Tips dan Cara Pasang Saklar Lampu dengan Benar

Salah satu hal krusial yang mestinya Anda bisa soal instalasi kelistrikan rumah tangga adalah memasang lampu dan saklarnya. Anda setidaknya harus tahu bagaimana cara pasang saklar lampu dengan benar.

Kalau Anda bisa melakukannya sendiri kan lumayan Anda jadi tidak perlu bayar tukang. Plus juga, Anda jadi mahir soal kelistrikan sederhana nantinya.

Berikut ini akan dibahas panduan lengkap cara pasang saklar lampu di sekitar rumah Anda. Baik saklar model tunggal, ganda maupun saklar gantung.

Namun sebelum secara spesifik membahas DIY cara pasang saklar lampu dengan aman dan mudah, kita bahas dulu apa itu saklar dan fungsinya itu untuk apa.

Pengertian Saklar dan Fungsinya

Saklar merupakan alat pemutus dan penghubung arus listrik dari sumber utama/main line ke titik beban [lampu] dalam suatu rangkaian tertutup.

Saklar/switch ini merupakan salah satu komponen penting dalam instalasi listrik rumah tangga karena mampu membantu menghemat penggunaan daya dan biaya tagihan PLN bulanan.

Cara kerja saklar sendiri adalah dengan hanya menghubungkan dan atau memutuskan arus yang mengalir ke kabel positif. Kinerja inilah yang menyebabkan lampu mati atau nyala dengan sekedipan mata.

Oke itu dia pengantar singkat tentang saklar dan fungsinya ya.

Lalu bagaimana cara pasang saklar lampu yang aman? Apakah sama cara pasang lampu saklar model satu tombol (tunggal), ganda, dan model gantung.

Berikut pembahasannya.

Cara Pasang Saklar Lampu: Tunggal, Ganda, dan Model Gantung

Sebelumnya harus dimengerti dulu bahwa ada beberapa macam model saklar yang sering digunakan dalam instalasi listrik rumah tangga. Yakni saklar dinding model tunggal, ganda (2 dan 3) serta saklar gantung.

Mari kita bahas satu-satu bagaimana cara pasangnya untuk ketiga model tersebut.

Sebelum memulainya, pastikan dulu tidak ada aliran listrik yang mengalir. Cara amannya, matikan switch pada sumber listrik utama yang ada pada kWh meter.

Sebelum memegang kabel/stop kontak yang sebelumnya teraliri listrik, periksa terlebih dahulu aliran listriknya, apakah sudah telah mati atau belum menggunakan test pen.

Hati-hati dengn deteksi listrik pada test pen. Sebab kadang tidak bisa jadi pathokan.

Apabila pada gagang testpen masih menyala sementara MCB-nya sudah dipastikan mati, maka itu artinya ada kemungkinan terjadi kebocoran listrik.

Jika demikian, jangan buru-buru memasang skalar atau menyentuh arus terbuka. Tunggu dulu hingga lampu indikator test pen tidak menyala yang artinya tidak ada aliran listrik mengalir, baru lanjut pasang-pasang saklar lagi.

Oke lanjut, anggap saja tidak ada kebocoran ya. Artinya aman.

Cara Memasang Saklar Lampu Tunggal

cara pasang saklar lampu
Sumber: pintarelektro.com

Perlu Anda tahu bahwa dinamakan saklar tunggal karena saklar ini hanya terdiri dari satu tuas saja.

Cara Pasang Saklar Lampu Tunggal yang Baru

1. Bila modelnya adalah yang ditanam pada dinding, maka Anda perlu membuat lubang pada dinding terlebih dahulu sebagai tempat pemasangan saklar.

2. Selanjutnya, buatlah jalur memanjang veritakal untuk pipa kabelpada dinding dari plafon menuju lubang saklar yang telah anda buat sebelumnya.

3. Pasang kabel phase dari sumber listrik menuju saklar dan pasang juga kabel phase keluaran tersebut dari saklar ke fiting lampu

4. Pasang kedua ujung kabel tersebut pada uliran baut terminal kabel yang ada pada saklar, dan ikat dengan kencang pada baut pengikat, lalu kencangkan dengan obeng.

5. Pastikan kabel netral telah terpasang dari sumber listrik menuju fiting lampu.

6. Pasang saklar tepat pada lubang dinding dengan rapi. Saklar siap digunakan.

Cara Pasang Saklar Lampu Tunggal Karena Mengganti

Ada kalanya, saklar di rumah rusak sehingga Anda perlu membeli yang baru dan memasangnya dengan baik. Berikut ini cara pasang saklar lampu tunggal jika hendak mengganti yng lama atau bukan pasang saklar baru.

1. Bongkar terlebih dahulu saklar lampu yang telah rusak sebelumnya dengan bantuan obeng plus. Cabut kabel yang sebelumnya terpasang di baut saklar lampu tersebut. Hati-hati agar serabut kabel tidak patah sehingga tidak perlu memotong baru lagi.

2. Siapkan saklar lampu yang baru, pasangkan kabel yang sudah dicabut dari saklar yang rusak tadi. Pemasangan yang baik yaitu ujung-ujung kabel masuk pada terminal kabel dengan kencang.

3. Pasang kembali bodi saklar yang baru dengan baik dan kokoh di tempat yang sama dengan saklar sebelumnya.

4. Pastikan saklar bekerja dengan baik, bisa dicek dengan cara memencet On & Off beberapa kali hingga dipastikan nyala.

Cara Pasang Saklar Lampu Model Ganda

Saklar Ganda biasanya digunakan untuk instalasi dua lampu atau lebih yang berada dalam ruangan  besar atau bersebelahan. Misalnya natara lampu ruang tamu dan teras dijadikan satu saklar.

Untuk melakukan insatalasi saklar lampu ganda, Anda perlu paham kaidahnya dulu, yaitu:

Kabel Phase dari sumber listrik dihubungkan ke salah satu ujung saklar kemudian dijumper ke ujung saklar sebelahnya.

Kabel netralnya sendiri disambungkan langsung dari sumber listrik menuju fitting lampu. Pemasangan dari saklar ganda sama dengan saklar tunggal, bedanya terdapat penambahan satu kabel output (keluaran) menuju satu lampu lagi.

Tambahan lagi, pemasangan saklar lampu model ganda membutuhkan tiga buah kabel yaitu satu kabel Phase dari sumber listrik yang dihubungkan ke dalam saklar dan dari saklar akan keluar dua kabel phase yang disambung ke fitting lampu satu dan lampu dua.

Cara Pasang Saklar Gantung

cara pasang saklar lampu
Sumber: pintarelektro.com

Saklar gantung merupakan jenis saklar tunggal yang memiliki ukuran lebih kecil. Biasanya sering dipakai untuk saklar lampu hias rumah minimalis di suatu ruangan.

Fungsi dan cara kerja saklar model ini sama dengan saklar biasa, yakni memutus dan menghubungkan salah satu rangkaian jalur kabel.

Karena kontruksimnya lebih sederhana, cara pemasangan saklar gantung ini juga terbilang lebih mudah. Sebelum memasang saklar gantung, persiapkan semua peralatan dan bahannya terlebih dahulu.

Pastikan dulu semuanya aman dan tidak ada arus listrik yang mengalir dengan cara mematikan MCB atau kWh meter.

Berikut ini adalah cara pasang saklar lampu model menggantung yang bia Anda tiru untuk dilakukan sendiri di rumah:

1. Hubungkan kabel netral (Arus Listrik Negatif) dari sumber listrik ke fiting lampu.

2. Buat kabel Phase (Arus Listrik Positif) dan potonglah sesuai dengan panjang yang diinginkan. Satu kabel phase terhubung dari sumber listrik menuju saklar, satu kabel lagi dari saklar menyambung pada fiting lampu.

3. Pasang Lampu pada fiting dan cobalah untuk mengeceknya..

Baca juga: 5 Variasi Lampu Meja Belajar Sesuai Kebutuhan dan Kondisi Keuangan

Tips Pasang Saklar Lampu yang Aman

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai salah satu faktor keselamatan saat memasang saklar lampu.

Dalam pemasangan saklar lampu, karena sangat berhubungan erat dengan arus listrik, maka keselamatan adalah nomor satu.

Hal ini agar tidak membahayakan diri sendiri maupun penghuni rumah yang lain saat atau setelah saklar dipasang.

Sebaiknya saat pemasangan selalu gunakan alas kaki dan pastikan bahwa kondisi tangan selalu dalam keadaan kering agar tidak memicu sengatan arus listrik.

Setiap ada hal mencurigakan terkait saluran listrik, pastikan tidak ada tegangan yang mengalir sebelum dicek dengan test pen.

Cara pasang saklar lampu memang terlihat remeh, namun jika tidak waspada bisa berujung bahaya lho, jadi harus benar-benar dipastikan semuanya aman.

rofik n

Being Content Writer Since 2017. Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Februari 2018. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.