3 Cara Memasang Batu Koral untuk Taman

Siapa saja tahu cara memasang batu koral untuk taman sekarang bukanlah hal yang rahasia lagi. Setiap orang yang ingin memiliki rumah dengan taman namun takut biaya pembuatannya mahal biasanya akan belajar mengenai teknik/cara memasang batu koral.

Kenapa?

Salah satu keuntungannya adalah bisa memilih susunan penataan terbaiknya termasuk meminimalkan budget untuk memanggil tukang.

Sebelumnya, memang harus diakui bahwa batu koral menambah keindahan untuk taman yang ada di rumah. Bukan hanya memberikan makna keindahan saja, beberapa taman di dunia juga menggunakan batu koral terbaik untuk menciptakan kesan menarik pada bangunan.

Seperti yang Anda ketahui melalui penjelasan sebelumnya, penggunaan batuan khusus ini akan membantu dalam menciptakan karakter unik rumah Anda. Guna menambah pemahaman Anda mengenai pemasangan batu koral, cobalah perhatikan penjelasan berikut ini!

Persiapan-Persiapan yang Dibutuhkan Sebelum Memasang Batu Koral

Memasang batu koral sebenarnya tidak begitu rumit, hanya saja memerlukan pengetahuan yang cukup. Dimulai Anda harus menguasai persiapan-persiapannya.

Tujuannya semata-mata untuk keberhasilan dari mempraktekkan cara memasang batu koral dengan hasil akhir yang sesuai impian Anda.

Bagi sebagian orang yang sudah berpengalaman, memilih batu koral merupakan pekerjaan yang mudah. Namun, jika sedari awal Anda masih kebingungan mungkin dengan memperhatikan tahapan persiapan berikut ini akan lebih punya gambaran:

1. Persiapan Lahan

cara memasang batu koral

Lahan dipersiapkan dengan mempertimbangkan area mana yang akan dihias dengan batu koral. Mengingat tidak semua bagian taman perlu dihiasi batu koral maka Anda sebaiknya perlu berkonsultasi kepada jasa desain.

Selain akan mendapatkan solusi area mana saja yang bisa dihiasi dengan berkonsultasi terlebih dahulu, Anda sudah melangkah dua langkah lebih awal. Pasalnya persiapan lahan ini bukanlah hal kecil yang bisa diputuskan secara tiba-tiba.

Lahan yang digunakan pada umumnya merupakan lahan berumput yang nantinya akan dibersihkan. Beberapa jenis tanaman liar yang berada di arena itu perlu ditangani dengan tepat. Penanganannya yakni dengan dibersihkan sampai pada bagian akar-akarnya.

Lahan yang terbebas dari rumput seperti itulah yang bisa cepat proses pemasangan batu koralnya. Selain dibersihkan dari rumput liar, persiapan lahan ini juga harus memperhatikan aspek ketepatan tempat. Maknanya, lokasi yang dipilih tidak boleh salah agar biayanya juga murah.

2. Mempersiapkan Design

Anda benar-benar menginginkan taman yang indah dengan nuansa yang berbeda, maka cobalah untuk menggunakan design minimalis. Menemukan desain ini bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti contoh melalui internet atau dengan berkonsultasi kepada jasa desain.

Design ini juga berkaitan langsung dengan tempat, meskipun Anda bermaksud membuat taman yang menempel dengan rumah. Pertimbangan desain ini akan membantu dalam memberikan gambaran kasar dana yang dibutuhkan nantinya.

Bagi beberapa orang yang rela mengeluarkan uang dengan skala besar, saat pemilihan desain mereka akan mengutamakan konsep rumah impian yang sudah dari sebelumnya dimiliki. Tidak masalah jika Anda belum memilikinya, asalkan Anda bisa mengukur sejauh mana taman nanti akan dibangun.

3. Persiapan Dana

Sebagai persiapan penting berikutnya adalah mempersiapkan dana yang cukup. Mengingat dalam pembangunan membutuhkan dana yang tidak sedikit, maka ukurlah kemampuanmu agar dikemudian hari tidak kesulitan.

Jika Anda masih berencana untuk membangun, maka itu merupakan keputusan yang tepat. Mengumpulkan uang dari sedikit akan membantu dalam mewujudkan keinginan Anda. Namun, bila Anda memutuskan untuk menggunakan pinjaman maka ini bukan masalah.

Dana ini wajib Anda cocokan dengan kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan dalam pembangunan. Mencoba menghitung total pengeluaran yang dibutuhkan saat mau membangun taman bukanlah hal yang salah. Justru ini merupakan hal baik yang layak untuk dicontoh.

Baca juga: 11 Step Cara Memasang Batu Alam untuk Memperindah Rumah

Cara Memasang Batu Koral Untuk Taman Tanpa Bantuan Tukang

cara memasang batu koral

Bila pada pembahasan sebelumnya Anda belajar mengenai persiapan apa saja yang dibutuhkan ketika hendak memasang batu koral. Sekarang saatnya Anda belajar mengenai tata cara pemasangannya. 

Perlu diperhatikan cara yang digunakan ini merupakan langkah-langkah standar yang wajar dilakukan. Secara tidak langsung Anda bisa menerapkannya tanpa bantuan dari orang lain. Langsung saja simak pada langkah-langkah berikut ini:

1. Cara Memasang Batu Koral Berpola Warna-Warni

Anda yang menyukai taman berkonsep warna-warna seperti yang ada di disney maka bisa menggunakan cara memasang batu koral untuk taman berpola warna-warni.

Pemasanganya sederhana, selain bisa digunakan untuk mempercantik taman melalui warna yang tersebar ini akan muncul vibers seperti berada di dunia fantasi.

Sebetulnya tidak menjadi masalah jika taman ini hanya taman kecil di depan rumah, asalkan Anda bisa mengatasinya dengan baik maka ini akan menjadi taman yang sempurna. Coba perhatikan langkah-langkah berikut ini dalam menyusun taman yang berkonsep warna-warni:

  • Bersihkan arena taman dari rumput liar.
  • Pastikan sudah mantap dengan desain yang dipilih.
  • Gunakan kapur untuk memberikan pola pada taman sebelum batu koral ditata.
  • Rekatkan batu koral menggunakan semen dengan mengikuti pola yang dibentuk.
  • Susun berdasarkan warna yang bagus menurut Anda.
  • Tunggu sampai semen mengering dan siram bagian taman dengan air.

2. Cara Memasang Batu Koral Di Taman Dalam Rumah

Meskipun taman didalam rumah terdengar aneh pada kenyataanya sekarang malah menjadi hal yang lumrah. Bagi sebagian orang, memiliki arena hijau di dalam ruangan bisa mengurangi rasa stres makannya pada konsep rumah modern taman menjadi bagian yang tidak bisa dilepaskan.

Anda yang merasa bahwa rumah yang dihuni saat ini kurang nyaman bisa menambahkan taman dengan taburan batu koral. Contoh arena yang bisa dijadikan bayangan adalah arena bermain indoor, jalan menuju mushola dalam rumah dan masih banyak lagi.

Cara memasang batu koral untuk taman dalam rumah ini tidak jauh berbeda dengan pemasangan batu koral warna-warni. Perbedaannya hanya terletak pada pemilihan warna dan motif bila desain yang dipilih menggunakan pola-pola tertentu.

Trik khusus yang bisa Anda coba dalam melakukan penataan batu koral adalah dengan selalu memperhatikan ukuran batu yang digunakan. Hal sederhana ini terbukti mampu menambah kesan istimewa pada taman yang dibangun.

Baca juga: 5 Penataan Rumah Minimalis dengan Aplikasi Batu Alam

3. Cara Memasang Batu Koral Di Taman Aquarium

cara memasang batu koral

Pernahkan Anda mendengar cara memasang batu koral untuk taman aquarium? Jujur saja ini seperti hal yang aneh. Bagaimana tidak, ada taman di dalam aquarium.

Namun pada kenyataannya bila Anda menggunakan batu koral di akuarium maka taman yang diciptakan didalamnya akan terlihat sangat keren.

Taman akuarium harus menggunakan bahan-bahan yang aman untuk ikan dan tetap menarik meskipun merupakan benda mati. Batu koral memiliki karakteristik mengkilap saat terkena air, ini akan membuat keindahan air dalam akuarium menjadi dua kali lebih estetik.

Pemasangan batu koral taman di aquarium juga sama sederhananya seperti memasang di taman langsung. Perbedaannya, Anda perlu memilih batu koral dengan ukuran yang kecil terutama bagi yang memiliki aquarium dengan ukuran standar.

Saat dipasang di aquarium tidak perlu dicampur dengan semen karena batu merupakan benda yang tenggelam. Anda hanya perlu menatanya serapi mungkin sehingga akan memberikan kesan hidup pada aquarium yang menjadi pajangan di rumah tersebut.

Sebetulnya tidak ada yang susah, asalkan mau untuk belajar maka hal sesulit apapun bisa dijalani. Kuncinya adalah dengan mencoba, dari uraian di atas cara memasang batu koral untuk taman sebetulnya mudah bukan? Silakan dicoba!

Baca profil Dimulti Pool, Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.

Leave a Comment