas yang baik bisa menentukan lamanya daya tahan cat dinding berikut temboknya.

Mengingat pentingnya eksistensi plamir dengan kualitas bagus, Anda mungkin perlu informasi yang memuat karakteristik komponen ini.

Khusus untuk Anda, berikut akan dipaparkan sejumlah informasi penting tentang plamir tembok yang bagus dan berkualitas. Yuk, simak ulasannya hingga habis!

Apa itu Plamir Tembok?

Sebelum membahas detail karakteristik plamir tembok dengan kualitas bagus, sudahkah Anda tahu seperti bentuk komponen ini?

Sebagai informasi, plamir tembok adalah adonan hasil pencampuran beberapa bahan, seperti air, lem, dan juga kalsium.

Adonan ini biasanya berwarna putih dan dapat digunakan sebagai base atau cat dasar sebelum pewarnaan dinding.

Selain sebagai cat dasar, tidak sedikit orang menjadikannya sebagai pelapis anti bocor. Pasalnya, beberapa plamir tembok dihadirkan dengan teknologi waterproofing sehingga produk memiliki fungsi ganda.

4 Karakteristik Plamir Tembok yang Bagus

Setelah mengetahui sekilas tentang plamir tembok, lantas bagaimana karakteristik produknya yang punya kualitas baik? Untuk diketahui, plamir tembok dengan kualitas terbaik dipastikan mampu berfungsi dengan maksimal.

Lebih jelasnya, berikut adalah beberapa karakteristik plamir tembok yang bagus dan sebaiknya Anda ketahui.

1. Menjadikan Permukaan Dinding Bangunan Lebih Rata

Plamir tembok yang bagus dengan kualitas baik dipastikan mampu menjadikan permukaan dinding bangunan lebih rata dan terkesan mulus.

Karena karakteristik ini, beberapa orang juga biasa menggunakan plamir yang bagus sebagai pelapis dinding tanpa dilengkapi cat.

Hal ini dikarenakan, plamir berkualitas bisa memberikan kesan industrial yang alami pada dinding hunian Anda.

2. Menyempurnakan Hasil Pengecatan

Jika ingin melapisi dinding bangunan dengan cat, penggunaan plamir berkualitas bisa menyempurnakan tampilan akhirnya. Seperti diketahui, tembok bangunan baru biasanya memiliki beberapa bagian yang tidak rata.

Oleh karena itu, jika dinding tersebut langsung dilapisi cat, kemungkinan besar hasilnya tidak akan mulus. Tak hanya itu, warna yang ditampilkan dinding juga bisa saja terkesan berantakan.

3. Memudahkan Pengecatan

Karakteristik plamir tembok yang bagus selanjutnya adalah dapat memudahkan proses mengecat. Seperti telah diketahui, penggunaan plamir yang baik bisa menjadikan dinding terkesan lebih halus dan rata.

Dengan demikian, pengecatan menggunakan kuas maupun roll akan dirasa lebih mudah. Berkat tekstur dindingnya juga, Anda bisa mengecat dinding secara lebih cepat.

4. Membuat Cat Menempel Lebih Lama

Satu lagi karakteristik dari plamir tembok yang bagus dan berkualitas adalah bisa menjadikan cat menempel lebih lama di dinding.

Alasannya, plamir terbuat dari bahan yang memiliki sifat melekat dengan sangat baik. Oleh karena itu, komponen ini bisa menjadi perantara yang mengikat tembok dan cat agar tetap melekat dalam waktu cukup lama.

Cara Mengaplikasikan Plamir Tembok yang Baik dan Benar

Perlu diketahui, cat plamir yang bagus memang jadi komponen krusial untuk mewujudkan bangunan dengan daya tahan sangat baik. Meski begitu, jangan lupakan pentingnya teknik memasang plamir yang juga penting diperhatikan.

Sebab, bagian ini juga bisa memengaruhi kualitas plamir tembok. Sebagai informasi, berikut beberapa teknik atau tahapan memasang plamir tembok yang baik dan benar agar hasilnya maksimal.

– Lakukan Pembersihan Permukaan Dinding

Supaya hasil pemasangan plamir benar-benar bermanfaat untuk daya tahan bangunan, pastikan membersihkan permukaan dindingnya.

Jika masih ada bekas cat, maka Anda perlu mengupas cat dinding tersebut sampai bersih. Pastikan semua jenis kotoran dibersihkan hingga tidak ada satu pun yang tersisa.

Mulai dari debu, noda minyak, hingga partikel-partikel kecil sisa cat sebelumnya ataupun kotoran lainnya.

Sebagai informasi, tahapan ini menjadi sangat penting sebab dapat memengaruhi kualitas plamir yang dipasang ke depannya. Jika dinding kotor sengaja dilapisi plamir secara langsung, ada kemungkinan cat dasar ini lebih cepat rusak sebab terkontaminasi zat yang terdapat di kotoran.

– Siapkan Bahan Plamir

Jika tahapan pertama sudah Anda lakukan sebaik mungkin, langkah selanjutnya adalah menyiapkan adonan plamirnya. Untuk diketahui, cat dasar tembok ini bisa Anda buat secara mandiri ataupun dibeli di toko bangunan.

Jika membelinya langsung, Anda hanya perlu memberinya sedikit campuran air agar adonannya tidak menggumpal.

Untuk diketahui, cat plamir yang dibeli dipastikan mempunyai kualitas lebih baik dibandingkan buatan sendiri.

Pasalnya, komposisinya telah diatur sedemikian rupa guna memberikan hasil terbaik untuk dinding Anda. Selain bagus, cat plamir tembok siap pakai juga lebih praktis digunakan.

– Aplikasikan Plamir dengan Hati-Hati

Jika Anda sudah memiliki cat plamirnya, pengaplikasian bisa dilakukan segera dengan menggunakan beberapa alat. Salah satunya adalah kape berbentuk segitiga yang berguna untuk memasang cat agar hasilnya lebih merata.

Sebagai informasi, pengaplikasian cat plamir tembok yang bagus adalah dengan konsisten mengecat pada arah yang sama. Yakni, gerakan lurus atau menyerong ke atas dan ke bawah. Pastikan cara ini dilakukan dari awal hingga akhir supaya hasilnya lebih maksimal.

– Keringkan Plamir

Untuk diketahui, cat plamir tembok yang berkualitas dapat mengering sendirinya dalam waktu kurang lebih 24 jam. Tidak peduli kondisi ruangan lembap maupun sebaliknya.

Dalam waktu pengeringan ini, pastikan dinding tidak terkena kotoran apa pun. Caranya bisa dengan menutup semua celah ruangan yang baru saja diplamir.

– Lakukan Pengamplasan dan Finishing

Jika plamir sudah kering, selanjutnya adalah tahap pengamplasan dan finishing. Untuk mengamplas tembok, Anda bisa menggunakan amplas pada umumnya.

Sementara itu, tahap finishing bisa dilakukan dengan pengecekan hasil plamir. Jika ingin, Anda juga bisa segera melapisi tembok yang sudah diplamir dengan cat dinding warna tertentu.

Baca juga: Finishing Tampilan Bata Ekspos untuk Dinding yang Sudah Diplester

Tips Memilih Plamir Tembok yang Bagus

Sudah tahu karakteristik plamir yang bagus serta cara memasangnya, Anda mungkin juga butuh tips menemukan produk ini dengan kualitas terbaik.

Untuk itu, simak tips di bawah ini agar Anda bisa memilih plamir tembok yang bagus dan berkualitas tinggi.

1. Pilih Tipe Plamir sesuai Lokasi Tembok

Sebagai informasi, ada banyak jenis plamir yang tersedia di pasaran. Dua di antaranya disediakan khusus untuk tembok interior dan tembok eksterior.

Supaya mendapatkan plamir tembok yang bagus sesuai dengan kebutuhan, tips pertama yang sebaiknya dilakukan adalah memilih produk berdasarkan lokasi tembok.

2. Ketahui Jenis Plamir

Tips kedua, ketahui jenis plamir dan sifat-sifatnya. Sebagai informasi, saat ini terdapat jenis plamir yang terbuat dari semen dan plamir berbahan akrilik.

Pada plamir semen, produk dapat menghasilkan tekstur plamir yang lebih halus dengan daya rekat sangat baik. Sementara itu, plamir akrilik dapat menghasilkan kesan lebih matte di akhir.

Kedua jenis plamir ini punya sisi kelebihan dan kekurangan masing-masing. Baik dari segi ketahanan maupun harga. Untuk itu, sebaiknya Anda perdalam informasinya lebih dulu kemudian pertimbangkan keduanya.

3. Cari Tahu Produk dengan Banyak Keunggulan

Jika sudah tahu karakteristik tiap-tiap plamir, Anda bisa membuat komparasi dan mencari tahu mana produk yang punya lebih banyak keunggulan. Di samping itu, Anda juga dapat mencari tahu produk mana yang memiliki spesifikasi lebih sesuai dengan kebutuhan.

Jika sudah melakukan banyak pertimbangan, disarankan untuk memilih berdasarkan pada dua hal. Yaitu, kebutuhan dan keunggulan. Menyoal harga, sebaiknya ini menjadi poin terakhir sebab kualitas produk tidak selamanya ditentukan oleh harga.

Itulah informasi seputar karakteristik plamir tembok yang bagus, cara memasang serta tips memilihnya. Semoga informasinya bermanfaat dan bisa membantu Anda yang sedang bingung memilih plamir terbaik untuk hunian.

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website