Estimasi Biaya Perawatan Kolam Renang Skimmer dan Overflow

Mengetahui perkiraan biaya perawatan kolam renang cukup berguna bagi siapa saja yang berencana akan membangun kolam renang di rumah.

Memperhitungkan anggaran biaya perawatan bulanan merupakan langkah preventif. Sebaiknya masalah beban biaya perawatan ini juga masuk dalam perencanaan awal.

Jadi dalam perencanaan pembangunan tidak ada salahnya menghitung beban biaya pembuatan kolam renang, sekaligus juga menghitung beban biaya operasional perawatan kolam renang.

Dengan demikian, Anda tahu persis berapa biaya perawatan yang harus ditanggung setiap bulan ketika pembangunan kolam renang sudah selesai nantinya.

Estimasi hitungan biaya perawatan kolam renang yang nantinya akan saya rinci, termasuk di dalamnya biaya perawatan kolam renang jenis skimmer, overflow dan juga kolam renang garam.

Dengan demikian, saya berharap bahwa artikel ini bisa dijadikan referensi untuk menghitung kebutuhan chemical / obta-obatan kolam renang. Tentunya juga kebutuhan garam sebagai media perawatan kolam renang garam.

Estimasi biaya perawatan kolam renang ini bisa diaplikasikan ke dalam pribadi maupun kolam renang (umum) komersil. (hotel, villa, apartemen, dll)

Yuk kita lanjutkan …

Merawat kolam renang pada prinsipnya sangat sederhana. Tujuannya satu. yaitu agar kolam renang bisa berfungsi dalam kondisi yang selalu optimal. Menurut pengalaman saya, kita hanya membutuhkan empat kelompok jenis perawatan.

Apa saja 4 jenis perawatan tersebut?

Mari kita kupas satu persatu…

4 Jenis Perawatan kolam renang

Seorang perawat kolam renang hendaknya paham dan bisa bagaimana merawat kolam renang yang baik dan benar. Hasil dari perawatan yang benar, akan selalu menghasilkan output, air kolam renang yang jernih dan aman digunakan untuk berenenang.

Yang harus dilakukan perawat kolam renang diantarannya:

1. Perawatan Linkungan kolam renang

Jenis perawatan nomor satu ini tidak harus dilakukan oleh (petugas khusus) perawat kolam renang. Membersihkan lingkungan kolam renang bisa juga dikerjakan oleh pemilik kolam renang, pembantu rumah tangga, tukang kebun, dan siapa saja yang mau membersihkan lingkungan.

Kebersihan lingkungan kolam renang harus selalu terjaga dari kotoran-kotoran yang mungkin bisa masuk ke dalam bak kolam renang. Untuk mengantisipasi hal ini, sebaiknya tanamlah tanaman yang berdaun lebar di sekitar kolam renang.

Buang dan bersihkan ranting / daun yang sudah kering sebagai tindakan preventif agar benda tersebut tidak masuk ke kolam renang ketika jatuh.

Rutin membersihkan wilayah decking, bibir dan dinding kolam renang agar lumut tidak mudah tumbuh di area tersebut.

Kemudian jenis perawatan kolam renang yang kedua yaitu …

2. Perawatan sitem elektrikal

Pemilik kolam renang sesering mungkin mengontrol dan membersihkan apa apa yang berkaitan dengan kelistrikan. Arus listrik harus tetap terjaga agar pompa kolam renang selalu teraliri arus dengan baik.

Begitu juga saklar lampu, sebisa mungkin perawat memperhatikan hal ini. Agar lampu kolam renang bisa menyala ketika dibutuhkan. Intinya apapun yang berkaitan dengan kelistrikan yang menuju area kolam renang sesering mungkin di kontrol.

Kemudian jenis perawatan yang ketiga …

3. Perawatan sistem sirkulasi

Ini masih ada kaitannya dengan perawatan kolam sebelumnya. Jika arus listrik mengaliri pompa dengan baik, maka jangan lupa juga untuk mengontrol setiap fungsi tuas / handle multiport. Pastikan fungsi tuas yang berada pada bagian atas filter selalu terjaga kebersihannya.

Dengan begitu, apapun kegiatan perawatan yang membutuhkan fungsi filter bisa dilakukan dengan maksimal.

Berikut di bawah ini jenis-jenis / tindakan yang umumnya dilakukan oleh petugas perawatan kolam renang:

  1. Vacuum Lantai Kolam Renang
  2. Pembersihan Dinding Kolam Renang
  3. Backwash Filter
  4. Cek Balancing tank
  5. Pembersihan Permukaan Air Kolam Renang
  6. Pembersihan Gutter
  7. Penambahan Chemical
  8. Cek Kadar pH dan Chlorine

Kemudian jenis perawatan yang keempat yaitu …

4. Perawatan air kolam renang

Ini yang paling banyak dipertanyakan oleh pemilik kolam renang. Selain pemilik, para petugas perawatan kolam renang juga sering berkonsultasi terkait perawatan air kolam renang dengan tim saya.

Prinsipnya, jika ketiga jenis perawatan di No. 1, 2, 3 di atas sudah benar, maka perawatan air kolam renang akan lebih mudah dilakukan. Air kolam renang akan selalu dalam kondisi jernih, bersih dan sehat digunakan untuk berenang jika perawat mampu menjaga kadar ph dan chlorine dalam kondisi yang ideal.

Standar Ideal kanduangan Air Kolam Renang

Berikut ini adalah tabel kondisi ideal air kolam renang. Data ini saya ambil dari tim perusahaan kontraktor kolam renang, khususnya dari bagian perawatan air kolam.

Nama KandunganTakaran Prosentase
Free Chlorine2.0 – 3.0 ppm
pH7.4 – 7.6 ppm
Alcaline80- 120 ppm
Acid40 – 100 ppm
Calcium200 – 500 ppm
TDS (Total Dissolve Solid)1000 ppm or below

Jika kondisi ideal air selalu terjaga, kemudian sistem sirkulasi juga bekerja dengan baik, maka jarang terjadi kondisi air kolam renang yang buruk seperti:

  1. Air kolam renang berwarna hijau
  2. Air kolam renang keruh / berkabut
  3. Air Kolam renang berlumut
  4. Air Kolam renang berbusa
  5. Air kolam renang berwarna kuning
  6. dll

Itulah 4 jenis perawatan yang harus rutin dikerjakan oleh petugas / perawat kolam renang. Jika konsisten dikerjakan, maka kolam renang selalu dalam kondisi siap digunakan untuk olahraga renang.

Masuk ke bahasan inti yaitu tentang estimasi / perkiraan biaya perawatan kolam renang …

Estimasi Biaya Perawatan Kolam Renang

kebutuhan obat perawatan kolam renang
kebutuhan obat / chemical / garam untuk perawatan kolam renang

Masing-masing ukuran kolam renang tentunya memiliki kubikasi air yang berbeda. Dengan kubikasi yang berbeda tentunya membutuhkan chemical / obat perawatan yang berbeda pula. Begitu juga dengan kebutuhan garam. Jika kolam renang tersebut adalah kolam renang garam.

Oleh sebab itu, perkiraan biaya perawatan kolam renang yang akan saya ulas, mengambil asumsi ukuran kalam renang sebesar lebar x panjang x kedalaman : 3 X 10 X 1.5 m.

Kemudian, selain ukuran yang bisa membedakan kebutuhan chemical / obat / garam perawatan yaitu sistem sirkulasi kolam renangnya. Kebutuhan obat dan garam untuk melakukan perawatan kolam renang skimmer akan berbeda dengan kolam jenis overflow.

Kolam jenis skimmer akan lebih murah sedikit kebutuhan obat/garam nya jika dibandingkan dengan kolam jenis overflow.

lanjut …

Perkiraan Biaya Perawatan Kolam Renang Skimmer (chemical)

Asumsi kolam renang berukuran 3 X 10 X 1.5m membutuhkan obat untuk perawatan perbulan seperti tabel berikut.

Obat Kolam Renang Skimmer per bulan

Chemical / ObatJumlah Harga
Chlorine 60 %2 kgRp 84.000,-
Chlorine Grenular4 kgRp 160.000,-
Chlorine Tablet1 kgRp 42.000,-
Soda Ash7 kgRp 70,000,-
PAC2 kgRp 34.000,-
Trussi1 kgRp 40.000,-
HCL5 ltrRp 75.000,-
TOTAL HargaRp 505.000,-

Jadi kebutuhan biaya pembelian obat untuk melakukan perawatan kolam renang skimmer perbulan kurang lebih sebesar Rp 505.000,-

Perkiraan Biaya Perawatan Kolam Renang Overflow (chemical)

Obat Kolam Renang Overflow per bulan

Asumsi kolam renang berukuran 3 X 10 X 1.5m membutuhkan obat untuk perawatan perbulan seperti tabel berikut.

ChemicalJumlahHarga
Chlorine 60 %3 kgRp 126.000,-
Chlorine Grenular8 kgRp 320.000,-
Chlorine Tablet1 kgRp 80.000,-
Soda Ash3 kgRp 51.000,-
PAC8 kgRp 80.000,-
Trussi1 kgRp 40.000,-
HCL5 ltrRp 75.000,-
TOTAL HargaRp 772.000,-

Jadi kebutuhan biaya pembelian obat untuk melakukan perawatan kolam renang overflow perbulan kurang lebih sebesar Rp 772.000,-

Estimasi Biaya Perawatan Kolam Renang Garam (skimmer dan Overflow)

Asumsi kolam renang berukuran 3 X 10 X 1.5m membutuhkan garam untuk perawatan perbulan seperti tabel berikut.

Kebutuhan Garam Kolam renang Skimmer per bulan

GaramHarga
360 kgRp 1.800.000,-
Total Harga Rp 1.800.000,-

Jadi kebutuhan biaya pembelian garam untuk melakukan perawatan kolam renang skimmer perbulan kurang lebih sebesar Rp 1.800.000,-

Kebutuhan Garam Kolam Renang Overflow per bulan

GaramHarga
392 kgRp 1.960.000,-
Total Rp 1.960.000,-

Jadi kebutuhan biaya pembelian garam untuk melakukan perawatan kolam renang Overflow perbulan kurang lebih sebesar Rp 1.800.000,-

Perlu diketahui harga pembelian obat / garam yang saya input pada tabel tabel diatas adalah harga terbaru. Harga tersebut saya dapatkan dari tim Dimulti Pool.

Itulah estimasi biaya pembelian obat / garam yang diperlukan dalam satu bulan. Artinya harga yang tertera pada tabel merupakan gambaran untuk membeli kebutuhan obat / garam. Belum termasuk beban biaya jasa perawatan kolam renang.

Jika Anda membutuhkan petugas ahli perawatan kolam renang, silahkan menghubungi saya. Saya langsung forward ke tim saya.

About Author: Umbul Narmadi

Gravatar Image
Ayah dari 3 anak. Di sini tempat saya belajar menulis tentang dunia usaha / bisnis. Suka membaca, asalkan bukan bacaan yang serial. Bekerja di PT. DIMULTI - I Love blogging ! - My blog

Comment

Leave a Reply