Ukuran Rangka Atap Baja Ringan untuk Kanopi Rumah Beserta Harganya

Jika diamati sekarang-sekarang ini, tentu tidak sedikit yang memilih rangka atap baja ringan sebagai materialnya. Apalagi, ukuran rangka atap baja ringan sendiri bervariasi sehingga bisa dibeli sesuai dengan kebutuhan.

Disamping ukurannya yang bervariasi, tentu ada banyak alasan lain yang membuat banyak orang memilih material ini.

Sesuai namanya, rangka atap baja ringan, tentu salah satu alasan pemilihannya adalah karena bobotnya yang ringan tapi punya kemampuan kuat untu menopang genteng/atap.

Tapi tentunya tidak hanya itu saja alasannya. Bisa jadi karena faktor lamanya instalasi yang bisa dilakukan lebih cepat dan tanpa banyak tambahan biaya.

Atap baja ringan sendiri merupakan material atap yang terbuat dari campuran seng dan aluminium, yang mana dari komposisi itu saja sudah bisa ditebak kalau sudah pasti unggul di beberapa hal. Salah satunya bobot dan kemudahan instalasi tadi.

Bicara soal ukuran rangka atap baja ringan, variasinya cukup banyak yang mana bisa dibeli berdasarkan lembaran.

DI artikel kali ini, akan dibahas tentang ukuran rangka atap baja ringan dan variasi harganya yang ada di pasaran saat ini.

Keunggulan Rangka Atap Baja Ringan

ukuran rangka atap baja ringan

Sebenarnya sudah bolak balik disinggung di atas bahwa ada beberapa manfaat baja ringan untuk rangka atap jika dibandingkan dengan jenis lainnya dari berbagai sisi.

Jadi mari kita buat list khususnya kenapa Anda perlu memilih ukuran rangka atap baja ringan terbaik dan dari material terbaik untuk rumah Anda.

  • Bobot lebih ringan
  • Instalasi bisa cepat dan mudah
  • Harga relatif terjangkau
  • Jumlah pembelian bisa disesuaikan dengan kebutuhan
  • Cocok untuk dipakai sebagai atap di area teras maupun carport

Dari 5 keunggulan baja ringan di atas jika dipakai sebagai atap rumah, jelas sebuah alasan yang logis jika Anda memilih atap baja ringan.

Bagaimana? Masih ragu mempertimbangkan material baja ringan ini sebagai atap rumah minimalis?

Baiklah, di bawah ini akan lanjut kami bahas merk dan jenis atap baja ringan yang sering ditemukan di pasaran.

Jenis, Merk, dan Ukuran Atap Baja Ringan Terbaik Beserta Harganya

Saat ini setidaknya ada 6 jenis merk atap baja ringan yang bisa dijumpai di pasaran. Setiap jenisnya tentu memiliki harga dan keunggulan yang berbeda-beda.

Mari kita bahas satu-satu apa saja merk dan jenis atap baja ringan yang umum dipakai.

1. Atap Baja Ringan Kaso

Rangka atap baja ringan kaso atau sering disebut truss fungsinya sebagai rangka atap agar bisa ditaruh genteng di atasnya.

Tidak hanya itu, kaso ini juga berfungsi sebagai komponen penguat tiang dan kuda-kuda pada konstruksi bangunan.

Baja ringan kaso sangat kuat meski tebalnya hanya 0,75 sampai 1 mm. Dengan tinggi dan lebar 7,5 cm x 3,5 cm sementara panjangnya 6 meter.

Untuk harganya sekitar Rp 140.000 per batangnya.

2. Atap Baja Ringan Hollow

ukuran rangka atap baja ringan

Jenis rangka atap baja ringan pertama adalah jenis hollow yang mana terbuat dari material Galvanis.

Baja ringan hollow ini ciri-cirinya berbentuk balok, sementara ujungnya berbentuk persegi dan tidak pepat atau kosong di bagian dalamnya.

Ukuran rangka atap baja ringan model hollow biasanya ada dua varian tinggi dan lebar, yaitu 1,5 cm x 3 cm dan 3×3 cm dengan ketebalan 0,3 cm dan panjangnya sekitar 4 meter.

Untuk harga rangka baja ringan hollow tergantung seberapa banyak Anda membelinya. Tetapi diperkirakan per batangnya dengan panjang 4 meter adalah sekitar Rp 22.000.

Biasanya akan lebih murah jika beli dalam jumlah banyak sekaligus.

3. Atap Baja Ringan Bondek

Selanjutnya rangka atap baja ringan yang cukup reccomended ialah Bondek.

Baja ringan bondek jadi salah satu jenis baja ringan yang paling mudah ditemukan di pasaran. Sering difungsikan sebagai rangka atau sebagai pelapis,

Selain itu, bondek juga biasanya dipakai sebagai rangka atap untuk menggantikan triplek.

Ukuran rangka atap baja ringan bondek biasanya memilki panjang 1-7 meter dengan lebar 75  cm dan ketebalan bervariasi mulai dari 0,25 – 0,50 mm.

Sementara harganya berkisar di angka RP 38.000 per lembarnya.

4. Atap Baja Ringan Reng

Atap baja ringan jenis reng termasuk rangka yang banyak dipilih juga. Bentuknya bilah-bilah dan dipasang melintang untuk menahan atau tautan genteng/seng pada kaso.

Reng terbuat dari material Zinc yang tahan karat sehingga mau cuaca seperti apapun akan kuat dan tidak mudah berkarat. Apalagi sifatnya yang ringan dan tahan lama jadi semakin banyak yang memilihnya.

Ukuran rangka atap baja ringan reng bervariasi. Ada yang tinggi dan lebar sebesar 4,8 x 3 cm dan juga 5,8 x 3 cm. Dengan ketebalan 0.45 mm dan panjang 6 meter sudah sangat disesuaikan dengan kebutuhan rangka atap rumah minimalis.

Harganya?

Cukup bervariasi juga berdasarkan ukuran yang dipilih. Taksirannya sekitar Rp 40.000 sampai dengan Rp 100.000.

5. Atap Baja Ringan Spandek

ukuran rangka atap baja ringan

Di list selanjutnya ada rangka atap baja ringan spandek yang bentuknya lembaran dan sering dipakai sebagai penutup atau lapisarn luar rangka atap rumah.

Bentuknya bergelombang sehingga cucok untuk menggantikan atap seng dan sejenisnya. Bobotnya yang ringan, kualitas tahan lama dan anti karat membuatnya cukup banyak dipilih.

Adapun ukuran rangka atap baja ringan berbahan spandek biasanya memiliki panjang 6 meter, lebar 1 meter, dan ketebalannya 0,3 mm.

Harganya, berkisar di angka Rp 300.000 sampai dengan Rp 500.000.

Baca juga: 5 Kelebihan Atap Spandek Lengkung untuk Konstruksi Rumah

6. Atap Baja Ringan Kanal C

Di daftar terakhir, ada baja ringan kanal c yang mana sesuai namanya, rangka atap ini menyerupai huruf C dari sisi bentuknya.

Fungsi utama dari baja ringan kanal C ini adalah sebagai penyusun rangka atap/kanopi. Meski berbentuk huruf C namun jika disatukan dengan baja ringan lain akan membentuk kotak persegi.

Meski ringan bobotnya, baja ringan model ini cukup kuat untuk menahan atap rumah.

Ukuran rangka atap baja ringan kanal C ini tingginya adalah 7,5 x 3,5 cm lebarnya. Ketebalannya hanya sekitar 0.6 – 1 mm saja namun tetap cukup kuat.

Panjangnya mencapai 6 meter sehingga cukup cukup saja untuk memenuhi kebutuhan rangka atap rumah Anda.

Harganya sendiri cukup terjangkau dengan kantong yaitu sekitar Rp 40.000 sampai dengan Rp 100.000.

Baca juga: Model Teras Baja Ringan Terbaru dan Terbaik

Memilih satu dari enam jenis baja ringan di atas tentu terbilang worth it yah, karena masing-masing ukuran rangka atap baja ringan di atas bisa dibeli sesuai kebutuhan juga.

Oke jadi memang ada beragam jenis baja ringan yang bisa dan biasa dipakai sebagai rangka atap ya. Jika Anda merasa cocok dengan salah satunya, Anda bisa membelinya sejumlah kebutuhan. Biasanya harga tergantung pada ukuran rangka atap baja ringan yang dimaksud. Beli dalam jumlah banyak akan lebih murah tentunya.

Baca profil Dimulti Pool, Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.

Leave a Comment