Merubah Kolam Renang Skimmer Menjadi Overflow

Merubah kolam renang skimmer menjadi overflow bisa menjadi solusi bagi pemilik properti yang sudah jenuh dengan model kolam renang skimmer.

Pada artikel saya sebelumnya pernah saya jelaskan perbedaan antara kolam renang model skimmer dengan overflow tersebut, tetapi bagi yang baru pertama kali berkunjung ke blog ini, tentunya belum mengetahuinya.

Agar menjadi gambaran untuk Anda, saya urai sedikit tentang perbedaan yang nampak jelas antara kolam renang jenis skimmer dengan kolam renang jenis overflow.

Kolam Renang Skimmer

Merupakan kolam renang yang permukaan airnya terlihat tenang. Tidak ada dorongan air yang keluar dari inlet dan tidak terlihat juga adanya luberan/luapan/limpahan air melalui dinding kolam renang.

Artinya tidak terjadi limpahan pada salah satu sisi tertentu “dinding kolam renang” maupun pada keseluruhan dinding kolam renang. Intinya level air kolam berada di bawah level dinding kolam renang.

Kolam renang model ini membutuhkan alat tambahan yang bernama skimmer box sebagai alat bantu sirkulasi.

Kolam renang jenis ini juga tidak membutuhkan bangunan tambahan gutter (got) maupun bak penampung / ruang balancing tank.

Kolam Renang Overflow

Merupakan kolam renang yang permukaan airnya terlihat selalu bergerak menuju area pelimpahan. Bergeraknya air tersebut diakibatan adanya dorongan dari inlet untuk mengarahkan air menuju bibir kolam renang yang kemudian ditumpahkan menuju gutter.

Got pada kolam renang overflow biasanya sudah didesain sedemikian rupa, sehingga setiap air kolam renang yang tumpah, akan langsung diteruskan menuju bak penampungan (balancing tank).

Setelah air masuk ke bak penampungan air tersebut akan diteruskan melalui proses filtrasi. Setelah melalui proses filtrasi, air yang sudah terfilter akan dikembalikan lagi masuk ke dalam kolam renang.

Itulah perbedaan yang paling mendasar antara kolam renang skimmer dengan kolam renang overflow. Sistem sirkulasi kolam renang kolam ini, membutuhkan bangunan tambahan yaitu got dan ruang balancing tank.

Merubah Skimmer Menjadi Overflow

skimmer menjadi overflow
Merubah Kolam Renang skimmer Menjadi Overflow

Secara umum berikut ini adalah beberapa alasan, kenapa pemilik kolam renang ingin merenovasi kolam renangnya.

Alasan ini bisa muncul pada kolam renang pribadi (rumahan), kolam renang umum, hotel, apartemen, vila dan alin sebagainya. Hal ini berlaku juga bagi kolam renang indoor maupun kolam renang ourdoor.

3 Alasan Merubah Skimmer Menjadi Overflow

Saya tidak akan menguraikan lengkap, alasan-alasan kenapa banyak yang ingin merubah kolam renang miliknya dari skimmer menjadi overflow. Yang akan saya share di sini adalah alasan umum yang saya dapatkan dari pengalaman mengerjakan renovasi kolam renang.

Langsung saja ini dia beberapa alasan tersebut.

1. Bosen

Tidak sedikit pemilik properti memutuskan untuk merubah sistem sirkulasi kolam renangnya dari skimmer menjadi overflow, akibat rasa bosen dengan model kolam renang lamanya.

2. Model Keramik / mosaic sudah ketinggalan

Seiring berjalannya operasional kolam renang, tidak sedikit keramik yang berubah menjadi kusam, dengan kusamnya keramik biasanya juga bersamaan dengan terkikisnya nut. Dengan terkikisnya nutting, biasanya juga diikuti dengan terkikisnya tepian keramik.

Pemilik kolam renang memutuskan merubah model skimmer menjadi overflow bersamaan dengan tujuan untuk memperbaiki nat keramik / mengganti keramik yang sudah muali terkikis.

3. Sudah tidak matcing dengan konsep hunian

Alasan yang ketiga kenapa banyak pemilik properti merubah model kolam renangnya yaitu: Model kolam renangnya sudah tidak sesuai dengan model bangunan properti disekitarnya.

Misalnya, pada saat pertama kali rumah di bangun masih suka dengan model klasik, namun setelah renovasi dan memiliki banyak uang, pemilik properti merubah desain dan gaya rumahnya. Dengan begitu, tampilan kolam renang sudah tidak sesuai lagi paska renovasi rumah.

Kolam renang lama, tidak lagi menambah keindahan lingkungan properti, malah sebaliknya. Dengan kondisi ini, maka pemilik properti memutuskan untuk merenovasi kolam renangnya.

Itulah 3 alasan yang sering saya terima dari para pemilik properti yang ingin merenovasi kolam renangnya.

Dalam video di atas, adalah contoh sebuah kasus seorang pemilik kolam renang bosen dengan model kolam renang lamanya. Ya….salah satu klien kami, Pak Hadi namanya.

Kolam renang beliau “yang lama” tidak memiliki sistem sirkulasi yang baik. Bisa dikatakan kolam renang skimmer, karena tidak terlihat adanya limpahan air pada salah satu dinding kolam renang tersebut.

Karena sudah bosan dengan masalah yang timbul akibat sirkulasi yang buruk, beliau memutuskan untuk memperbaiki sekaligus merenovasi kolam renang miliknya. Bisa dikatakan beliau ingin remodeling kolam renang pada rumah pribadinya.

Itulah alasan mengapa klien kami tersebut, ingin mengubah kalam renang lama menjadi kolam renang overflow di kediamannya.

Sistem sirkulasi yang buruk menjadikan air kolam renang mudah berubah warna menjadi hijau keruh. Mudah berlumut, dan sulit untuk mencapai kejernihan yang maksimal.

Dengan kondisi tersebut, maka memperbaiki, merenovasi menjadi kebutuhan yang mendesak. Kolam renang yang berlokasi di provinsi Riau, Sumatera tersebut akhirnya direnovasi oleh Dimulti pool beberapa waktu yang lalu.

Dimulti Pool melayani jasa renovasi merubah kolam renang skimmer menjadi overflow (remodeling), Jasa pembuatan kolam renang, renovasi kolam renang secara umum , dan jasa perbaikan kolam renang diseluruh wilayah Indonesia.

Tinggalkan komentar

Tarif dan Biaya Sertifikasi SDPPI
Tarif dan Biaya Sertifikasi SDPPI – Kominfo (Update 2024)
produk wajib disertifikasi sdppi
67 HS CODE Produk Wajib Disertifikasi SDPPI/Kominfo
biaya pengujian
Biaya Pengujian Alat Telekomunikasi di 4 Lab
sertifikasi sdppi
2 Prosedur Sertifikasi SDPPI/Postel yang Perlu Diketahui
Daftar Produk Wajib SNI Terbaru
12 Kategori Produk SNI Wajib
Persyaratan Mendapatkan sertifikat SNI
9 Langkah Mendapatkan sertifikat SNI
daftar produk wajib sni
261+ Daftar Produk Wajib SNI
Desain Pembangunan Perawatan Renovasi
konstruksi kolam renang
Konstruksi Kolam Renang yang Baik dan Benar
obat penjernih kolam renang
9 Obat Penjernih Kolam Renang dan Harganya
ide desain kolam renang minimalis
45 Desain Kolam Renang Minimalis yang Menginspirasi
Kota Peluang Usaha Video
SIUJK - surat izin usaha jasa kontstruksi
SIUJK – Pengertian, Keuntungan/Manfaat, Persyaratan
Memulai Bisnis Kontraktor
7 Tips Memulai Bisnis Kontraktor & Prosedurnya
Cara Mengatur Keuangan
15 Cara Mengatur Keuangan Perusahaan Konstruksi