Bagus Kolam Renang Skimmer atau OverFlow?

Tidak sedikit calon pemilik kolam renang dihadapkan dengan pilihan terkait sistem sirkulasi air kolam renang. Bagus mana skimmer atau overflow?

Jika Anda sedang galau dalam memilih desain / konsep sirkulasi kolam renang, mungkin video dalam artikel ini bisa menjadi rujukan untuk Anda.

Mewujudkan impian memiliki kolam renang memang butuh perencanaan yang matang. Tanpa perencanaan yang matang, berpotensi menimbulkan penyesalan dikemudian hari.

Menentukan pilihan sistem sirkulasi sedari awal memang cukup penting. Kita tahu bahwa tidak hanya satu alasan kenapa banyak orang ingin memiliki kolam renang di rumahnya.

Ada yang membangun kolam renang dengan tujuan untuk olahraga berenang, ada juga yang membangun kolam renang sekaligus untuk memperindah ataupun menambah nilai jual rumahnya.

Pilih Skimmer atau Overflow ?

Pemilihan sistem sirkulasi kolam renang skimmer atau overflow adalah hak Anda sebagai calon pemilik kolam renang. Bukan haknya pemborong kolam renang.

Kontraktor kolam renang yang baik, biasanya akan menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangan semua sistem yang ada pada kolam renang.

Mengetahui kelebihan dan kekurangan sistem sirkulasi air kolam renang menjadi penting untuk bisa menambah referensi, jenis kolam renang apa yang paling sesuai untuk diaplikasikan di rumah Anda. Kolam renang skimmer atau overflow.

Skimmer

Kolam renang skimmer adalah kolam renang yang dibangun dengan struktur khusus yang menggunakan peralatan tambahan dengan sebutan skimmer box.

Kolam renang jenis ini secara visual akan menghasilakan kondisi air kolam renang yang tenang, tanpa adanya limpahan air ke sebagian dinding kolam renang.

Biaya pembangunan kolam renang jenis ini relatif lebih murah. Tentunya jika dibandingkan dengan pembuatan kolam renang jenis overflow.

Biaya pembangunannya kolam renang jenis ini lebih murah, dikarenakan tidak diperlukannya bangunan gutter (got / selokan) dan pembangunan ruang balancing tank (penampung).

Anda bisa membaca artikel saya tentang perkiraan biaya pembangunan kolam renang skimmer dengan mengikuti tautan tersebut.

Aplikasi

Pembangunan kolam renang jenis skimmer bisa diaplikasikan untuk kolam renang indoor ataupun outdoor.

Kebanyakan orang yang memiliki lahan terbatas memilih untuk membangun kolam renang jenis ini.

Biaya perawatan kolam renang jenis skimmer juga sedikit lebih murah jika dibandingkan kolam renang overflow.

Silahkan baca tentang perkiraan biaya perawatan kolam renang

Kekurangan: Sering terjadi penumpukan kotoran seperti debu, rontokan dedaunan di permukaan air kolam renang. Dengan demikian, air kolam renang berpotensi lebih cepat menghijau.

Overflow

Kolam renang overflow adalah kolam renang yang dibangun dengan konstruksi khusus agar air kolam renang tersebut terlihat luber / tumpah melalui dinding (sebagian dinding) kolam renang.

Biaya pembangunan kolam renang dengan sistem sirkulasi overflow ini relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan biaya pembuatan kolam renang dengan jenis sirkulasi skimmer.

Faktor yang menyembabkan biaya pembuatannya lebih mahal adalah karenan kolam renang jenis ini membutuhkan bangunan got dan bangunan bak penampung.

Gutter diperlukan untuk menampung limpahan air dari kolam renang yang kemudian diteruskan ke ruang balancing tank. Kemudian air tersebut masuk dalam proses filtrasi terlebih dahulu sebelum dikembalikan ke bak kolam renang.

Untuk mengetahui estimasi biaya pembangunan kolam renang overflow, Anda bisa membaca artikel saya sebelumnya di sini.

Aplikasi

Pembangunan kolam renang jenis overflow bisa diaplikasikan untuk kolam renang indoor ataupun outdoor.

Kebanyakan orang yang memiliki lahan lebih memilih untuk membangun kolam renang jenis ini.

Biaya perawatan kolam renang jenis overflow sedikit lebih mahal jika dibandingkan kolam renang skimmer.

Biaya perawatan kolam renang jenis overflow juga sedikit lebih mahal jika dibandingkan kolam renang skimmer.

Itulah beberapa kekurangannya.

Kelebihannya: Berdasarkan pengalaman, Kolam renang dengan sistem sirkulasi overflow adalah kolam renang yang paling banyak peminatnya.

Selain kebutuhan untuk olahraga renang bisa tercapai, kolam renang ini juga diyakini bisa memberikan suasanya yang berbeda.

Suara limpahan air yang melewati dinding atas/bibir kolam renang bisa melengkapi kenyamanan suasana. Gerakan air yang terdorong dari semburan inlet, menjadikan permukaan air kolam renang jenis ini tampak selalu bernih dan bersih.

Demikian kira kira perbedaan kolam renang skimmer dengan kolam renang overflow.

Nah sekarang giliran Anda pilih kolam renang skimmer atau overflow?

Jika Masih bingung, silahkan konsultasi dengan saya.

Saya memiliki tim, yang insyaAlloh komplit untuk membantu Anda dalam mewujudkan kolam renang di rumah Anda. 🙂

About Author: Umbul Narmadi

Gravatar Image
Ayah dari 3 anak. Di sini tempat saya belajar menulis tentang dunia usaha / bisnis. Suka membaca, asalkan bukan bacaan yang serial. Bekerja di PT. DIMULTI - I Love blogging ! - My blog

Comment

Leave a Reply