Skip to content

4 Cara Merawat Ikan Louhan agar Tampil Cantik Menawan

Cara merawat ikan Louhan dapat dikatakan gampang-gampang susah. Ikan yang banyak memiliki peminat ini memag agak sensitif terhadap lingkungannya.

Namun jika Anda dapat merwatnya dengan baik maka ikan yang satu ini akan memberikan keidahan dan keuntungan dalam bentuk finansial. Bagaimana tidak ikan ini memiliki nilai jual yang sangat tinggi dan banyak diminati depkolektor.

Ikan Louhan awalnya hanya dapat ditemukan di Malaysia dan Thailand. Ikan yang satu ini memiliki keunikan dengan jenong yang dimiliki di bagian depan kepalanya.

Jenong ini jugalah yang menentukan nilai ekonomis dari ikan Louhan. Selain dari itu ikan Louhan juga memiliki warna yang menarik. Warna sisiknya yang berkesan hidup menjadikan ikan Louhan menjadi ikan yang memberi keceriaan.

Cara Merawat Ikan Louhan

Cara Merawat Ikan Louhan, Cara Merawat Ikan Louhan supaya bagus, Cara Merawat Ikan Louhan stress
ikan louhan yang terawat dengan baik, akan tumbuh dengan indah – Cara merawat ikan Louhan – narmadi.com/properti

Untuk mendapatkan ikan Louhan yang sehat dan indah maka ada beberapa cara yang harus kita lakukan dalam perawatannya. Beriut beberapa diantaranya :

1. Aquarium / kolam

Merawat Ikan Oscar, Merawat Ikan Oscar di akuarium, Merawat Ikan Oscar di aquarium, tips merawat ikan oscar, cara memelihara ikan oscar
akuarium yang baik akan menentukan kualitas dan keindahan ikan – narmadi.com/properti

Agar ikan Louhan tumbuh sehat dengan jenong yang besar maka perhatikan kolam tempat habitatnya. Kolam yang paling ideal untuk ikan Lou Han memiliki ukuran panjang kurang lebih 90 cm dan lebar 40 cm. Semakin besar ukuan kolam maka akan semakin baik bagi ikan Louhan.

2. Filter Kolam

Untuk menjaga kebersihan air yang ada di dalam kolam ikan biasanya digunakan sebuah filter yang dapat menyaring segala kotoran dan menguragi zat-zat yag tidak diperlukan.

Selin itu, filter juga sangat penting untuk menjaga kejernihan air kolam ikan Anda. Tanpa filter yang baik, maka air kolam ikan akan lebih cepat keruh.

Untuk kolam ikan Louhan sebaiknya digunakan filter samping karena memiliki kapasitas besar dan lapisan penyaring yang bayak dan mengakibatkan air menjadi bersaih dan jernih.

3. Suhu dan Keasaman

Cara merawat ikan Louhan harus mempertimbangkan suhu keasaman. Agar ikan Louhan dapat berkembang dengan baik, maka perhatikanlah suhu air habitat ikan. Suhu yang cocok untuk ikan Louhan adalah 29-30 0 C, dengan nilai PH 7-8.

Sehingga jika ilklim di rumah Anda sangat dingin, Anda dapat menggunakan pemanas air atau heather dan mengatur suhunya dengan suhu yang sesuai.

4. Penggantian Air

Ikan Louhan terkadang mudah stres, sehingga hindari penggantian air setiap hari. Lakukanlah penggantian air secara berkala dua minggu sekali dengan menyisakan seperempat bagian dari air sebelumnya agar ikan tidak stres.

Itulah beberapa cara merawat ikan Louhan agar sehat dan memiliki jenong yang besar. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang jenis ikan akuarium tawar untuk rumah minimalis di tautan ini, semoga bermanfaat. (ls), Editted 12/01/2022 by diminimalis

Baca profil Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.
nv-author-image

lutfi diminimalis

Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Agustus 2016. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.View Author posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *