Jenis Tanaman Vertical Garden yang Bisa Bikin Rumah Jadi Estetik

Ada banyak jenis tanaman vertical garden tahan panas yang dapat Anda manfaatkan untuk menghiasi taman outdoor maupun indoor rumah Anda. Apalagi, teknik instalasi tanaman vertical garden tidak serumit yang dibayangkan sehingga Anda tak perlu khawatir.

Tehnik berkebun model vertical seperti ini memang tengah digandrungi oleh pecinta tanaman. Vertical garden sendiri menjadi salah satu cara menyusun taman pada bidang tegak lurus atau vertikal seperti dinding.

Selain minim tempat, taman jenis ini juga dapat menambah nilai estetis pada rumah. Apalagi, banyak sekali jenis tanaman yang bisa dipilih.

Metode ini bisa menjadi alternatif untuk Anda pecinta tanaman hias yang butuh kesegaran dalam rumah tanpa harus memakan banyak tempat. Akan tetapi sebelum mulai menggunakan tanaman vertical garden kenali dulu jenis-jenis tanaman yang cocok untuk taman vertikal.

Apa Saja Media Tanam untuk Taman Vertical?

Salah satu media tanam vertical garden terbaik adalah pada dinding. Dengan menggunakan dinding hijau dengan ditanam melekat pada dinding membentuk pola vertikal.

Secara umum, dinding taman dibangun dengan lapisan kedap air di bagian belakang sehingga mencegah kerusakan pada struktur dekorasinya.

Sedangkan pada bagian depan, ada berbagai metode penanaman yang bisa dipilih. Dari pengalaman banyak tukang taman, ada banyak jenis media tanam untuk vertical garden yang bisa Anda aplikasikan diantaranya:

tanaman vertical garden

1. Media dengan Space Longgar

Dinding sebagai media tanam yang longgar jadi salah satu yang bisa dipilih untuk jadi media tanam.

Sisi baiknya, penggunaan tanah akan memungkinkan spesies tanah pindah ke dinding. Tanah memungkinkan sistem akar yang lebih besar dari sebuah tanaman.

2. Media Struktural

Dengan menggunakan media struktural tanaman vertical garden bisa memanfaatkan kubus rockwool guna menunjang pertumbuhan tanaman.

Rockwool akan bertahan lama 10-20 tahun tergantung pada tanaman yang ditanam dan gaya pemeliharaan yang dilakukan.

Dinding gaya ini memiliki kapasitas untuk menampung tanaman yang lebih besar, karena tanaman berakar pada substrat dan tidak hanya tikar saja.

3. Lembar Media

Sheet Media Walls Hijau menggunakan sel poliureta yang bertekstur untuk menahan tanaman. Dinding poliuretan mampu bertahan lama karena sisi penanaman plastik yang bersifat anorganik.

Menggunakan dua lembar poli dengan sistem irigasi yang digunakan untuk menanam tanaman di kantong kecil yang terbuat buat oleh tekstur telur karton.

Rekomendasi Jenis Tanaman Vertical Garden yang Bisa Dipilih

Berikut ini kami rekomendasi untuk Anda jenis tanaman vertical garden yang tahan panas agar tumbuh subur dan estetis di rumah Anda:

1. Lili Paris

tanaman vertical garden

Tanaman untuk jenis taman vertical yang pertama adalah lili paris. Tanaman hias dengan daun menjuntai seperti padi dengan warna hijau putih ini memiliki perawatan yang sangat mudah dan tahan terhadap sinar matahari.

Lili paris yang bernama latin Chlorophytum Comosum sering kali digunakan sebagai tanaman penghias taman kota dan sangat cocok diaplikasikan pada vertical garden.

2. Bunga Lipstik

Tanaman vertikal yang kedua adalah Bunga Lipstik. Dengan nama latin Aeschynantus Radicans atau bunga lipstik adalah tanaman dengan daun hijau mungil yang berkilau dan memiliki warna bunga merah tua seperti lipstik.

Tanaman ini tidak membutuhkan tanah terlalu dalam, sangat cocok diaplikasikan di dalam ruangan maupun sebagai tanaman outdoor. Bunga lipstik sering dijumpai sebagai tanaman hias gantung yang dapat tumbuh dengan baik di dalam maupun di luar ruangan.

3. Sirih Gading

Mungkin Anda tidak begitu familiar dengan Sirih gading. Tanaman ini merambat yang memiliki nama latin Epipremnum Aureum yang tentu saja sudah populer di dengar. Sirih gading ini sangat cocok pada tanaman vertikal sebab bisa mengatur cara merambatnya.

4. Tanaman Bunga Anggrek

Untuk tanaman vertical garden Anda juga dapat memilih bunga anggrek sebagai tanaman vertikal di rumah. Dan pastikan Anda telah memilih jenis anggrek yang tidak terlalu sulit perawatannya.

Dengan nama latin Dendribium dan Oncidium spp menjadi salah satu jenis anggrek yang bisa Anda pilih karena perawatannya yang cukup mudah. Pastikan juga Anda tidak menaruh tanaman ini di bawah sinar matahari langsung.

5. Tanaman Golden Pothos

tanaman vertical garden

Kami merekomendasikan untuk Anda tanaman vertical garden yang bisa Anda pilih adalah golden photos. Memiliki dedaunan yang berwarna hijau membuat tanaman rambat ini memberikan kesan yang menyegarkan di rumah.

Selain untuk memperindah rumah, golden photos juga bisa mengatasi kualitas udara yang buruk. Tanaman ini juga bisa memberikan efek tenang saat diletakkan di rumah maupun kantor.

Tanaman ini memiliki keunikan lain yaitu kemampuannya untuk tetap hijau meskipun berada di dalam ruangan gelap. Akan tetapi kalau Anda ingin menjaga tanaman ini agar bisa selalu prima, sebaiknya diletakkan di tempat yang terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Manfaat Vertical Garden bagi Rumah

Salah satu manfaat dari tanaman vertical garden adalah dapat membantu memurnikan udara. Tanaman menjadi pembersih, udara alami dan taman vertikal dapat membantu menyaring polutan serta meningkatkan kualitas udara dalam ruangan.

Taman vertikal juga bisa membantu menghemat ruang, biasanya di daerah perkotaan di mana ruang sering kali sangat terbatas. Sehingga tanaman vertikal dapat memberikan cara untuk menanam tanaman tanpa harus mengambil ruang tanah yang berharga.

Selain memiliki manfaat praktisnya, jenis taman ini juga bisa menjadi indah dan menambah minat dan nilai estetik ada suatu ruang. Mereka juga bisa memberikan kehadiran yang alami serta membuat nyaman. Berikut ini beberapa keunggulan lain dari pengguna vertical garden:

  • Dapat Dibuat di Lahan yang Sempit

Karena menggunakan tumbuhan yang merambat, tanaman vertical garden sangat mudah untuk dibuat di lahan yang sempit. Jadi cocok ditanam di apartemen maupun rumah dengan lahan yang terbatas.

  • Mempercantik Rumah

Memiliki kebun vertikal dapat menambah keindahan di rumah, dengan struktur dan penyangga vertikal dapat digunakan dengan cara yang sangat indah. Dan dapat menyembunyikan area yang tidak sedap dipandang maupun menambah ruang taman dan ruang rahasia ke halaman.

  • Sangat Mudah Perawatannya

Salah satu manfaat terbaik dari tanaman vertical garden adalah perawatannya yang sangat mudah. Selain itu tanaman yang dirawat menggunakan pot juga bisa mengurangi risiko terkena gulma, hama yang tinggal di tanah.

Selain itu penyakit tanaman yang ditularkan melalui tanah juga tidak akan menyerang tanaman Anda.

  • Lebih Mudah Mendapatkan Sinar Matahari

Karena jenis tanaman untuk taman ini tumbuh ke atas, sehingga tanaman ini akan terkena sinar matahari dengan baik. Hal ini membuatnya bisa berkembang lebih baik daripada yang dibiarkan tumbuh di tanah.

  • Lebih Tahan Terhadap Penyakit

Tanaman vertikal ini dapat merambat sehingga dapat mengurangi penyebaran jamur dan penyakit yang ditularkan melalui tanah, sehingga tanaman menjadi lebih sehat.

Selain itu tanaman juga tidak akan mudah membusuk misalnya saja saat tumbuh di tanah.

Dari penjelsan di atas, Anda pasti sudah mengetahui banyak hal tentang tanaman vertical garden dan manfaatnya.

Baca profil Dimulti Pool, Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.

Leave a Comment