Ukuran Bondek Per Lembar Berikut Harganya

Jika Anda memilih bondek sebagai material atap rumah Anda, maka Anda perlu mempertimbangkan ukurannya. Ukuran bondek per lembar nya sendiri adalah sekitar 3-6 meter.

Bondek ini bisa menjadi alternatif genteng karena kelebihannya yang cukup berbeda. Salah satunya karena ukuran bondek per lembar yang memudahkan pemasangan.

Mungkin banyak yang belum tahu dengan jenis plafon ini karena jarang digunakan atau mungkin sudah tau bentuknya namun kurang familiar dengan namanya. Penggunaan plafon selain untuk menahan cahaya matahari dari atap juga untuk memperindah bagian rumah, berikut lebih jelasnya.

Pengertian Bondek Rumah

Sebelum kita bahas secara khusus tentang ukuran bondek per lembar nya berapa, kita bahas dulu apa itu bondek yang mungkin penting untuk yang belum tahu.

Bondek atau floordeck adalah material yang berbahan dasar galvalum yang dilapisi oleh aluminium atau galvanis dan berbentuk lembaran.

Dalam dunia pertukangan bondek bisa digunakan untuk plafon sebagai pengganti triplek karena dirasa lebih tahan lama dan mudah dipasang.

Tidak hanya itu, ternyata bondek selain untuk plafon juga dapat digunakan sebagai Metal Decking atau untuk mengecor pada bagian lantai dua dari sebuah bangunan.

Bahan bondek mampu untuk  menahan hawa panas supaya tidak langsung masuk ke dalam ruangan, sehingga cocok dipasang pada lantai beton dan gedung bertingkat.

Untuk memperindah ruangan bondek dapat di cat sesuai dengan kebutuhan dan keinginan, tapi tidak jarang bondek tetap dibiarkan dengan warna aslinya.

Ukuran rangka atap baja ringan seperti ini terbilang minimalis. Bentuknya yang bergelombang dan terbuat dari bahan baja ringan membuatnya semakin kuat serta kokoh untuk dijadikan atap atau plafon.

Ukuran Bondek Per Lembar dan Harganya

Ukuran Bondek Per Lembar

Bondek dihitung berdasarkan lebar atau ketebalan serta panjang dimensinya, ukurannya berbeda-beda sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Ukuran bondek per lembar yang ada dari agen, pabrik hingga toko bervariasi mulai dari 3 sampai 6 meter dan lebar 60 sampai 100 cm.

Ukuran bondek per lembar yang bervariasi ini membuat penggunanya lebih mudah karena bisa menyesuaikan dengan bangunann yang dibuat.

Perbedaan ukuran bondek per lembarnya ini juga membuat harga tiap lebarnya berbeda, selain perbedaan ketebalan, merk juga mempengaruhi harga bondek. Berikut ukuran beserta harga bondek di pasaran.

  • Tebal 0,65 mm x 1-6 m harga Rp 113.000,00
  • Ketebalan 0,7 mm x 1 s/d 6 m harga Rp 117.000,00
  • Tebal 0,75 mm x 1-6 meter harga Rp 125.000,00
  • Ketebalan 0,75 mm x 1 s/d 6 m harga Rp 101.000,00
  • Tebal 0,75 mm x 1-6 m harga Rp 103.000,00

Merk bondek serta bahan yang digunakan membuat harganya berbeda-beda meskipun panjang dan ketebalannya sama. Panjang bondek juga dapat di custom, namun biasanya yang paling banyak dipakai adalah bondek dengan panjang 100 cm.

Jenis-Jenis Bondek

Setelah bahas ukuran bondek per lembar, kita lanjut ke apa saja jenis-jenis bondek yang ada. Bondek adalah material bergelombang berbahan dasar baja tipis, jika dilihat sekilas mirip dengan bahan seng spandek.

Ukuran bondek per lembar berbeda-beda, ketebalannya ini menentukan kegunaan bondek apakah sebagai alas cor untuk dak atau sebagai lantai pada bangunan bertingkat.

Mungkin beberapa orang masih mengira bahwa spesifikasi bondek mirip dengan bahan spandek, namun keduanya berbeda. Bahkan sebenarnya kedua bahan tersebut berkebalikan satu sama lain, supaya tidak keliru lagi karena sudah tahu bahannya berikut spesifikasi bondek.

  • Ketebalan bondek kisaran 0,65 mm sampai dengan 1,00 BMT.
  • Panjang bondek dapat disesuaikan dengan panjang pengangkutan.
  • Lebar bondek sampai dengan 1000 mm dengan tinggi lekukan sekitar 50 mm.
  • Menggunakan dua macam pelapis yaitu bahan galvanis dan galvalum, lapisan galvaninya sekitar 220 gram per meter persegi.

Memang bondek lebih disukai karena lebih aman dan kuat jika dibandingkan menggunakan triplek apalagi untuk gedung-gedung bertingkat.

Tidak hanya sampai disini, material bondek lebih terjangkau dibanding dengan bahan lain seperti triplek. Bondek mempunyai dua jenis jika dilihat dari material dasarnya, berikut jenisnya.

1. Bondek Bahan Galvalum

Bahan yang digunakan untuk membuat bondek jenis ini yaitu menggunakan campuran dari dua jenis logam yang berbeda. Logam yang digunakan yaitu 55% aluminium dicampur dengan 45% seng sehingga menghasilkan bahan yang kuat tapi ringan.

Kadar aluminium yang lebih tinggi membuat durabilitas bondek bahan ini jauh lebih baik terhadap korosi jika dibandingkan dengan bahan lainya. Meskipun begitu bondek galvalum cukup sensitif terhadap campuran air yang mengandung semen karena dapat menimbulkan pengapuran.

2. Bondek Bahan Galvanis

Sama seperti dengan bahan galvalum, bondek ini dibuat menggunakan dua campuran logam dengan perbandingan tertentu. Galvanis sudah sering digunakan bahkan sejak tahun 80-an, ini karena materialnya mudah ditemukan dan gampang dibuat.

Penggunaan dua komponen logam menjadikan bahan ini lebih kuat, persentase seng lebih banyak dibanding dengan aluminium sehingga bahan tidak mudah berkarat. Sebenarnya untuk jenis bahan menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna karena keduanya sama-sama kuat.

Kedua jenis bondek berdasarkan bahannya sama-sama kuat, tergantung dengan kebutuhan dan kegunaan ingin menggunakan jenis bondek dengan bahan apapun. Bondek memudahkan pengecoran lantai pada bangunan serta tidak perlu banyak kerangka pendukung.

Keunggulan Menggunakan Bondek

Jika dilihat sekarang banguan lebih banyak menggunakan bondek dibandingkan dengan triplek, hal ini dipilih tentunya karena beberapa alasan. Berikut ini keunggulan dari bondek dibanding bahan lain sehingga lebih disukai dan banyak digunakan.

1. Tahan Lama

Meskipun terkena berbagai cuaca mulai dari panas terik sampai hujan berkali-kali tidak membuat bondek cepat rusak sampai tahunan. Bahan galvanis ditambah finishing cat pada bondek membuatnya tidak mudah berkarat.

Bahan ini juga tidak dimakan rayap sehingga penggunanya tidak perlu khawatir lapuk dan sebagainya. Apabila cat mulai mengelupas,a agar tetap terlindungi bisa dilapisi kembali hal tersebut yang membuat bondek tahan lama.

2. Tahan Api dan Benda Panas

Pada uji coba ini berdasarkan ukuran bondek per lembar, menandakan bahwa setiap lembarannya tahan terhadap panas dari api.

Uji coba dilakukan dengan meletakkan benda pada lantai komposit sekitar 2 jam dan setelah dilihat bahan tidak terbakar sehingga sudah jelas kualitasnya.

Baca juga: 5 Model Dak Teras Rumah Minimalis Modern Terbaik

3. Dapat diaplikasikan dengan dua cara dan lebih rapi

Penggunaan bondek dapat dilakukan menggunakan dua cara, yang pertama yaitu dengan metode lantai dan pemasangan bersamaan.

Metode lantai yaitu dengan mengecor terlebih dahulu lantai yang akan dipasangi bondek kemudian dilapisi bondek bagian atasnya. Sedangkan metode bersamaan yaitu mengecor secara bersama bondek dan lantai.

Bangunan yang dipasangi menggunakan bondek hasilnya akan jauh lebih rapi dan enak dipandang karena bahannya yang mudah dipasang.

Selain itu ada proses finishing dengan pemberian cat pada bondek supaya hasilnya lebih mengkilap dan rapi, berbeda dengan bahan lain yang susah menyerap cat.

Bondek memang lebih direkomendasikan untuk dipakai terutama pada gedung-gedung, namun pemasangan nya membutuhkan orang yang ahli.

Hal ini karena untuk memasang bondek dibutuhkan alat yang tidak sedikit. Plat-plat harus dipotong dengan rapi karena jika salah potongan tidak dapat disambung kembali biasanya dilakukan oleh tukang berpengalaman.

Oleh sebab itu pengetahuan tentang  lembar sangat penting, pilihlah ukuran bondek per lembar yang sesuai supaya tidak banyak potong. Dengan banyaknya kemudahan tersebut tidak heran jika saat ini bondek lebih banyak dicari untuk pembangunan rumah dan gedung.

Editted by UN

Baca profil Dimulti Pool, Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan kolam renang, jasa desain kolam renang, jasa renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.

Biaya bangun Rumah Ukuran 8x12
Perkiraan Biaya Bangun Rumah Ukuran 8×12
Membangun Rumah dengan Biaya 20 Juta
Begini Bangun Rumah dengan Biaya 20 Juta
Biaya Bangun Rumah 2 Lantai 4x6
Estimasi Biaya Bangun Rumah 2 Lantai 4×6
biaya bangun rumah 2 lantai 5x7
Estimasi Biaya Bangun Rumah 2 Lantai 5×7
Desain Rumah 6x9 2 Kamar Tidur
Inspirasi Desain Rumah 6×9 2 Kamar Tidur
Desain Rumah Jepang Minimalis 2 Lantai
Desain Rumah Jepang Minimalis 2 Lantai, Eye Catching
Desain Rumah di Tanah Berundak
Inspirasi dan Tips Desain Rumah di Tanah Berundak
Desain Rumah 100 Meter 2 Lantai
Desain Rumah 100 Meter 2 Lantai, Mewah, Berkelas
desain interior minimalis
Desain Interior Minimalis di Setiap Ruangan
interior rumah type 36 2 kamar
Desain Interior Rumah Type 36 2 Kamar, Mewah dan Elegan
Desain Interior Rumah Type 36 2 Kamar
Kumpulan Desain Interior Rumah Type 36 2 Kamar
Interior Rumah Segitiga
Tips Memilih Interior Rumah Segitiga dan 6 Idenya
Cat Jotun untuk Ruang Tamu
Top 3 Warna Cat Jotun untuk Ruang Tamu
Cat Ruang Tamu yang Bagus
Inspirasi Cat Ruang Tamu yang Bagus
Desain Ruang Tamu Ukuran 2x1
Insight Desain Ruang Tamu Ukuran 2×1
Plafon PVC Ruang Tamu Minimalis
5 Plafon PVC Ruang Tamu Minimalis Terbaik
Lemari Pembatas Ruang Tamu dan Ruang Keluarga
Lemari Pembatas Ruang Tamu dan Ruang Keluarga
Warna Cat Ruang Keluarga yang Sejuk
Warna Cat Ruang Keluarga yang Sejuk
Pembatas Ruang Tamu dan Ruang Keluarga
Pembatas Ruang Tamu dan Ruang Keluarga
Desain Ruang Keluarga Minimalis Elegan
Desain Ruang Keluarga Minimalis Elegan
Wastafel Kamar Mandi Kecil
Wastafel Kamar Mandi Kecil: Solusi Ruang Terbatas
Desain Kamar Mandi Minimalis 2x3
12 Ide Desain Kamar Mandi Minimalis 2×3
Keramik Kamar Mandi Motif Batu
10 Inspirasi Keramik Kamar Mandi Motif Batu
ukuran kamar mandi ideal
Ukuran Kamar Mandi Ideal untuk Rumah Hunian