Konsep Desain Rumah Minimalis Dua Lantai di Lahan Terbatas

Konsep rumah minimalis dua lantai sudah semacam jadi alternatif bagi sebagian orang yang menginginkan hunian dengan banyak ruangan sementara hanya tersedia lahan terbatas.

Ditambah lagi, alasan mahalnya harga lahan membuat banyak orang kemudian berpikir untuk punya rumah bertingkat saja ketimbang hanya satu lantai.

Di perkotaan, konsep ini sudah masif dipakai karena alasan tadi itu, harga lahan yang terus melambung tinggi.

Nah, untuk Anda yang juga punya permasalahan sama yaitu soal lahan bangunan yang tidak bisa diandalkan untuk membuat rumah besar, konsep ini bisa dipakai.

Tinggal nantinya bagaimana Anda merancang rumah tingkat 2 lantai ini benar-benar representatif sedari awal. Mulai dari anggaran biaya, perencanaan konstruksi, hingga finishing dan pengadaan perabot.

Di postingan kali ini diminimalis akan coba mengajak Anda untuk bicara soal apa saja yang semestinya dipertimbangkan ketika hendak membuat rumah dua lantai.

Kita awali dari bahasan seputar kenapa rumah dua lantai jadi solusi jitu masalah hunian saat ini.

Konsep Rumah Dua Lantai dan Keuntungan Memilikinya

Kita tahu bahwa rumah minimalis dua lantai kini sudah terbilang masif dipakai di berbagai daerah pelosok hingga perkotaan seiring dengan terbatasnya lahan tinggal.

Ingin memiliki ruang-ruang yang luas untuk dipakai keluarga besar namun ternyata lahannya terbatas? Sekarang sudah ada solusinuya, yaitu rumah bertingkat dua lantai.

Rumah minimalis dua lantai menjadi solusi terbaik dan tepat untuk diterapkan. Anda tetap bisa mengkreasikan desain rumah yang modern dan elegan meskipun dengan gaya minimalis. Dari segi biaya juga tidak terlalu mahal karena hanya dua lantai.

Kelebihan lain dari memiliki rumah dua lantai ialah adanya elemen baru yaitu tangga. Jika mampu membuat desain tangga unik, bagus, dan estetis, bukan tidak mungkin desain rumahnya akan semakin bagus dan meningkatkan harga jual nantinya.

Rumah Minimalis Dua Lantai, Rumah Minimalis Dua Lantai modern, model Rumah Minimalis 2 Lantai sederhana
rumah minimalis dua lantai yang menawan-narmadi.com/properti

Ide Membangun Rumah Minimalis Dua Lantai di Lahan Terbatas

Sebelum membangun rumah minimalis 2 lantai, tentu saja Anda perlu menyesuaikan terlebih dahulu dengan jumlah anggota keluarga yang nantinya akan tinggal di dalamnya.

Sebab, hal ini terkait dengan kebutuhan kamar yang nantinya akan dibangun di dalam rumah minimalis tersebut. Untuk itu, secara umum beberapa hal berikut harus jadi bagian dari hal-hal yang mesti Anda pikirkan.

1. Penempatan dan pembagian ruang

Hal pertama yang harus Anda siapkan jika hendak membuat rumah dua lantai adalah penempatan ruang antara lantai satu dan dua.

Di lantai satu, umumnya menjadi lokasi ruang tamu, ruang makan, ruang tidur utama, dapur, dan kamar mandi. Sedangkan di lantai dua, Anda dapat memfungsikan sebagai ruang keluarga, ruang kerja/belajar, dan kamar tidur anak.

Jika masih ada space sisa, Anda dapat membuat balkon di teras lantai dua untuk dijadikan tempat bersantai atau ruang baca.

Mempercantik Interior Rumah Menggunakan Tangga, Tangga untuk mempercantik interior rumah, contoh tangga rumah minimalis, model tangga, desain tangga untuk interior rumah
percantik interior dengan tangga unik warna netral – narmadi.com/properti

2. Rencanakan pengaturan furniture interior dan eksterior

Untuk menimbulkan kesan modern dan elegan pada rumah minimalis 2 lantai dapat disiasati dengan penataan furniture pada area interior dan eksteriornya.

Pada interior rumah, funriture-furniture berat lebih baik diletakkan di lantai satu. Sementara untuk yang bobotnya lebih ringan dan portable bisa dibawa ke lantai dua karena lebih mudah dipindahkan.

Untuk eksterior sebagaimana pada rumah minimalis satu lantai, jika ada teras, Anda bisa membuatnya tampil keren dengan menambahkan kuri kayu dan meja kecil.

3. Tentukan warna cat tembok yang memberikan kesan luas pada ruangan

Penggunaan cat dinding dengan warna netral akan memberikan kesan ruang lebih luas pada rumah minimalis dua lantai. Jadi, pilihlah warna cat tembok yang mampu menegaskan sisi tersebut.

Atur ventilasi tetap bekerja dengan baik

Dengan memiliki rumah minimalis dua lantai, Anda akan mendapatkan sirkulasi udara yang lebih pengap. Untuk itu, buatlah ventilasi terbaik agar udara bisa bersirkulasi dengan dengan baik.

4. Manfaatkan kreativitas Anda

Gunakan kreativitas dan kemampuan seni Anda dalam mengeksplorasi keindahan rumah. Misalnya, pada tangga rumah bisa dibuat unik atau bahkan dijadikan rak buku pada sela-sela kolomnya.

5. Perbanyak partisi portable ketimbang tembok

Pada rumah minimalis dua lantai Anda, kurangi membuat pembatas menggunakan dinding permanen karena disamping butuh space juga budget bertambah. Solusinya, Anda bisa menyiasatinya dengan memanfaatkan partisi portable.

Mungkin itu saja ulasan singkat tentang tips mendesain rumah minimalis dua lantai di lahan terbatas. Semoga ulasan singkat ini bisa bermanfaat untuk Anda. Salam. (ls) editted byAL04102021, 17/02/2022 by diminimalis

lutfi.diminimalis

Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Agustus 2016. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.