Skip to content

5 Ide untuk Wujudkan Rumah Minimalis Ramah Lingkungan

Ingin tinggal di hunian yang sejuk dan asri? Anda bisa mengusung konsep rumah minimalis ramah lingkungan kok. Hanya dengan mengandalkan berbagai elemen natural, Anda sudah bisa menciptakan hunian dengan nuansa asri.

Istilah ramah lingkungan jika disematkan pada sebuah hunian tempoat tingggal, maka hal yang kemungkina muncukl adalah soal elemen sekitar rumah yang penuh dengan pepohonan.

Benar saja memang, rumah minimalis ramah lingkungan memang mengedepankan konsep hunian yang sejuk dan asri dimulai dari bahan material banguna dari kayu hingga area sekitar yang menonjokan rindangnya pohon-pogon.

Pada kesempatan kali ini, diminimalis akan mencoba membahas mengenai apa saja ide yang bisa diterapkan untuk mewujudkan rumah yang ramah lingkungan.

Pengertian Lain Rumah Minimalis Ramah Lingkungan

Rumah minimalis yang menonjolkan sisi keramahan terhadap lingkungan saat ini sudah banyak diminati dimana-mana. Kebanyakan penggemar desain rumah minimalis ramah lingkungan memiliki tujuan untuk memiliki hunian yang sederhana dan sehat.

Wajar jika di setiap sudut rumah kemudian dimaksimalkan dengan memberikan elemen kesegaran yang membuat penghuni rumah jadi nyaman tinggal di dalamnya.

Kesan utama yang bisa didapatkan dari rumah berdesain minimalis ramah lingkungan adalah nuansa sederhananya yang berkualitas sehingga menjadikannya sehat dan asri.

rumah minimalis berdesain ramah lingkungan rumah sederhana ramah lingkungan rumah ramah lingkungan dan hemat energi
rumah minimalis berdesain ramah lingkungan – narmadi.com/properti

Konsep Rumah Minimalis Ramah Lingkungan dan Elemen Pendukungnya

Dewasa ini isu pemanasan global semakin merebak yang membuat masyarakat mau tidak mau harus mempertimbangkan untuk membuat jenis rumah yang sederhana, minimalis, namun ramah lingkungan.

Untuk bisa mendapatkan rumah yang sejuk dan ramah terhadap lingkungan memang membutuhkan usaha ekstra, karena Anda harus menentukan beberapa hal penting di dalamnya.

Di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa Anda upayakan jika Anda ingin membangun sebuah rumah dengan desain minimalis, multifungsi namun tetap ramah lingkungan.

1. Ventilasi yang memadai

Sebuah rumah yang baik adalah yang memiliki standar kesehatan. Diantara standar kesehatan tersebut salah satunya perlu adanya ventilasi atau tempat sirkulasi udara yang memadai.

Nah jika Anda ingin memiliki sebuah rumah yang sejuk, maka Anda bisa menambah jumlah jendela atau ventilasi sehingga udara bisa berhembus bebas di dalam rumah.

2. Hindari menebang pohon bermanfaat

rumah minimalis berdesain ramah lingkungan rumah sederhana ramah lingkungan rumah ramah lingkungan dan hemat energi
Rumah minimalis dengand esain yang menyesuaikan area tumbuh pohon – narmadi.com/properti

Anda bisa membuat sebuah rumah meski terdapat pohon di lahan yang akan Anda dirikan. Buat saja desain rumah dengan desain innercourt sehingga pohon bisa tetap tumbuh meskipun berada di dalam rumah.

Taman atau pepohonan yang berada di dalam rumah akan menambah kesan ramah lingkungan yang pada rumah minimalis Anda. Saat ini keberadaan pohon bukanlah penghalang bagi kita untuk mendirikan rumah, namun lebih baik, desain kitalah yang menyesuaikan dengan area tumbuh pohon tersebut.

Karena bila kita menanamnya dari awal, akan membuthkan waktu yang lama bagi kita untuk mendapatkan hasilnya.

3. Dominasilah dengan Material kayu

Sebaiknya ada beberapa bagian rumah yang bisa Anda buat dari kayu. Seperti taman belakang dengan lantai kayu dan dilengkapi dengan furniture yang terbuat dari potongan pohon yang dibentuk sedemikian rupa.

Upaya ini tentu akan membuat tampilan rumah desain minimalis Anda akan semakin bertambah karena memiliki konsep ramah lingkungan. Untuk lebih menguatkan konstruksi, Anda juga bisa mengadopsi bahan bangunan ramah lingkungan yang mana bisa dipilih sesuai kebutuhan.

4. Lakukan Perawatan Ekstra

Rumah minimalis bertema ramah lingkungan jika tidak dirawat dengan baik maka nilai seninya akan hilang. Bahkan hal ini berlaku juga untuk gaya desain rumah lainnya, dimana pola perawatan adalah salah satu indikator keberhasilan desain.

Semakin sering dirawat dan diperlakukan dengan baik, maka rumah minimalis Anda akan terasa selalu nyaman. Coba bayangkan, Anda tinggal bertahun-tahun sampai masa tua di sebuah rumah minimalis yang sejuk dan terawat, tentu sebuah anugerah bukan?

Baca juga: Sanitasi Septic Tank Biotech yang Ramah Lingkungan, Ini 4 Keuntungan untuk Rumah Anda

5. Sebisa mungkin Jangan Dijual

Ini yang selalu jadi perbincangan banyak kalangan pecintar rumah minimalis ramah lingkungan, dimana kalau dijual harganya memang bisa jadi mahal. Namun jika diloihat dari mulai perjuangan membangun sampai dengan merawatnya, uang sepertinya tidak bisa mengganti kepuasan tersebut.

Jadi, kami sarankan untuk tidak dijual kepada siapapun kecuali Anda benar-benar kepepet. Menjual rumah minimalis ramah lingkungan bisa jadi akan mendatangkan penyesalan untuk Anda nantinya.

Anda bisa mewariskannya untuk anak cucu. Atau kalau Anda sabar, tunggu saja penjualan hingga beberapa tahun kedepan dan tawarkan secara pelan alias tidak terlalu butuh uang.

Ada yang suka dengan rumah minimalis bergaya ramah lingkungan dan berani bayar mahal jika Anda sabar. Percayalah.

Jadi, memiliki rumah minimalis ramah lingkungan ini sebagai motivasi untuk mewujudkan kepuasan Anda sendiri. Jika nanti sudah bosan, Anda bisa mewariskannya atau menjualnya dengan harga yang relatif tinggi.

Mungkin demikian saja ulasan dari kami tentang karakter desain rumah minimalis ramah lingkungan yang semoga bermanfaat untuk Anda yang tengah merencanakan membangun hunian baru. (ls) editted byAL07102021, 17/02/2022 by diminimalis

Leave a Reply

Your email address will not be published.