3 Hal Penting Saat Bangun Rumah Iklim Tropis dan Modern

Rumah iklim tropis dan modern menjadi salah satu desain rumah yang paling banyak digunakan di Indonesia. Hal ini dikarenakan wilayah Indonesia terletak di wilayah khatulistiwa yang memiliki curah hujan tinggi dan mengalami terik yang menyengat saat musim kemarau.

Maka dari itu ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam pembangunan rumah, bagi kita yang berada di lingkungan dengan iklim tropis.

Di antara pertimbangan tersebut salah satunya adalah dengan melakukan berbagai antisipasi dari adanya kelembaban yang terjadi akibat curah hujan yang tinggi. Selain itu juga perlu adanya upaya untuk melindungi ruangan dari dampak dari terik matahari saat musim kemarau.

Rumah iklim tropis dan modern, sebuah kolaborasi unik untuk Anda pilih

Rumah iklim tropis dan modern, Rumah iklim tropis dan modern 2016, rumah tropis minimalis
rumah minimalis modern yang menyesuaikan dengan iklim tropis – narmadi.com/properti

Sebenarnya prinsip utama dari pembangunan rumah dengan desain tropis, ada pada penyesuaian pada lingkungan sekitarnya, dengan tujuan untuk membuat penghuni merasa lebih nyaman dan terlindungi ketika berada di dalam rumah.

Tanpa penyesuaian ini, kondisi rumah akan rentan terhadap penyakit yang diesababkan berbagai bakteri dan virus yang berkembang akibat lembabnya kondisi rumah minimalis kita.

Nah berikut ini adalah beberapa hal yang harus di perhatikan saat membangun rumah dengan desain untuk iklim tropis.

1. Struktur rumah

Struktur rumah sebaiknya dibangun dengan menggunakan struktur yang sederhana namun tangguh untuk menghadapi berbagai macam kondisi cuaca, bahkan yang paling ekstrim sekalipun.

Dengan membangun sebuah rumah yang memiliki jenis struktur bangunan yang mantap dan kuat, Anda bisa merasakan kenyamanan ekstra di dalamnya.

2. Sirkulasi udara

Rumah iklim tropis dan modern, Rumah iklim tropis dan modern 2016, rumah tropis minimalis
Rumah minimalis modern di wilayah tropis perlu memiliki banyak jendela untuk memmaksimalkan sirkulasi udara di dalam ruanagn – narmadi.com/properti

Jumlah bukaan yang ada pada rumah memiliki efek tersendiri, dimana akan membuat banyak perbedaan yang cukup bisa dirasakan oleh penghuninya.

Sebaliknya, rumah dengan jumlah bukaan yang sedikit akan membuat penghuninya merasa kegerahan karena sirkulasi udara yang ada kurang lancar.

3. Perpaduan rumah iklim tropis dan modern

Biasanya para arsitek memiliki ide untuk memadukan rumah untuk iklim tropis dan modern dengan cara memainkan bidang dan material yang akan digunakan.

Untuk itu dalam rancangan awal, sebaiknya Anda mulai dengan desain yang disesuiakan dengan iklim tropis,kemudian barulah merancang gaya rumah minimalis modern yang sesuai dengans elera Anda.

Demikian ulasan kami tentang model rumah iklim tropis dan modern, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang cara mendesain talang air hujan untuk rumah minimalis di wilayah tropis di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls), Editted 11/01/2022 by diminimalis

lutfi.diminimalis

Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Agustus 2016. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.