Konsep Desain Rumah Memanjang ke Samping, Apakah Cocok untuk Hunian Minimalis?

Tahukah Anda kalau konsep desain rumah memanjang ke samping jadi salah satu tren hunian yang populer? Tidak sedikit desain rumah memanjang ke samping ini justru kelihatan estetis saat diterapkan pada hunian minimalis.

Namun benarkah demikian?

Penggunaan model atap yang memanjang ke arah samping memang membuat tampilan eksteriornya jadi terlihat lebih luas dan megah.

Tidak heran jika kemudian desain rumah seperti ini banyak diadopsi untuk berbagai tujuan hunian. Ada yang dibangun di atas semua karakter lahan, seperti yang areanya terbatas dengan kontur permukaan yang tidak beraturan.

Sayangnya tidak semuanya bisa mengkombinasikan antar bagiannya sehinga kadang di dapat hasil desain yang tampilannya seperti asal jadi saja.

Keuntungan menerapkan konsep model ini diantaranya adalah keleluasaan saat penataannya, estetika ruangan yang berbeda dari hunian minimalis biasanya, dan tentu saja punya nilai jual yang berbeda.

Nah, seperti apa saja sih model desain memanjang yang dimaksud dan bagaimana konsep penataannya, kita akan bahas bersama di artikel kali ini.

Konsep-konsep Terbaik Desain Rumah Memanjang ke Samping

Meskipun masih kalangan terbatas yang mengadopsi model ini, namun sudah cukup banyak referensi konsep yang bisa ditiru, diantaranya:

Desain Rumah Memanjang Modern dengan Batu Bata Ekspos

desain rumah memanjang ke samping
patricklopez

Di atas merupakan salah satu contoh desain rumah gaya memanjang ke samping tipe modern. Bagaimana, terlihat estetis bukan?

Dari gambar tersebut terlihat simpel bukan jika atapnya dibuat memanjang?

Sebagai ide tambahan, Anda bisa memadupadankannya dengan penggunaan paving block dengan warna senada. Tampilan desain bergaya modern dari elemen utama rumah dan batu bata akan menghasilkan perpaduan warna yang artistik.

Desain rumah memanjang ke samping gaya modern memang lebih banyak memainkan bagian eksterior. Wajar jika ada yang didesain seunik mungkin, adapula yang memang sengaja dibuat simpel. So, mau coba?

Desain Rumah Memanjang ke Samping Bergaya Industrial Klasik

Hunian bergaya industrial klasik pasti akan sangat cocok dengan siapapun. Mungkin termasuk Anda.

Gaya desain rumah industrial klasik selalu menonjolkan sisi usia bangunan yang tua namun tetap kokoh dari sisi konstruksi. Selebihnya, Anda bisa menambahan beberapa elemen yang bisa dipakai untuk menegaskan sisi klasik bangunan tersebut.

Desain Rumah Memanjang ke Samping yang Mewah

Siapa bilang kalau rumah memanjang hanya pas untuk rumah klasik bak hunian tak cukup lahan?

Karena ternyata rumah mewah pun juga bisa menerapkan gaya desain rumah memanjang ke samping lho.

Keuntungannya mnerapkan desaiin ini justru akan mampu membangun suasana yang pas dengan memanfaatkan lahan yang luas.

Hunian memanjang milik Anda nantinya bisa disejajarkan dengan kolam renang pribadi kalau mau.  Lengkaplah sudah tampilan rumah mewah modern yang memanjang milik Anda, bukan?

Desain Rumah Memanjang ke Samping Seperti Istana

Pernah liat film-film kerajaan? Tentu pernah dong lihat istana kerajaan dengan atap memanjang, itu salah satu konsep rumah dengan gaya memanjang ke samping.

Kalau Anda suka, gaya ini jelas cocok untuk jadi bagian dari rumah Anda karena akan menagaskan bahwa Anda menyukai desain yang bagus.

Di bagian luarnya, Anda bisa hiasi dengan lampu khusus di beberapa sudut rumah. Sehingga saat malam hari, rumah Anda akan bersinar layaknya sebuah istana yang megah.

Desain Rumah Memanjang ke Samping Serba Putih

Ide penerapan hunian memanjang juga cocok dengan tampilan warna yang serba putih. Anda bisa membuatnya menarik secara visual dengan tambahan-tambahan tertentu.

Desain Rumah Memanjang Sederhana

Tipe desain rumah klasik memanjang sederhana sudah banyak yang mengadopsinya.

Teras rumah memanjang terasa lebih luas dan lebar untuk tempat bersantai bersama keluarga. Sebagai tambahannya, tmpatkan beberapa ventilasi yang cukup besar agar udara di dalam rumah  mengalir dan membuat hunian terasa sejuk.

Rumah Memanjang Bak Villa Modern

Hunian bergaya villa modern kini sudah mulai banyak diterapkan sebagai ide awal desain rumah memanjang.

Rumah memanjang bak konsep villa mampu mengedepankan kenyamanan penghuni rumah sehingga banyak yang tertarik.

Anda akan dibawa pada suasana liburan yang menyenangkan padahal tengah di rumah sendiri.

Rumah Memanjang Futuristik Modern

desain rumah memanjang ke samping
kromstudio

Desain selanjutnya berkonsep tampilan futuristik modern. Desain rumah memanjang ke samping dengan eksterior yang futuristik jelas membuatnya menarik perhatian.

Anda akan menemukan beberapa visualisasi tampilan yang tidak biasa namun cukup membuat rumah sedap dipandang. Cocok sekali diterapkan pada hunian para millenials kekinian.

Desain Rumah Memanjang ke Samping Gaya Kontemporer

Kesan unik dan menarik bisa dilihat juga pada desain rumah memanjang bergaya kontemporer. Anda akan menemukan perpaduan menarik eksterior modern yang dikemas simetris.

Sebagai pemanis, gunakan warna-warna lembut yang dipadukan dengan material kayu agar tampilannya semakin mencolok.

Rumah memanjang Gaya Minimalis Modern

Salah satu keunggulan desain hunian yang dibuat memanjang ke samping adalah penambahan ventilasi dalam jumlah banyak.

Anda akan menemukan tipe jendela lebar dengan penggunaan pintu yang fleksibel. Rumah minimalis modern yang memanjang akan mengesankan sebuah hunian yang tidak hanya bagus secara visual, namun juga artistik.

Rumah Memanjang Bergaya Country Modern

Desain rumah bergaya country yang ada saat ini juga cukup banyak yang mengadopsi model memanjang.

Tipe rumah seperti ini mengedepankan tampilan yang asri dengan halaman yang didesain cukup luas. Rumah gaya country ini cocok ditempatkan di area-area pegunungan ataupun pantai yang memang cocok untuk konsep terbuka.

Anda bisa membuatnya dengan material kontainer agar tampilannya semakin modern.

Rumah memanjang dengan Memanfaatkan Material Batu Alam

Untuk Anda yang suka dengan suasana hunian yang asri dan nyaman, Anda bisa menambahkan material batu alam pada desain rumah memanjang Anda.

Penempatan elemen batu alam pada eksterior rumah sengaja untuk menunjukkan tekstur yang sangat terlihat. Rumah model ini juga cocok sekali jika ditambahkan kolam ikan pada bagian depannya agar suasana keasrian bertema alam semakin terasa.

Desain Rumah Elegan Berpenampilan Modern

Tipe desain rumah memanjang yang elegan selanjutnya ialah masih mengadaptasi tampilan eksterior tanpa atap rumah.

Ciri khasnya ialah berbentuk datar tanpa adanya lekukan pada bagian atapnya. Anda bisa menggunakan perpaduan material kayu dan besi pada hunian maupun percampuran warna modern.

Seperti misalnya saja putih, krem atau lainnya menjadi warna favorit pada rumah bergaya elegan.

Baca juga: Gaya Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Terbaru Ini Wajib Anda Ketahui

Rumah Memanjang Model Panggung Modern

Desain rumah memanjang ke samping modern juga bisa mengadaptasi dari desain rumah tradisional.

Salah satu contohnya adalah penerapan rumah dengan desain panggung. Bagian bawah bisa Anda tempatkan area garasi mobil, sementara lantai atas tetap untuk rumah.

Desain Rumah Memanjang ke Samping dari Material Kayu

Untuk rumah dari material kayu sendiri, Anda bisa mengusungnya untuk memoles tampilan eksterior hunian.

Hasilnya, pasti akan mengagumkan. Tidak perlu khawatir jika terlihat kuno, karena tampilan desainnya tetap mengusung gaya modern. Dengan begitu, desain rumah kayu minimalis memanjang Anda justru akan terlihat artistik.

Jadi, tertarikah mengadopsi salah satu model desain rumah memanjang ke samping yang dibahas di atas?

rofik n

Being Content Writer Since 2017. Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Februari 2018. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.