Tidak sedikit yang berkonsultasi dan bertanya, bagus mana antara keramik atau mosaic untuk finishing kolam renang. Maka, tidak ada ruginya untuk membaca artikel pendek ini tentang perbandingan antara keramik dengan mosaic.

Pada tahap akhir pembangunan kolam renang, pasti akan melalui proses finishing. Dalam artikel ini saya hanya mengulas material finishing untuk dinding dan lantai kolam renang.

Sementara untuk bibir kolam renang, decking, gutter, ruang balancing tank maupun untuk ruang mesin, akan dibahas dilain kesempatan.

Keramik atau Mosaic ?

Keramik dan mosaic adalah material yang paling banyak digunakan untuk melapisi lantai dan dinding kolam renang. Lantai dan dinding Kolam renang yang sudah dilapisi keramik / mosaic akan terlihat lebih indah.

Selain tercapainya sisi keindahan tersebut, terlapisinya lantai dan dinding kolam renang dengan keramik / mosaic diyakini akan meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi para perenang.

Jadi bagus mana antara keramik atau mosaic untuk pelapis lantai dan dinding kolam renang?

Langsung saja …

Kelebihan Keramik

  • Mudah dijumpai pada toko toko keramik terdekat.
  • Corak pilihan keramik sangat beragam.
  • Pengerjaan pemasangan cukup cepat dan dapat memotong ongkos pemasangan.
  • Harga keramik juga cukup terjangkau jika dibandingkan dengan finishing mosaic.

Kekurangan Keramik

  • Lebih mudah pecah jika dibanding dengan mosaic.
  • Sudah sangat umum, berpotensi membuat pengguna kolam renang mudah cepat bosan.
  • Cepat atau lambat nat keramik akan terkikis, Jika nat terkikis, maka sisi keramik juga berpotensi ikut terkikis. Hal ini cukup berbahaya buat perenang. Anda mungkin pernah mengalami seperti adanya goresan / sayatan setelah selesai berenang di kolam renang umum. Sayatan tersebut kemungkinan besar akibat adanya gesekan dengan keramik kolam renang yang nat nya sudah mulai terkikis. Mudah Terkikisnya keramik disebabkan karena pada kebanyakan tipe keramik, tidak mempunyai lapisan anti gores yang tebal.

Finishing menggunakan keramik sangat umum diaplikasikan pada kolam renang. Menggunakan keramik juga merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang memiliki anggaran terbatas dalam membangun kolam renang.

Untuk memperkuat opini di atas berikut saya kutip 7 kelebihan mosaic

Kelebihan Mozaic untuk Kolam Renang

1. Kekerasan Tinggi

Salah satu proses pembuatan mosaic yaitu dengan cara dipanaskan pada suhu tinggi. Proses pembakaran dengan suhu tinggi dalam waktu yang lama akan menghasilkan tingkat kekerasan mosaic yang tinggi.

Dengan proses pembuatan seperti itu, maka mosaic didesain agar memiliki sifat tahan terhadap perubahan cuaca.

2. Tahan Air dan Anti Gores

Kedua, kelebihan mozaik untuk kolam renang adalah sifatnya yang tahan air dan tahan gores. Dengan tingkat kekerasan yang tinggi, tentu kadar serap air mozaik akan sangat rendah, yakni hanya 0,006-0,3%.

Untuk itu, walaupun terendam di dalam air dalam waktu yang lama, mozaik tidak akan mudah rusak. Selain itu, proses pembersihan yang menggunakan sikat dengan berbulu keras juga tidak akan membuat mozaik cepat rusak ataupun tergores.

3. Kuat dan Tidak Mudah Lepas

Ketiga, tidak seperti bahan lain, mozaik yang dipasang pada kolam tidak mudah terangkat atau lepas. Selain kekuatannya, mozaik juga terkenal akan daya lentur atau daya tekan sangat baik, yaitu sebesar 450 kg/cm2.

Bandingkan dengan daya tekan keramik lantai biasa yang hanya 200 kg/cm2. Maka dari itu, mozaik tahan terhadap gesekan. Jadi saat terinjak-injak banyak orangpun tidak akan mudah lepas.

4. Mudah Dibersihkan

kelebihan mozaik untuk kolam renang yang keempat adalah mudah dibersihkan. Kolam renang sebagai area yang selalu basah akan dengan mudah terkena jamur dan lumut. Tidak seperti jamur dan lumut pada umumnya, jamur dan lumut pada kolam renang sangat sulit dibersihkan.

Untungnya, mozaik menawarkan hal yang berbeda jika tertempel lumut ataupun jamur. Hanya dengan menyikatnya saja, jamur dan lumut akan hilang dengan mudahnya, sehingga mozaik bisa menjadi bersih kembali.

5. Aman Digunakan

Kelebihan selanjutnya yaitu sisi mozaik tidak mudah terkikis dan tidak tajam. Salah satu kelebihan mozaik untuk kolam renang adalah sisi yang tidak tajam sehingga kecil kemungkinannya untuk melukai pemakai kolam. Seperti yang kita tahu, sisi mozaik dibuat halus, sehingga tidak tajam. Walaupun terendam lama pada kolam renang sisi mozaik juga tidak mudah terkikis sehiongga sisi-sisi tersebut akan tetap halus.

6. Memiliki Efek Mengkilap

Kemudian, kelebihan mozaik untuk kolam renang yang keenam adalah memberikan efek mengkilap (glossy). Perpaduan antara sinar matahari yang menyinari air dan efek mengkilap dari mozaik akan menjadi perpaduan yang indah. Efek mengkilap mozaik akan membuat warna mozaik lebih terpancar, dan air terlihat mengkilap.
Warna dan Motif yang Beragam

Terakhir, mozaik memiliki beragam pilihan warna dan motif. Sehingga pemilik kolam bisa melakukan mix beberapa warna agar tampilan menjadi lebih indah. Dengan memadukan beberapa warna menjadi satu kesatuan, tampilan kolam renang akan terlihat menjadi lebih indah dan berkarakter.

Semakin kecil ukuran dan semakin bagus motif dari sebuah mosaik, maka harganya akan semakin mahal. Merek mosaic juga menentukan harga mosaic tersebut. Akan tetapi, harga yang mahal ini sangat berbanding lurus dengan kualitas yang ditawarkan.

Kekurangan Mosaic

  • Mosaik terhitung cukup mahal jika dibanding dengan karamik. Pendistribusiannya belum merata ke setiap daerah.
  • Pemasangan mozic memakan biaya yang lebih besar. Terdapat banyak celah dari setiap kepingan sehingga membutuhkan pekerjaan nutting lebih banyak jika dibandingkan dengan keramik.
  • Pemasangan terhitung lebih lama jika dibanding dengan keramik. Memerlukan ketelitian yang lebih, karena mosaik berupa lembaran yang berupa gabungan antara kepingan mosaik.

Dengan melihat kelebihan dan kekurangan keramik atau mosaic di atas, saya yakin Anda sudah bisa menentukan material jenis apa yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan finishing kolam renang Anda.

Masih bingung pilih keramik atau mosaic ?

Silahkan menghubungi saya jika membutuhkan bantuan dalam memilih ataupun membeli keramik atau mosaic.

Thank you

nv-author-image

Umbul Narmadi

Ayah dari 3 anak. Di sini tempat saya belajar menulis tentang dunia usaha / bisnis. Suka membaca, asalkan bukan bacaan yang serial. Bekerja di PT. DIMULTI - I Love blogging !View Author posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *