Contoh Desain Dapur Terbuka, Kelebihan dan Kekurangannya

Ada banyak ide desain dapur terbuka yang bisa Anda miliki. Salah satu keunggulan memiliki dapur terbuka adalah suasana berbeda yang tidak dimiliki konsep indoor.

Jadi jika Anda memiliki dapur dengan konsep seperti ini, tidak hanya akan membuat Anda nyaman dalam memasak. Tapi juga jadi ada tempat untuk sekalian menikmati masakan tersebut di tengah suasana yang berbeda dari biasanya.

Di postingan kali ini, kami akan coba mengajak Anda berbincang tentang ide desain dapur model terbuka/outdoor berkonsep sederhana.

Kelebihan dan Kekurangan Desain Dapur Terbuka

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh sebuah konsep desain dapur klasik yang mengusung deskonsep terbuka. Diantara kelebihannya ialah:

Ruang mobilitas lebih luas

Contoh Desain Dapur Terbuka, Kelebihan dan Kekurangannya 1

Dapur yang menyatu bersama ruang lainnya akan mengakibatkan ukurannya lebih luas. Bersama dengan begitu aktivitas di dapur akan lebih leluasa.

Anda sanggup bersama dengan ringan meletakkan kuliner yang udah matang ke meja makan tanpa perlu berpindah ruangan melewati sekat pembatas.

Begitu juga ketika hendak meletakkan peralatan makan kotor lagi ke dapur sesudah makan bersama dengan.

Sirkulasi udara lebih lancar

Dapur berkonsep terbuka biasanya dilengkapi ventilasi atau bukaan besar menuju ruang atau taman. Bersama begitu udara dan cahaya matahari dapat masuk bersama dengan leluasa.

Sirkulasi udara dan cahaya yang baik akan membawa dampak dapur terhindar berasal dari lembap dan bau.

Kondisi keluarga lebih hangat

Desain dapur terbuka yang menyatu bersama dengan ruang lainnya akan memudahkan komunikasi antara penghuni rumah yang tengah di dapur dan yang berada di ruangan lainnya.

Ruangan tanpa sekat masif pastinya beri tambahan kesan kebersamaan yang lebih mendalam. Anggota keluarga juga sanggup bersama nyaman menolong anggota keluarga lainnya yang tengah memasak di dapur.

Lebih praktis

Anda sanggup memakai satu furnitur untuk dua kegunaan ruangan. Misalnya bersama melebur manfaat kitchen island untuk menyiapkan makanan dan menghidangkan makanan.

Dapur berkonsep terbuka juga tidak memerlukan sekat masif untuk membagi ruang. Tanpa sekat, tentunya Anda mampu menghemat bujet yang memadai segudang.

Adapun beberapa kekurangannya ialah:

Aroma masakan menyebar ke ruangan lain

Asap dan aroma kuliner akan bersama gampang menyebar ke ruangan lain. Hal ini pasti akan mengganggu apabila dapur membuka segera bersama ruangan layaknya ruang tamu dan ruang keluarga.

Untuk mengantisipasinya, Anda mampu kenakan cooker hood sehingga asap dan aroma kuliner dapat segera tersedot selagi memasak.

Berisiko dimasuki hama

Risiko ini berlangsung terutama terhadap dapur berkonsep terbuka yang menyatu bersama dengan halaman belakang. Hama tikus dan kecoak sanggup mengganggu bila dapur bukan dijaga bersama dengan baik.

Selagi hujan turun, cacing tanah di halaman juga mampu naik ke dapur kecuali lantai dapur terlampau berdekatan bersama halaman.

Untuk itu, Anda wajib menyimpan makanan dan bahan makanan di daerah yang tertutup, langsung membuang sampah ke area lain, dan memastikan terdapat jeda yang lumayan antara dapur dan taman sehingga hama berasal dari taman dapat dihalau.

Dapur berisiko cepat kotor

Dapur terbuka nisbi lebih cepat kotor gara-gara debu berasal dari luar mampu bersama dengan enteng masuk ke dapur. Risiko kotor juga mampu berjalan gara-gara tempias air hujan yang masuk waktu musim hujan.

Anda sanggup mencegahnya bersama dengan memasang atap atau kanopi yang memadai menutupi tempat perbatasan antara dapur dan taman.

Butuh perawatan ekstra

Masih mengenai soal kebersihan, punyai dapur di luar ruangan cukup urgent. Anda harus siap untuk rutin membersihkannya.

Jika dapur dibiarkan kotor, pasti tidak sedap dipandang bahkan dapur sanggup terlihat berasal dari ruangan lainnya.

Risiko zat oksidasi terhadap peralatan masak yang dibiarkan kotor dan diterpa debu di dalam pas lama juga mengintai. Gara-gara tersebut, rutin bersihkan dapur dan pastikan selalu didalam situasi kering sementara bukan dipakai.

Baca juga: Mau Coba Konsep Dapur dan Ruang Cuci Menyatu? Perhatikan Hal Ini

Contoh Desain Dapur Terbuka Sederhana Minimalis

Dapur terbuka yang digabungkan bersama dengan ruang makan ini sanggup menjadi keliru satu pilihan.

Bersama begitu kedua ruangan ini akan terlalu menopang di dalam kesibukan memasak dan menyajikan makanan dikarenakan terletak terhadap satu area yang mirip.

Tapi keliru satu permasalahan yang akan anda temui selagi menerapkan konsep dapur yang digabung bersama dengan ruangan lain adalah meminimalisir aroma tak sedap yang kemungkinan dihasilkan dapur.

Untuk tersebut, suatu dapur pasti perlu memiliki sirkulasi udara yang baik.

Desain Dapur Terbuka Minimalis kombinasi dengan Ruang Makan

Sirkulasi udara yang baik dapat anda dapatkan bersama dengan sediakan bukaan atau ventilasi dekat dapur. Tak sekedar tersebut, anda juga dapat mengenakan cooker hood yang bisa menolong membuang asap dan aroma tak sedap berasal dari dapur.

Sekat pembatas antar ruangan juga dibutuhkan untuk contoh dapur berkonsep terbuka yang satu ini. Anda dapat menjadikan island terhadap dapur sebagai meja makan dan sekat pembatas antar ruangan.

Jangan lupa untuk memilih perpaduan rona yang disesuaikan untuk memberi tambahan kesan keselarasan terhadap ruangan.

Desain Dapur Terbuka Minimalis Semi Outdoor dengan Taman

dapur terbuka

Dapur untuk memasak nggak kudu selalu di di dalam ruangan lho. Dapur terbuka berkonsep outdoor yang satu ini cocok benget buat anda yang bahagia beraktivitas di daerah terbuka.

Dapur terbuka ini didesain menyatu bersama dengan taman yang tersedia di luar rumah. Tanpa adanya pembatas dinding, desain dapur seperti ini amat alami dan terasa menyatu bersama dengan alam.

Pemakaian material yang natural juga memicu dapur terbuka konsep outdoor ini sahih-sahih jadi bagian berasal dari kegiatan bersantai di halaman belakang rumah.

Kalau anda tertarik untuk menerapkan desain terbuka yang satu ini, jangan lupa untuk memberi tambahan lampu gantung dan flora hias yang manis.

Dapur Minimalis Terbuka Outdoor dengan Taman

Dapur diluar ruangan bersama ditemani pemandangan taman yang latif dan asri juga akan sebabkan kondisi aktivitas memasak lebih menggembirakan dan jadi lebih istimewa tentunya.

Dapur terbuka semi outdoor ini tentunya mempunyai sirkulasi udara yang baik. Menjadi anda nggak mesti risi bersama pengap dan bau tak sedap yang dihasilkan dapur.

Dapur terbuka semi outdoor ini juga mampu menolong anda mewujudkan pesta di luar ruangan dengan keluarga besar. Misalnya layaknya merayakan tahunan baru ataupun pesta yang lainnya.

Keistimewaan paling akhir yang akan anda dapatkan bersama dengan mengenakan dapur terbuka konsep outdoor ini adalah tersedia lebih tak terhitung barang yang mampu anda tempatkan dan simpan di di dalam dapur.

Bersama dengan begini, anda bukan harus ulang pusing bersama banyaknya peralatan masak yang anda punyai.

Desain Dapur Terbuka dengan Bukaan Maksimal

Terkecuali anda punyai dapur bersama dengan view yang bagus, nggak tersedia salahnya menjadikan view itu bagian berasal dari desain dapur outdoor yang anda mempunyai.

Bersama memakai bukaan yang maksimal, bukan semata-mata pencahayaan alami yang masuk dan kurangi kelembaban dapur, view yang menarik dan cantik juga akan sebabkan kegiatan di dapur menjadi lebih bersemangat.

Terhadap desain dapur minimalis terbuka, langit-langit ruangan yang tinggi juga akan memicu kesibukan memasak jauh lebih nyaman. Menjadi, maksimalkan juga ketinggian ceiling terhadap desain dapur terbuka yang anda punyai ya.

rofik n

Being Content Writer Since 2017. Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Februari 2018. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.