5 Iinsight Menata Dapur dan Ruang Makan Jadi Satu

Desain dapur dan ruang makan jadi satu menawarkan beberapa keuntungan bagi pemilik rumah. Seperti memaksimalkan fungsionalitas ruangan dan juga estetikanya.

Konsep ruangan open space, di mana tidak ada tembok pembatas di antara dapur dan ruang makan ini juga dapat meningkatkan kualitas kebersamaan. Terutama dalam hal pengalaman makan bersama.

Menggabungkan area masak dan ruang makan pun dapat menghemat penggunaan listrik sebab jumlah lampu dapat dikurangi.

Ruang yang lebih luas juga menjadikannya lebih nyaman digunakan untuk berbagai rutinitas.

Contohnya untuk bekerja bagi karyawan remote ataupun WFH (work from home) hingga berkumpul saat mengadakan acara besar.

Tips Menata Desain Dapur dan Ruang Makan Jadi Satu

Meskipun banyak keuntungannya, menjadikan satu area antara dapur dan ruang makan bisa jadi bumerang jika penataan tidak dilakukan dengan benar.

Oleh karena itu, di bawah ini akan dibahas beberapa tips yang penting diterapkan dalam mendesain dapur dan ruang makan jadi satu:

Pahami Konsep Dapur Menyatu dengan Ruangan Lain

Dalam merancang desain dapur, penting untuk memahami konsep yang dapat menyatukan area tersebut dengan ruangan lainnya.

Konsep ini bertujuan untuk menciptakan kesinambungan dan keterhubungan antara dapur dengan ruang lain yang dimaksud. Dalam hal ini, ruang makan.

Adapun cara untuk mendapatkan konsep tertata ini bisa dengan menggunakan elemen desain yang seragam di seluruh ruangan.

Misalnya, penggunaan warna dan tekstur yang sama pada lantai atau dinding dapat memberikan kesan visual yang harmonis.

Selain itu, pemilihan furnitur juga penting untuk menciptakan kesatuan antara dapur dan ruangan lainnya.

Pilih Material dan Warna yang Pas untuk Dapur dan Ruang Makan

Untuk menciptakan harmonisasi antara dapur dan ruang makan, hati-hati dalam pemilihan material juga penting dilakukan.

Hal ini dikarenakan kesan akhir dalam area yang menyatu tersebut juga ditentukan oleh material dan warna.

Untuk diketahui, menciptakan harmoni dalam dapur yang menyatu dengan ruang makan tak berarti harus sama tiap halnya. Seperti menggunakan warna cat sama di tiap sisi tembok ataupun menempatkan dekorasi serupa.

Yang terpenting adalah keserasian dan keseimbangan antara arsitektur dan furnitur di dalamnya.

Contohnya, ketika Anda memilih gaya modern untuk ruangan tersebut maka hadirkan warna-warna dengan kesan kekinian.

Selain itu, lengkapi juga area memasak dengan set alat masak model trendy ataupun berteknologi canggih.

Optimalkan Pencahayaan untuk Meningkatkan Keselarasan dalam Dapur dan Ruang Makan

Faktor lain yang memegang peranan penting dalam menghadirkan kesan harmoni pada desain dapur dan ruang makan jadi satu adalah pencahayaan.

Sebaiknya hadirkan jendela besar ataupun pintu yang menghadap ke belakang rumah di antara dapur dan ruang makan.

Jika tersedia lahan luas di samping, lebih baik jika dapur dan ruang makan ditempatkan di area terbuka. Selain mengoptimalkan pencahayaan alami, optimalkan juga penerangan dari lampu.

Perhatikan juga keselarasan antara jenis dan model lampu serta luas ruangannya. Tak lupa gaya ruangan pun cukup menentukan kesan akhir dari hasil penataan sehingga penting dilakukan.

Adapun yang dimaksud pencahayaan optimal tidak selalu berkaitan banyaknya cahaya yang bisa dihasilkan lampu.

Sederhananya, lampu yang berukuran besar dan pencahayaan banyak tidak berarti selalu cocok dengan ruangan besar.

Begitu pula sebaliknya. Anda bisa memilih lampu yang tepat untuk ruang makan ataupun dapur dengan mempertimbangkan konsep utama.

Efisienkan Tata Letak untuk Meningkatkan Fungsionalitas Dapur dan Ruang Makan

Pada dasarnya, menciptakan desain dapur dan ruang makan jadi satu sudah mampu memaksimalkan fungsi ruangan.

Namun, jauh lebih maksimal lagi jika berbagai furnitur di dalamnya ditata dengan memperhatikan efektivitas fungsi dan estetikanya.

Contohnya, alih-alih menyimpan tempat sendok di area memasak, sebaiknya taruh di meja makan. Sementara itu, microwave dan kulkas jauh lebih baik ditempatkan dekat zona memasak.

Langkah ini dilakukan untuk memastikan tiap barang dapat berinteraksi secara harmoni di zona kerjanya masing-masing.

Tambahkan Sentuhan Estetik dengan Dekorasi Ruangan

Dalam menyatukan dapur dan ruang makan, perhatikan juga estetikanya. Anda bisa menciptakan nuansa nyaman dan kesan indah di satu ruangan tersebut dengan cat dekoratif.

Salah satu contoh dekorasi yang pas untuk desain dapur dan ruang makan jadi satu adalah cat tembok two tone.

Misalnya, warna putih dan abu untuk kesan monokrom atau warna pastel dan kontras untuk kesan modern.

Memilih elemen dekoratif juga penting untuk memaksimalkan kesan estetik. Gunakan aksen warna yang senada dengan gaya ruangan untuk menghadirkan nuansa lebih nyaman.

Baca juga: Posisi Dapur dan Kamar Mandi Yang Baik dan Rapi Seperti Apa Sih?

Inspirasi Ide Konsep Dapur dan Ruang Makan Jadi Satu

desain dapur dan ruang makan jadi satu
desain dapur dan ruang makan jadi satu

Sebagai inspirasi, terdapat sejumlah konsep desain dapur dan ruang makan jadi satu di bawah ini. Jadi, simak hingga tuntas, ya:

1. Ruang Makan dengan Bangku dan Meja Kayu

Ruang makan dengan bangku dan meja kayu umumnya terdapat di kafe ataupun restoran yang luas. Kendati begitu, hunian dengan ukuran terbatas juga cocok dilengkapi konsep dapur open space ini.

Bangku berbentuk siku L yang umumnya menyatu dengan meja dapat menjadikan ruangan terasa lebih lega. Satu bangku tersebut juga bisa digunakan untuk beberapa orang sekaligus.

Selain untuk area makan, bangku dan meja makan bisa dimanfaatkan sebagai area kerja. Kuncinya hanya perlu memastikan meja tidak dijadikan tempat menaruh berbagai makanan ataupun barang.

Jika Anda membuat meja makan dengan sistem request, tak ada salahnya menjadikan furnitur ini sebagai meja lemari ataupun meja laci.

2. Dapur Country Warna-warni

Desain dapur dan ruang makan jadi satu juga pas dihadirkan dengan gaya country. Terlebih jika ruangan memiliki luas sangat terbatas.

Adapun cara menghadirkannya bisa dengan menyelaraskan aksen warna di material dan dekorasi. Gunakan warna-warna yang playful dan atraktif agar ruangan terkesan lebih terang.

3. Ruang Makan Japan Style Kaca Besar

Dapur yang menyatu dengan ruang makan akan terlihat menarik dalam nuansa Japan style. Seperti dilengkapi set meja makan minimalis modern, cat tembok pastel cerah, dan barang-barang fungsional lainnya.

Selain itu, memberikan kaca besar di dekat area makan sangat bermanfaat untuk memaksimalkan pencahayaan. Jika menghadap ke taman akan jadi nilai plus sebab Anda bisa mendapatkan pemandangan sejuk setiap kali duduk di zona tersebut.

4. Meja Makan Sekat Dapur

Inspirasi desain dapur dan ruang makan jadi satu selanjutnya dapat dibuat dengan menghadirkan meja makan bar. Furniture tersebut bisa digunakan sebagai area makan sekaligus sekat antara dapur dan ruang makan.

Kehadiran meja tersebut juga dapat membantu meningkatkan kesan estetik. Ini dikarenakan meja bar yang terkonsep ke gaya industrial sehingga pas dikombinasikan dengan konsep apa pun.

5. Dapur dan Ruang Makan Lesehan Gaya Bohemian

Gaya Bohemian identik dengan warna-warna mencolok. Oleh karena itu, konsep ini sangat bagus dijadikan pilihan untuk hunian orang-orang dengan sifat periang.

Supaya unsur estetik lebih terasa, area makan bisa dihadirkan sewaktu-waktu saja. Dalam arti lebih jelas, area makan bisa dibuat lesehan. Anda bisa menggunakan matras geometri warna mencolok dan meja makan pendek untuk ditempatkan di atasnya.

Itulah beberapa inspirasi desain desain dapur dan ruang makan jadi satu. Jika Anda ingin berkreasi sendiri dan menghadirkan gaya berbeda dari rekomendasi tadi, tetap pastikan menerapkan tipsnya agar ruangan nyaman ditempati.

Editted by UN

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

Tinggalkan komentar