9 Bahan Material Atap Dapur Transparan Terbaik

Dapur merupakan bagian ruangan paling penting dalam setiap bangunan rumah. Tanpa adanya dapur, sebuah bangunan rumah tidak ada tempat untuk memasak dan menyiapkan makanan.

Seiring berkembangnya zaman, model dan desain sebuah dapur pun sangat beragam. Banyak orang yang menginginkan sebuah dapur yang nyaman dan bersih, agar momen memasak pun jadi lebih nyaman.

Saat ini desain model dapur yang banyak dicari adalah desain dapur dengan atap dapur transparan. Istilah atap dapur transparan mungkin sudash tidak asing lagi didengar.

Dapur yang menerapkan sistem konsep dengan model terbuka ini ternyata tidak harus terpisah dengan interior utama. Selain itu, model dapur terbuka juga tidak selalu terhubung langsung keluar ruangan.

Dalam hal ini pemilihan atap dapur menjadi hal yang paling penting untuk membuat atap dapur transparan.

Perasaan nyaman dan terang ternyata dapat dihadirkan dengan membawa lebih banyak cahaya alami yang masuk kedalam ruangan, apalagi jika dapur anda berukuran kecil, tentunya memilih atap transparan adalah solusi yang paling tepat.

Manfaat Atap Dapur Transparan

Berikut ini beberapa manfaat atap dapur transparan yang harus kalian ketahui.

  • Meningkatkan cahaya alami
  • Menambah estetika bangunan
  • Mengurangi kelembapan
  • Menghemat energy
  • Menambah kenyamanan
  • Membuat ruang dapur terlihat luas

Model dan Desain Atap Dapur Transparan

Atap Dapur Transparan
Atap Dapur Transparan

Banyaknya model dan bentuk atap dapur transparan saat ini menjadikan setiap orang yang ingin membuat dapur dengan atap transparan mencari rujukan tentang modelnya.

Berikut ini beberapa desain atap dapur transparan yang bisa anda jadikan referensi.

Atap Skylight

Model atap dapur transparan yang pertama adalah model atap skylight. Memiliki atap skylight mempunyai berbagai manfaat terutama bagi pemilik rumah.

Anda hanya perlu mendesain bagian atap dapur menjadi transparan, tanpa harus mengubah tatanan layout ruang memasak.

Salah satu pengaplikasian yang paling mudah adalah penggunaan atap skylight dibagian ujung atapnya.

Atap Kaca

Penggunaan atap kaca memang sangat cocok dan sudah banyak digunakan untuk rumah berukuran kecil dan berlorong.

Penggunaan atap model seperti ini dapat membuat ruangan khususnya ruang interior dapur menjadi terlihat lebih terang lagi. Anda cukup menggunakan satu sampai dua panel kaca berukuran tebal sebagai atapnya.

Atap Transparan Memanjang

Model atap dapur transparan selanjutnya adalah model atap transparan memanjang. Jika anda memiliki ukuran ruangan dapur berbentuk persegi dan luas, anda masih tetap bisa memakai atap transparan agar area memasak menjadi lebih terang dan tidak pengap.

Buatlah desain atap dapur transparan yang selaras dengan jendela dapur anda. Sebagai salah satu rujukan, anda bisa menjadi desain dan bentuknya di internet.

Model Atap Transparan Single

Bagi sebagian orang, penggunaan atap transparan akan mengganggu privasi sang pemilik rumah. Anda juga bisa menyiasati dengan hanya menggunakan model atap dapur transparan single saja.

Atap transparan hanya diletakan di area dekat kompor. Hal ini bisa anda aplikasikan pada rumah impian anda.

Desain Atap Dapur Transparan Melingkar

Desain atap dapur transparan yang satu ini tergolong sangat unik dan menarik. Modelnya pun harus mengikuti bentuk ruangan dapur dirumah anda.

Namun dengan begitu, pencahayaan yang masuk ke area dapur akan lebih maksimal lagi.

Dapur dan Ruang Makan dengan Atap Buka Tutup

Memiliki dapur yang menyatu dengan ruang makan merupakan cara paling efektif terutama bagi anda yang mempunyai lahan terbatas.

Selain dapat terbuka dengan atap transparan, anda juga bisa memilih desain atap yang dapat dibuka dan ditutup sesuai keinginan.

Hal ini juga menjadikannya terhindar secara langsung dari terik matahari yang terlalu panas.

Rekomendasi Material yang Baik Untuk Atap Dapur Transparan

Bagi anda yang ingin membuat desain atap dapur transparan, anda perlu memperhatikan tentang material yang digunakannya, agar hasilnya pun bagus dan tentunya tahan lama.

Berikut kita akan membahas material yang baik dan kokoh digunakan untuk atap dapur transparan.

Alsynite

Jenis material atap yang bagus pertama yang dapat menjadi pilihan adalah jenis alsynite.

Atap ini juga dapat ditembus secara langsung oleh cahaya, dan sudah dilengkapi langsung dengan lapisan UV, dapat secara langsung melindungi ruangan dari bahaya sinar ultraviolet, serta tahan terhadap perubahn cuaca.

Pilihan warnanya pun cukup beragam, sehingga dapat disesuaikan dengan keinginan anda.  Alsynite juga dapat menjadi pilihan terbaik untuk jangka waktu yang panjang, karena masa pakainya bisa mencapai 10-25 tahun lamanya.

EZ-Lock

Selanjutnya material yang juga dibilang bagus adalah EZ-Lock, yang merupakan jenis atap dapur transparan yang dapat melindungi dari sinar matahari secara maksimal. Atap ini terbuat dari bahan polikarbonat dengan permukaannya yang datar.

Varian dari atap ini adalah transparan atau doff, dan terdiri dengan beragam pilihan warna. Masa pakai EZ-Lock sendiri terbilang lama, yaitu bisa mencapai hingga 10 tahun lamanya.

Glass Block

Diurutan ketiga ada Glass block atau yang biasa disebut dengan blok kaca, merupakan material atap yang mempunyai fungsi untuk menciptakan sistem pencahayaan alami pada rumah.

Material ini sendiri terbuat dari kaca berukuran tebal, dan berwarna  bening tetapi tidak tembus pandang.

Atap Kaca Skylight

Skylight adalah panel kaca yang dipasang pada bagian langit-langit atau atap rumah. Panel kaca ini juga dapat dibuka atau dapat dirancang tertutup, guna melindungi rumah anda.

Atap skylight juga dapat membantu menerangi ruangan rumah yang gelap. Selain itu, cahaya matahari yang masuk dapat menerangi dan memberikan kesan luas pada ruangan yang terlihat sempit.

Polikarbonat

Material atap dapur transparan selanjutnya adalah berbahan polikarbonat. Polikarbonat merupakan jenis atap yang sering digunakan pada setiap material atap kanopi outdoor, garasi, shelter bus, dan juga dapur.

Jenis material ini dapat menyerap sinar matahari hampir sebesar 90%, sehingga ruangan yang ada dibawahnya akan tetap hangat dan terang benderang.

Solar Tuff

Solar tuff adalah jenis atap berbahan dasar polikarbonat, dengan bentuk materialnya yang bergelombang. Atap jenis ini memiliki desain yang elegan dan ketahanannya pun sangat kuat seperti kaca.

Material ini mempunyai warna bening dan mampu meredam panas secara langsung tanpa mengurangi jumlah cahaya yang masuk. Jenis atap ini sangat cocok menjadi salah satu pilihan untuk digunakan pada dapur dengan konsep dapur terbuka.

Galvalum

Galvalum adalah material atap yang berbahan dasar baja ringan, serta sudah dilapisi seng, alumunium dan juga silikon. Material ini sangat cocok digunakan untuk atap dapur terbuka minimalis.

Meski memiliki ketahanan yang cenderung kuat, bahan atap ini terbilang cukup ringan dan tipis, sehingga memudahkan dalam proses pemasangan dan tidak membuat dapur akan terasa panas.

Fiber

Atap fiber sendiri terbuat dari serat plastik yang sangat kuat. Atap dapur transparan model seperti ini sangat cocok digunakan untuk desain dapur outdoor yang menyatu dengan ruang bersantai lainnya.

Meski terbuat dari serat plastik, atap transparan ini tahan terhadap perubahan cuaca, meredam sinar UV dan sangat awet. Harganya pun cukup terjangkau.

Ecolite

Apabila anda membutuhkan atap bening yang ekonomis untuk lampu pada dapur, Ecolite solusinya.

Selain harganya yang ramah dikantong, atap bening Ecolite ini terbuat dari botol PET yang bisa di daur ulang dan cocok untuk anda yang peduli lingkungan.

Itulah tadi penjelasan mengenai beberapa rekomendasi atap dapur transparan yang bisa menjadi referensi bagi anda yang sedang mencari model dan desain atap dapur. Perhatikan juga material yang dipakai, agar atap dapur anda kokoh dan dapat bertahan dengan lama.

Editted by UN

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website