Inspirasi Desain Rumah Panggung Modern yang Cocok Untuk Keluarga Milenial

Penasaran dengan desain rumah panggung modern? Mari simak artikel ini sampai selesai!

Rumah panggung merupakan salah satu bentuk rumah tradisional suku Melayu yang ada di Indonesia. Rumah ini mudah ditemui di wilayah Kalimantan, Semenanjung Malaka dan pesisir timur Sumatra.

Meski Anda tidak berada di wilayah ini, tipe hunian panggung juga cocok untuk ditinggali karena ada beberapa desain rumah panggung modern yang sesuai untuk keluarga milenial dimanapun berada.

Cara perawatan dan pembangunan rumah panggung ini sedikit berbeda dari rumah tapak yang sering kita temui. Karakter bangunan pembeda yang paling mencolok ialah adanya kolong pada lantai bawah.

Dimana ini merupakan hasil adopsi bangunan dari orang-orang zaman dahulu. Area kolong ini dahulu biasanya dipakai untuk kamar mandi, dapur hingga digunakan untuk tempat memelihara ternak.

Alasan Memakai Desain Rumah Panggung Modern

Desain dari rumah panggung modern tentu saja telah mengalami banyak perubahan. Jika dahulu rumah panggung terkesan sangat kuno, kini hunian ini jadi bersifat lebih modern dan simpel.

Selain bisa menampilkan kesan klasik, rumah panggung modern sangat cocok bagi keluarga yang sering mengadakan acara besar, namun terkendala dengan lahan rumah yang terbatas.

Tidak hanya memberikan kesan rumah yang cantik dan elegan, pemilihan desain rumah panggung saat ini cukup banyak diminati karena beberapa alasan. Salah satunya ialah banyaknya manfaat yang didapat dari hunian ini.

Bagi Anda yang saat ini sedang mempertimbangkan untuk membangun rumah panggung, beberapa alasan ini juga bisa Anda jadikan referensi.

Menghasilkan Udara Segar

Secara umum, fondasi rumah panggung ini terdiri dari kayu-kayu yang disusun sedemikian rupa. Tumpukan kayu inilah yang membuat hunian ini menjadi sejuk karena terdapat banyak ventilasi udara melalui sela-sela kayu di bawah rumah.

Bisa Dibangun di Atas Air

Siapa sangka jika rumah panggung rupanya lebih cocok jika dibangun di atas air, layaknya villa-villa di Maldives. Menekankan integrasi bersama alam, maka rumah panggung dapat melibatkan elemen air dan tanah dari lokasi rumah dibangun, baik itu di tepi danau ataupun laut.

Lebih Efisien dan Berkelanjutan

Kebanyakan rumah panggung ini dirancang dengan pertimbangan efisiensi, ruang serta energi. Apabila Anda memilih desain rumah panggung, artinya Anda sudah turut andil dalam meminimalisir dampak lingkungan yang diakibatkan dari konstruksi bangunan.

Desain Rumah yang Cocok untuk Tanah yang Tidak Stabil

Jika tanah yang ingin Anda dirikan hunian tidak stabil, maka desain rumah panggung sangat cocok untuk dipilih. Tiang kayu yang ditanam sangat dalam di tanah dipercaya mampu menstabilkan rumah secara maksimal.

5 Inspirasi Desain Rumah Panggung Modern

Untuk Anda yang saat ini sedang mencari inspirasi desain rumah panggung dengan sentuhan modern, berikut ada 5 inspirasi yang bisa Anda jadikan pilihan.

Rumah dari Bahan Kayu

Mengadaptasi bangunan di atas, maka Anda bisa mendirikan rumah panggung dengan menggunakan konsep kayu yang sederhana. Penting bagi Anda untuk menggunakan kayu yang benar-benar berkualitas supaya hunian bisa bertahan lama dan tetap kokoh.

Agar kayu terhindar dari serangan rayap, maka bisa diakali dengan mengecat kayu dengan cat yang berkualitas. Selain tidak mudah dimakan rayap, pemakaian cat ini juga bisa membuat hunian Anda jadi semakin menarik.

Rumah Panggung dengan Kolong Garasi

Rumah panggung memang cenderung digunakan zaman dahulu, namun saat ini ada berbagai versi rumah panggung modern yang bisa dipilih. Adaptasi rumah panggung yang saat ini banyak dipilih adalah pemanfaatan area kolong rumah sebagai tempat garasi.

Artinya, dengan memakai desain ini Anda bisa memanfaatkan lahan secara maksimal jika lahan terbatas.

Desain Rumah Panggung Modern dengan Sentuhan Villa Bali

Saat Anda berkunjung ke Bali, tentu akan menemukan banyak sekali villa yang mengusung konsep homey. Bentuk bangunan villa bertingkat ini juga bisa dijadikan referensi untuk membangun rumah dengan desain rumah panggung bergaya villa Bali.

Anda bisa mengatur bagian atas sebagai area privasi seperti kamar tidur, ruang keluarga, ruang makan dan sebagainya. Sementara di bagian bawah atau area kolong bisa dijadikan sebagai tempat santai terbuka ataupun bar.

Rumah Panggung Bergaya Cottage

Cottage yang biasa ditemui di penginapan tempat-tempat wisata dan bersifat minimalis ini juga bisa dijadikan inspirasi untuk rumah panggung impian Anda. Sebelum itu, pastikan terlebih dahulu jika ruangan di dalam rumah telah menunjang kebutuhan Anda.

Jangan beralasan ingin berhemat area rumah dengan tidak membangun beberapa ruangan.

Desain dengan Memanfaatkan Area Kolong Menjadi Ruangan

Selain untuk garasi kendaraan, area kolong juga bisa dimanfaatkan sebagai ruangan, baik itu sebagai ruang tamu, ruang keluarga dan ruang bersantai.

Pastikan Anda mendesain bangunan rumah panggung modern ini dengan bahan berkualitas dan kuat. Bukan tanpa alasan, karena bagian bawah ini nantinya harus jadi penopang bagian atas dengan kuat.

Tips Aman Membangun Rumah Panggung Modern

Setelah mengetahui beberapa inspirasi desain rumah panggung di atas, selanjutnya Anda juga harus mengetahui beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membangun hunian tipe ini. Berikut beberapa tips yang bisa Anda tiru nantinya.

·         Paham dengan Kondisi Tanah

Agar bangunan rumah panggung bisa berdiri kokoh dan tegak, maka Anda harus paham terlebih dahulu kondisi tanah yang akan digunakan. Tidak ada salahnya melakukan konsultasi dengan developer atau arsitek sebelum pembangunan rumah dimulai.

·         Pondasi Bangunan Kuat

Karena rumah panggung terdiri dari tiang-tiang penyangga, maka Anda juga harus memperhatikan pondasi bangunan. Hal ini untuk memastikan jika rumah benar-benar mampu untuk menopang beban dengan baik.

·         Menggunakan Tiang Penyangga Kuat

Tiang penyangga rumah panggung tradisional umumnya menggunakan kayu, namun di era modern bisa diganti dengan bahan lain yang lebih kuat, seperti beton.

Oleh karena itu, ketika membangun konstruksi rumah, Anda harus memilih bahan tiang yang kuat agar tetap kokoh dalam waktu yang lama.

Baca juga: 14 Inspirasi Rumah Panggung Modern Beton yang Kekinian

·         Mengurangi Beban Bagian Atas Rumah

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan adalah memastikan jika beban rumah pada bagian atas tidak terlalu berat.

Keberadaan alat elektronik ataupun furnitur berukuran besar juga bisa menambah beban rumah bagian atas menjadi berat. Untuk mengatasi ini, Anda bisa mengubah area kolong rumah menjadi ruangan penting.

Rumah panggung memang ramah lingkungan karena cara membangunnya yang tidak menimbulkan kerusakan parah pada sekitarnya. Terlebih pemanfaatan kayu sebagai bahan yang paling banyak digunakan.

Selain ramah lingkungan, kayu yang menyimpan karbondioksida cenderung membuat rumah panggung lebih baik untuk berbagai iklim. Walaupun rumah panggung modern ini terinspirasi dari hunian tradisional, namun dengan menerapkan prinsip-prinsip modern, maka cocok saja untuk dijadikan tempat tinggal keluarga milenial.

Dari beberapa inspirasi yang disebutkan di atas, sudahkah Anda menentukan desain rumah panggung seperti apa yang ingin dipilih?

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website