8 Opsi Denah Pondasi Rumah Ukuran 7×9 Berbagai Sisi

Memiliki rumah minimalis yang bagus pasti dimulai dari menentukan denah yang tepat. Nah kali ini kami akan bahas opsi denah pondasi rumah ukuran 7×9 yang mana merupakan salah satu tipe ukuran hunian minimalis.

Denah sendiri adalah suatu hal yang penting sebagai gambaran atau sebuah rancangan, baik untuk rumah maupun bangunan lainnya. Dengan denah, Anda dapat dengan mudah melihat, merancang, serta menentukan fungsi pada setiap ruangan.

Jika hendak membangun rumah ukuran 7×9 khususnya, beberapa opsi denah pondasi rumah ukuran 7×9 yang akan dibahas kali ini mungkin bisa bermanfaat.

Apa itu Pondasi Rumah?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai denah pondasi rumah ukuran 7×9, alangkah baiknya untuk Anda mengenali lebih dahulu definisi pondasi rumah sekaligus fungsi utama dari pondasi itu sendiri.

Pondasi merupakan bagian bangunan yang paling bawah dan dijadikan dasar bangunan. Yang mana dasar bangunan ini berfungsi untuk menyalurkan beban dari struktur yang ada diatasnya ke lapisan tanah pendukung.

Sebagai struktur paling bawah bangunan dimana pondasi langsung berhubungan dengan tanah. Pondasi bekerja dengan menahan beban diatasnya kemudian dilimpahkan ke elemen struktur vertical atau horizontal dan kemudian disalurkan ke tanah.

Dalam pembuatan pondasi, perlu memperhatikan aspek-aspek seperti kedalaman pondasi, system pondasi terhindar dari kerusakan, pondasi harus bisa beradaptasi pada perubahan lapangan, serta memperhatikan kondisi tanah.

Pondasi sangat berperan penting bagi sebuah bangunan, khususnya bangunan rumah. Fungsi utama pondasi yaitu sebagai penopang bangunan rumah sehingga membutuhkan struktur pondasi yang kuat agar menciptakan bangunan rumah yang kokoh dan kuat.

Apabila pondasi tidak dibuat sebagaimana mestinya, kemungkinan yang terjadi yaitu bangunan akan mengalami kendala dikemudian hari.

Seperti contoh pembangunan rumah yang dilakukan di tanah bekas persawahan. Yang mana kondisi tanah dipersawahan belum stabil dan membutuhkan perencanaan pondasi rumah yang tepat.

Denah Pondasi Rumah Ukuran 7×9

Terdapat banyak opsi sketsa rumah minimalis dengan jumlah ruangan serta lantai untuk ukuran 7×9. Anda harus berpikir ekstra dalam memaksimalkan keterbatasan lahan yang dimiliki menjadi bangunan rumah yang ideal berdasarkan ukuran tersebut.

Dalam memiliki sebuah rumah, tidak melulu membutuhkan budget yang besar, Anda dapat menganggarkan sesuai kemampuan dengan melihat beberapa referensi denah pondasi berikut ini.

Denah Pondasi Rumah 7×9 dengan Halaman

Meskipun memiliki lahan yang tidak luas, sisakan sedikit ruang untuk membuat halaman rumah, sebab rumah akan jauh lebih menarik dengan adanya halaman. Denah pondasi rumah ukuran 7×9 yang pertama yaitu bisa mengikuti gambar diatas.

Dengan adanya halaman, Anda akan menciptakan rumah dengan gaya natural dan lebih asri. Selain itu, banyaknya tanaman akan menciptakan udara menjadi lebih sejuk ketika pagi hari, sekaligus salah satu bentuk refreshing dikala kegiatan yang padat.

Denah Pondasi Rumah 7×9 dengan Halaman Belakang

denah pondasi rumah ukuran 7x9

Selain menempatkan halaman pada area depan rumah, Anda juga dapat menciptakan area hijau pada bagian belakang rumah. Dengan adanya halaman belakang, Anda dapat menyalurkan hobi berkebun dengan menanam beberapa tanaman hias untuk mempercantik halaman belakang rumah.

Pada denah di atas, denah pondasi rumah ukuran 7×9 dilengkapi dengan 2 kamar tidur. Denah yang satu ini sangat tepat untuk Anda yang telah berkeluarga dan mempunyai seorang anak. Untuk dapur sendiri terpisah agar tidak mengotori area rumah.

Denah Pondasi Rumah 7×9 1 Kamar

Sebelum membangun sebuah rumah, tentu Anda akan menyiapkan berapa anggaran yang dimiliki, kemudian disesuaikan dengan pembuatan. Jika anggaran terbatas, bisa memilih alternative dengan rancangan denah pondasi rumah ukuran 7×9 dengan 1 kamar saja.

Rumah dengan 1 kamar ini cocok untuk Anda yang sedang memerlukan rumah sederhana tanpa bingung mengeluarkan budget yang besar. Agar rumah terlihat luas, hilangkan sekat antara ruang keluarga dan dapur. Untuk kamar tidur bisa Anda buat lapang dengan walking closet untuk menyimpan barang-barang Anda.

Denah Pondasi Rumah 7×9 2 Kamar

Sedangkan untuk Anda yang sudah tidak jomblo atau sudah berkeluarga dan memiliki anak, denah yang satu ini perlu dimasukkan dalam list denah pondasi rumah ukuran 7×9. Denah rumah diatas telah tersedia area teras yang dapat digunakan untuk bersantai dikala waktu luang.

Dalam denah tersebut juga menggambarkan area dapur kotor di bagian belakang rumah, dimana dapur dibuat terpisah dengan area dalam rumah. Hal ini bertujuan agar ketika membersihakn peralatan dapur, Anda tidak perlu takut jika nanti mengotori rumah.

Denah Pondasi Rumah 7×9 3 Kamar denga Mezzanin

Bagi orang awam mungkin kata mezzanine sedikit asing ditelinga. Rumah dengan messine bisa dibilang populer akhir-akhir ini. Apa sih sebenarnya mezzanine itu? Mezzanine adalah sebuah kata dari bahasa Italia yaitu “Mezzo” yang artinya sebagai bagian tengah.

Mezzine bisa diartikan sebagai bagian tambahan dalam rumah yang terletak diantara lantai bawah dan plafon rumah. Jika Anda menambahkan mezzine untuk rumah, hal ini sangat menguntungkan karena lebih menghemat tempat.

Kamar tidur akan dibangun pada lantai mezzanine sedangkan lantai dasar bisa difungsikan untuk menjadi ruang tamu dan ruang keluarga tanpa harus memakan bagian ruangan lainnya.

Baca juga: 10 Gambar Denah Apartemen 3 Kamar yang Bagus

Denah Pondasi Rumah 7×9 1 Lantai

denah pondasi rumah ukuran 7x9

Setelah hidup berkeluarga, memiliki rumah dengan denah pondasi rumah ukuran 7×9 1 lantai merupakan pilihan terbaik. Mengapa demikian? Sebab dengan denah rumah seperti ini, Anda akan lebih menghemat anggaran pembuatan rumah. Tentunya sangat tepat untuk Anda yang memiliki budget terbatas dan ingin membangun sebuah rumah.

Pada denah di atas, pengaturan ruangan menyesuaikan dengan lahan yang ada. Terlihat bahwa rumah memiliki 2 kamar tidur. Kamar tidur tersebut bisa dijadikans sebagai kamar tidur utama dan kamar tidur anak.

Denah Pondasi Rumah 7×9 2 Lantai

Dengan kondisi lahan yang terbatas oleh ukuran, umumnya pemilik rumah akan memaksimalkan lahan dengan membangun rumah dua lantai. Sepertipada denah pondasi rumah ukuran 7×9 yang mana pada desain tersebut dibangun beberapa ruangan di lantai ke dua.

Rumah dengan 2 lantai adalah sebuah rumah yang bisa dibilang ideal, khususnya bagi Anda yang telah berkeluarga dan memiliki anak. Pada lantai bawah, terdapat sebuah kamar tidur asisten rumah tangga dan kamar tidur anak. Sedangkan pada lantai kedua terdapat sebuah kamar tidur dan kamar utama.

Baca juga: Biaya Bangun Rumah Minimalis 3 Kamar & 6 Contoh Denah

Denah Pondasi Rumah 7×9 dengan Carport

denah pondasi rumah ukuran 7x9

Dalam membangun sebuah rumah, terkadang pemilik sedikit melupakan bagian rumah yag satu ini, carport. Carport merupakan bagian penting yang berfungsi untuk memarkirkan kendaraan Anda, baik mobil maupun sepeda motor.

Di atas merupakan denah rumah ukuran 7×9 dengan dilengkapi carport untuk mengamankan kendaraan Anda. dengan menambahkan carport, Anda akan terhindar dari parker di badan jalan dimana sangat mengganggu pengguna jalan lainnya.

Untuk denah pondasi rumah ukuran 7×9 dalam penggunaannya tergantung pada lokasi bangunan. Jika bangunan rumah jauh dari pemukiman disarankan menggunakan pondasi tiang pancang, namun jika bangunan rumah tersebut berada di kawasan padat penduduk, disarankan untuk menggunakan bor pile.

Baca profil Dimulti Pool, Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.

Leave a Comment