Rincian dan Biaya Bangun Rumah Ukuran 4×6 Gaya Kekinian

Membangun rumah berukuran 4×6 tentu bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda atau siapapun yang menginginkan hunian minimalis. Lalu kira-kira berapa sih estimasi biaya bangun rumah ukuran 4×6?

Meskipun rumah yang dibangun berukuran kecil, hanya 4×6 setidaknya anda sudah bisa membangun sebuah rumah secara mandiri serta tidak merepotkan orang tua.

Berbicara tentang rumah ukuran 4×6, mungkin ukuran hunian tersebut sangat ideal bagi mereka terutama pasangan yang baru menikah. Walaupun ukurannya yang tidak terlalu luas dan besar, namun estimasi biaya bangun rumah ukuran 4×6 juga tidak akan besar jika perhitungannya tepat.

Oleh sebab itu sebelum anda akan membangun rumah berukuran 4×6 alangkah baiknya anda membuat terlebih dahulu rencana anggarannya.

Rumah ukuran 4×6 mempunyai banyak sekali konsep dan desain yang bisa dipilih sesuai style masa kini. Dengan desain terbaik maka budget yang dimiliki bisa diatur sehingga tidak terjadi pengeluaran tambahan diluar dugaan.

Kelebihan Rumah Ukuran 4×6

Salah satu alasan mengapa anda harus membangun rumah dengan ukuran 4×6 adalah masalah biaya. Sebab untuk pembangunan rumah ukuran ini tidak terlalu membutuhkan angaran yang terlalu besar sementara sudah cukup representatif untuk keluarga kecil.

Karenanya, rumah dengan ukuran tersebut dapat dibangun diatas tanah seluas 35 meter persegi atau diatas tanah seluas 45 meter persegi saja. Sehingga dengan begitu, dapat menghemat lahan dengan sempurna. Dengan penataan tata ruang yang tepat, maka dijamin rumah tersebut akan memberikan kesan yang minimalis dan modern.

Berbeda halnya jika anda mempunyai jumlah anggota keluarga lebih banyak dan menyesuaikan dengan ruang yang dibutuhkannya. Wajar budget yang dikeluarkan juga cukup tinggi jika dibandingkan dengan biaya bangun  rumah ukuran 4×6.

Denah Rumah Ukuran 4×6

Sebelum membahas biaya bangun rumah ukuran 4×6 lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu denah rumahnya. Umumnya, rumah dengan ukuran 4×6 dipedesaan hanya dibangun dengan satu lantai saja.

Terdapat juga beberapa orang yang membangun rumah ukuran 4×6 dengan desain dua lantai, ini dapat membuat tampilannya menjadi semakin luas lagi. Tentunya ketika membangun menjadi dua lantai, maka akan membutuhkan biaya lebih besar jika dibandingkan hanya satu lantai.

Pada denah rumah berukuran 4×6 satu lantai, biasanya terdiri dari satu ruang tamu sekaligus juga ruang keluarga, satu kamar tidur, satu kamar mandi, serta satu dapur. Sedangkan pada halaman belakang, anda dapat memanfaatkannya sebagai tempat untuk jemuran.

Estimasi Biaya Bangun Rumah Ukuran 4×6

Dalam perhitungan biaya untuk membangun sebuah rumah, terdapat beberapa hal penting yang harus anda perhatikan.

Hal-hal penting tersebut diantarannya yaitu seperti pemilihan bahan material bangunan, pemilihan sistem pekerja atau tukang, serta biaya-biaya tambahan lainnya.

Tentu beberapa elemen diatas juga masuk kedalam perhitungan biaya bangun rumah ukuran 4×6. Daripada penasaran, berikut adalah rincian biaya pembelian material hingga perhitungan ongkos pekerja.

· Biaya Material Bangunan

Elemen terpenting pertama dalam perhitungan biaya bangun rumah ukuran 4×6 yaitu pemilihan bahan material bangunannya. Bahan bangunan tersebut terdiri atas material pondasi, material dinding, material atap, serta material finishing.

Caranya adalah anda dapat mengambil contoh anggaran dana untuk membeli semua bahan baku utama untuk pembuatan rumah dengan ukuran 4×6 sebesar Rp. 30.000.000, agar mendapatkan gambaran harga material yang kompetitif, lakukan juga riset ke beberapa toko bangunan atau toko material.

· Biaya Instalasi Air dan Listrik

Faktor selanjutnya yang juga menjadi peran penting terhadap pembangunan sebuah hunian adalah instalasi air dan listrik. Sebab listrik dan air sudah menjadi kebutuhan pokok manusia yang harus ada pada setiap rumah.

Kalian bisa mempersiapkan biaya pemasangan atau instalasi listrik dan air pada rumah baru kurang lebih sekitar Rp. 2.000.000, atau anda juga dapat mencari informasi tentang biaya pemasangan listrik terlebih dahulu untuk lebih detailnya.

Baca juga: Rincian Biaya Bangun Rumah 2 Lantai dan Tips Hematnya

· Biaya Upah Pekerja

Biaya yang harus diperhatikan selanjutnya adalah upah pekerja. Di Indonesia sendiri terdapat dua macam sistem pekerja bangunan, yaitu pekerja bangunan sistem harian serta pekerja bangunan sistem borongan.

Secara umum, ongkos pekerja sistem harian saat ini yaitu sekitar kurang lebih Rp. 80.000 hingga Rp. 100.000 per orang. Namun, kalian juga dapat menggunakan jasa pekerja sistem borongan untuk mengerjakannya, sehingga biaya bangun rumah ukuran 4×6 yang dikeluarkan juga terbilang murah.

·      Biaya Lainnya

Terakhir yaitu ada biaya lainnya. Dimana biaya tersebut harus dipersiapkan oleh pemilik rumah untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal diluar dugaan seperti kekurangan dana pada saat pembangunan rumah sedang berlangsung.

Anda dapat mempersiapkan biaya lainnya yang bersifat tak terduga sebesar 10% dari total anggaran biaya bangun rumah ukuran 4×6. Misalkan anggaran biayanya sebesar Rp. 50.000.000, maka siapkan dana biaya lainnya sebesar Rp. 5.000.000.

·      Pahami Hitungan Sistem Satuan

Biasanya anda bakal membutuhkan beberapa bahan baku untuk membangun sebuah rumah berukuran 4×6 seperti beton, dinding, plafon, dan atap. Anda juga perlu memahami semua jenis bahan material yang disebutkan kedalam perhitungan volume.

·      Catat Tujuan Penting Keseluruhan

Rahasia umum yang dapat menghemat anggaran biaya pembangunan rumah dengan ukuran 4×6 pertama adalah dengan mencatat tujuan-tujuan penting dari keseluruhan. Pasalnya, siapapun yang sedang merencanakan membangun rumah harus mempunyai maksud dibalik kegiatan tersebut.

Jangan pernah melakukannya hanya sekedar terlihat setara dengan orang lain. Anda harus bisa memonitor dan mengontrol keuangan, agar nantinya budget yang dikeluarkan dapat berguna untuk jangka yang panjang serta memberi dampak positif bagi keluarga.

Cara Mudah Menghitung Biaya Bangun Rumah Sendiri Mulai Dari Nol

Mengapa Rumah Ukuran 4×6 Minimalis Lebih Hemat Anggaran?

Bukan rahasia umum jika rumah minimalis mampu menghemat anggaran pembangunan bagi calon pemilik rumah. Walaupun tempilannya memberikan kesan yang mewah, akan tetapi target utamanya tidaklah selalu ditujukan pada masyarakat kalangan menengah atau kalangan atas.

Anda tidak perlu repot-repot menyiapkan dana hingga Rp. 500 juta bahkan lebih untuk dapat mempunyai rumah berukuran 4×6 dengan konsep minimalis, lantaran luas tanah dan bangunan yang dibutuhkan lebih sedikit dari rumah tingkat atau rumah dua lantai.

Tips Membangun Rumah Ukuran 4×6

Seperti yang sudah dijelaskan secara lengkap diatas mengenai rincian perhitungan biaya bangun rumah ukuran 4×6. Selanjutnya agar proses pembangunan rumah dapat berjalan dengan lancer tanpa adanya kendala sedikitpun, sebaiknya simak beberapa tips mengenai pembangunannya dibawah ini.

  • Catat tujuan penting keseluruhan pembangunan rumah.
  • Pelajari tentang anggaran dana dan gambar simulasi tentang rumah ukuran 4×6/
  • Pelajari tentang sistem hitungan satuan bahan baku pembangunan rumah.
  • Konsultasikan harga dan jasa tukang bangunan.
  • Survey bahan material bangunan secara langsung.
  • Gunakan pekerja yang berpengalaman serta dapat dipercaya.

Demikian informasi lengkap tentang biaya bangun rumah ukuran 4×6 yang bisa dipahami dan digunakan sebagai bayangan rincian anggaran untuk pembangunan hunian anda. Jangan lupa untuk selalu merinci dan mencatat semua kegiatannya, agar lebih terorganisir.

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website