Skip to content

9 Cara dan Tips Mengatasi Atap Rembes

Aktivitas memperbaiki atau mengatasi atap rembes seringkali menyebalkan. Sebab rumah yang rembes dan bocor tentunya menjadi petaka bagi hampir semua orang lantaran pasti tidak ada yang menginginkannya.

Apalagi, masuknya air ke dalam rumah bisa memberikan banyak sekali kerugian termasuk juga potensi kerusakan pada berbagai perabotan yang ada.

Terlebih lagi ketika musim hujan tiba. Intensitas turunnya hujan yang begitu tinggi dan disertai angin kencang, akan semakin memperburuk keadaan.

Lalu bagaimana cara terbaik mengatasi atap rembes di rumah?

Jika Anda termasuk mengalami masalah ini, ketahuilah bagaimana cara mengatasinya. Kabar gembiranya, atap rumah yang rembes dan bahkan bocor sangat bisa diatasi dengan mudah. Namun, upaya untuk mengatasi atap rembes biasanya membutuhkan biaya yang umumnya tidak sedikit.

Cara Tepat Mengatasi Atap Rembes di Rumah

Mengatasi Atap Rembes, bahan untuk mengatasi dak bocor, cara membuat dak beton tidak bocor, cara mengatasi dak beton yang retak, solusi bocor di pertemuan atap dan dinding, pelapis atap bocor, jenis waterproofing untuk dak beton, mengatasi dak bocor dengan sika, aquaproof untuk atap bocor
Mengatasi atap rembes yang dapat menimbulkan kebocoran – Diminimalis.com

Berikut ini beberapa langkah mudah mengatasi atap rembes tanpa harus repot-repot memanggil tukang:

1. Benahi genteng yang bergeser jika itu adalah sumber kebocoran

Mengatasi Atap Rembes, bahan untuk mengatasi dak bocor, cara membuat dak beton tidak bocor, cara mengatasi dak beton yang retak, solusi bocor di pertemuan atap dan dinding, pelapis atap bocor, jenis waterproofing untuk dak beton, mengatasi dak bocor dengan sika, aquaproof untuk atap bocor
mengatasi atap rembes akibat genting yang bergeser – Diminimalis.com

Langkah awal yang harus dilakukan saat mengatasi atap rembes adalah mencari tahu penyebabnya. Jika diketahui penyebab atap rembes adalah adanya genteng yang bergeser, maka satu-satunya cara adalah membuatnya kembali ke tempat yang sebenarnya.

Atap genteng yang bergeser dan bercelah akan membuat air hujan mudah masuk baik dalam bentuk tetesan maupun guyuran.

Anda bisa cek jenis genteng apa yang Anda gunakan terlebih dahulu. Kemudian cek titik bagian dari rumah Anda yang rembes dan bocor.

Setelah itu, cek genteng pada bagian tersebut dan benahi genteng yang bergeser. Bisa juga Anda susun ulang beberapa bagian genteng yang menjadi sumber atap rembes agar semakin sempurna.

2. Gunakan atap waterproof

Salah satu cara mencegah kebocoran atap adalah dengan memilih jenis atap yang tepat. Cara ini bukan hanya sekadar mengatasi atap yang rembes tetapi juga mencegah hal tersebut dikemudian hari.

Mendapatkan produk pelapis waterproof kini sudah sangat mudah karena hampir semua toko bangunan menyediakannya.

Namun, atap waterproof bukan jenis atap yang sudah pasti tidak akan membuat rumah Anda bebas dari rembes dan bocor. Perlu sekali pemasangan yang tepat agar atap jenis ini bisa berfungsi sempurna.

Jika tetap terdapat celah, sudah pasti cara mengatasi atap rumah bocor yang satu ini akan menjadi percuma. Anda harus tahu cara menggunakan waterproof dalam bentuk atap.

3. Pasang plastik pada atap bagian dalam

Sebelum memasangkan atap luar seperti genteng, lapisi terlebih dahulu rangka atap dengan plastik. Hal ini menjadi cara mengatasi atap bocor yang terbaik walaupun memang akan memakan biaya tambahan.

Pemasangan plastik merupakan langkah antisipatif yang kedua setelah menggunakan atap waterproof yang dipasang dengan pemasangan yang benar. Sebagai referensi, baca artikel kami tentang jenis bahan pelapis / insulasi atap terbaik.

Fungsi plastik yang melapisi atap bagian dalam adalah mencegah adanya kebocoran pada atap rumah akibat hal-hal yang tidak diinginkan.

Contohnya seperti atap yang bergeser akibat angin kencang, adanya buah jatuh yang menimpa genting dan membuatnya retak, atau misalnya ada ada celah karena genteng melorot.

4. Perhatikan kelandaian atap

Mengatasi Atap Rembes, bahan untuk mengatasi dak bocor, cara membuat dak beton tidak bocor, cara mengatasi dak beton yang retak, solusi bocor di pertemuan atap dan dinding, pelapis atap bocor, jenis waterproofing untuk dak beton, mengatasi dak bocor dengan sika, aquaproof untuk atap bocor
Tips mengatasi atap rembes_perhatikan kelandaian atap rumah Anda – Diminimalis.com

Model atap yang baik harus membuat air hujan bisa mengalir turun tanpa tertahan. Kelandaian atap harusnya membuat laju air mengalir deras sehingga tidak ada kemungkinan air membebani atap dan membuat bocor atau rembes.

Penyebab yang satu ini sangat jarang ditemui. Namun jika Anda memiliki atap yang kurang landai, maka langkah terbaiknya adalah membongkar ulang agar memiliki kelandaian yang baik.

5. Bersihkan sampah yang ada di atap rumah

Perlu juga Anda bersihkan sampah di atap rumah yang telah menumpuk dan mengering. Sampah bisa membuat aliran air menjadi terganggu terutama pada bagian talang air atau bagian aliran air di atap.

Jika terdapat sampah yang menumpuk, maka sudah pasti laju air akan terhambat dan membuat air menggenang sehingga bisa menyebabkan air merembes.

6. Ganti atap lama dengan yang baru

Terjadinya rembes atau bocor pada rumah bisa juga karena sudah perlu pergantian atap. Untuk rumah yang sudah lama tidak direnovasi, kemungkinan besar atapnya sudah tidak sempurna atau rapuh sehingga terdapat keretakkan atau memang sudah tidak kedap air.

Jika terjadi seperti ini, maka satu-satunya cara adalah dengan mengganti atap lama dengan yang baru.

7. Potong dahan ranting dan pohon yang terlalu dekat

Terdapat juga salah satu cara mengatasi atap yang rembes dan bocor yaitu memotong pohon dan ranting yang berada terlalu dekat.

Ya, upaya ini memang sekilas tidak memiliki hubungan yang erat. Padahal, dahan dan dedaunan yang terlalu dekat dengan atap bisa membuat laju angin semakin kencang dan bisa membuat atap bergeser setiap waktu.

Selain itu, yang paling sering membuat atap bergeser, pecah, atau rapuh adalah adanya buah yang jatuh menimpa atap.

Berbagai pohon yang memiliki buah dan berpotensi merusak atap, sebaiknya tidak ditanam terlalu dekat dengan rumah. Jika sudah terjadi, maka pangkaslah bagian yang berpotensi membuat buah jatuh di bagian atap rumah.

8. Perhatikan ventilasi udara bagian loteng

Sebagian besar rumah memiliki loteng atau ruangan kosong antara atap rumah bagian luar dan eternit. Bagian ini sebaiknya diperhatikan sirkulasi udaranya. Manfaat ventilasi di area ini yaitu agar panas yang berada di dalamnya tidak membuat atap menjadi rusak dan menjadikan adanya potensi kebocoran.

Buatlah ventilasi pada loteng agar udara panas bisa keluar terutama atap sedang terpapar sinar matahari.

9. Aplikasikan cat anti air

Melapisi atap dengan cat anti air juga merupakan solusi terbaik. Baik untuk atap yang terbuat dari genteng tanah liat, atap cor, atau bahan lainnya. Perlu sekali pelapis atap berupa cat anti air agar tidak terjadi perembesan dan kebocoran.

Itulah tadi berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi atap rembes secara efektif. Perlu sekali Anda mengatasi atap rumah yang rembes sesegera mungkin terutama sebelum musim penghujan tiba.(an) editted by AL04102021, 21/07/2022 by UN.

Baca profil Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.
nv-author-image

lutfi diminimalis

Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Agustus 2016. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.View Author posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *