Ketahui Estimasi Biaya Bangun Rumah 2 Lantai 5×7

Harga tanah yang semakin tinggi dari tahun ke tahun membuat sebagian orang memilih konsep 2 lantai. Mengetahui biaya bangun rumah 2 lantai 5×7 sepertinya bisa menjadi pilihan menarik.

Sebenarnya, dengan lahan yang terbatas masih tetap bisa disiasati dengan membangun rumah model minimalis ukuran 5×7. Lantas, berapa perkiraan biaya bangun rumah 2 lantai 5×7 ini? Simak estimasi selengkapnya berikut ini.

Tentang Rumah 2 Lantai 5×7 dan Faktor yang Mempengaruhi Biaya Pembangunannya

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa biaya membangun rumah saat ini sangat tinggi. Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin membangun rumah harus mempersiapkan dana yang memadai terlebih dahulu supaya pembangunan bisa berjalan lancar.

Rumah dengan ukuran 5×7 memang menjadi solusi tepat untuk Anda yang memiliki lahan terbatas. Meski memang tidak luas, namun hal ini tetap bisa disiasati dengan memilih interior yang tepat agar hunian nantinya tetap menarik dan nyaman saat ditinggali.

Dilihat dari luasnya, rumah dengan ukuran 5×7 ini memiliki luas sekitar 35 m2. Artinya, rumah tersebut setidaknya bisa berdiri di lahan dengan luas 60 atau 72 m2.

Sementara itu, untuk desain rumahnya sangat cocok dengan model minimalis yang terkesan lebih modern serta simpel. Biaya bangun rumah 2 lantai 5×7 dengan satu lantai pastinya lebih kecil dibanding desain rumah dengan dua lantai.

Umumnya, untuk denah satu lantai terdiri dari dua kamar tidur, kamar mandi, dapur dan halaman belakang. Sedangkan untuk desain rumah dua lantai terdiri dari beberapa ruang.

Lantai satu terdiri dari kamar tidur, kamar mandi, dapur, tempat makan, ruang tamu, tempat laundry, halaman belakang dan garasi. Sementara lantai dua biasanya terdiri dari kamar tidur utama, kamar anak, kamar mandi dan ruang keluarga.

Biaya bangun rumah 2 lantai 5×7 ini juga terbilang relatif. Bisa membutuhkan dana besar atau bisa juga ditekan supaya bisa lebih hemat. Hal ini tentu saja dipengaruhi oleh beberapa hal seperti:

  • Bahan bangunan
  • Desain rumah
  • Lokasi
  • Peralatan
  • Tenaga kerja

Mengetahui Estimasi Biaya Bangun Rumah 2 Lantai 5×7

Jika rencana pembangunan rumah ini belum memiliki lahan, maka sebaiknya biaya untuk pembelian lahan juga harus dipikirkan secara matang.

Sebab ini juga akan berpengaruh terhadap jumlah total biaya bangun rumah 2 lantai 5×7. Agar lebih jelas berikut adalah gambaran rincian biaya bangun rumah 2 lantai 5×7 yang perlu dipersiapkan:

1. Biaya Membeli Lahan

Untuk rencana pembangunan rumah yang belum memiliki lahan, maka harus menyiapkan anggaran untuk membeli lahan terlebih dahulu. Sebagai gambaran umum, membangun rumah ukuran 5×7 atau area dengan luas total 35 m2.

Maka idealnya membutuhkan lahan dengan luas sekitar 50 m2 supaya memiliki lahan yang tersisa. Jika harga tanah adalah 2jt per m2, maka total biaya lahan berkisar 100 jt.

2. Biaya Bangun Rumah Untuk Per M2

Biaya yang juga harus diperhitungkan selanjutnya adalah biaya untuk pembangunan per m2. Di sini, sistem yang disarankan ialah sistem borongan karena dinilai lebih hemat dibanding sistem kerja harian.

Pada sistem borongan, Anda selaku pemilik rumah tidak perlu memikirkan pembelian material. Pasalnya, pembelian material dan upah pekerja sudah diatasi oleh pemborong sehingga Anda cukup terima beres saja.

Sebagai gambarannya, untuk daerah JABODETABEK, harga borongan per m2 sekitar Rp 3.650.000, sehingga total biaya total yang dibutuhkan adalah sekitar Rp 126.000.000

3. Biaya Memakai Jasa Arsitek

Jika Anda memakai jasa arsitek, maka biaya bangun rumah 2 lantai 5×7 ini juga bisa berpengaruh. Arsitek sendiri memiliki peran yang sangat penting untuk membangun rumah.

Tidak heran jika biaya jasa arsitek ini juga tidak sedikit, yaitu sekitar Rp 150.000 per m2. Berikut adalah rincian biaya jasa arsitek untuk pembangunan rumah yang berukuran 5×7 adalah sebagai berikut. (Biaya arsitek) Rp 150.000 x (luas) 35 m2 = Rp 5.250.000.

4. Biaya Tambahan

Dalam membangun apapun, biaya tambahan sudah sepatutnya dipersiapkan untuk antisipasi biaya yang tak terduga. Biaya ini bisa menutupi biaya kebutuhan yang sebelumnya tidak ada di dalam rencana.

Persiapkan setidaknya biaya tambahan sebesar 10% dari total biaya dari pembangunan yang dibutuhkan. Sebagai gambaran sederhana, berikut adalah perkiraan biaya dari proses pengerjaan bangun rumah dua lantai 5×7 yang perlu diketahui.

Tips Membangun Rumah 2 Lantai 5×7

Setelah mengetahui kisaran biaya bangun rumah 2 lantai 5×7 yang perlu dipersiapkan, Anda juga wajib mengetahui beberapa tips berikut ini agar pembangunan rumah bisa berjalan semakin lancar:

  • Menerapkan Desain Minimalis

Mempertimbangkan rumah dengan ukuran 5×7, maka desain minimalis sangat disarankan untuk diterapkan.

Ada banyak referensi desain minimalis yang bisa Anda dapatkan di internet, maka pastikan desain yang dipilih sesuai dengan keinginan dan dana yang ada. Jangan sampai Anda terlalu bersikeras memilih desain yang diinginkan yang justru akan menambah biaya.

  • Mematangkan Rencana Pembangunan

Sebelum mulai membangun rumah, sudah pasti harus memiliki rencana pembangunan yang matang terlebih dahulu. Hal ini bisa dilihat dari segi biaya, pemilihan material, ketersediaan lahan dan sistem kerja yang dipakai.

Baca juga: Kalkulasi Biaya Bangun Rumah Type 36 2 Lantai +5 Contoh Desain

Cara Menata Rumah Minimalis 2 Lantai

Setelah membahas biaya bangun rumah 2 lantai 5×7 selanjutya kita bahas tips mengatur penataannya.

Menata rumah minimalis dua lantai 5×7 terbilang gampang-gampang susah. Agar hunian Anda nantinya bisa memberi kenyamanan bagi penghuninya, berikut ada beberapa cara menata rumah minimalis dua lantai yang bisa Anda terapkan:

  • Membuat Ruang Terbuka

Membuat area terbuka tidak harus besar, Anda bisa membuat area ini di belakang rumah. Dengan adanya ruang terbuka, Anda bisa menghemat listrik di siang hari karena adanya sinar matahari yang masuk.

Agar tampak asri, Anda bisa menggunakan rumput artifisial supaya ruang terbuka jadi terasa sejuk dan asri.

  • Memilih Dekorasi Warna Cerah

Ciri khas rumah modern minimalis adalah penerapan warna monokrom. Tapi jika ruangan hanya memiliki satu warna pasti sangat membosankan, oleh sebab itu tambahkan dekorasi dengan warna cerah agar menghidupkan suasana di ruangan.

  • Membuat Balkon Minimalis

Jika Anda memasang balkon, agar terlihat asri bisa ditambahkan dengan tanaman hias serta bebatuan. Jika masih memiliki tempat, Anda bisa meletakkan satu atau dua kursi santai di balkon. Jadi Anda bisa bersantai sambil membaca buku di sana.

  • Perbanyak Jendela

Untuk rumah dua lantai, ada baiknya Anda memperbanyak jendela. Hal ini bisa membuat rumah Anda jadi terlihat luas dan terang. Selain itu, keberadaan jendela ini membuat sirkulasi udara di rumah Anda jadi lancar.

Sebelum memulai proyek membangun rumah, pastikan Anda sudah membuat rencana matang dan dana yang mencukupi. Pastikan juga, material yang digunakan berkualitas agar terhindar dari risiko yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Untuk biaya bangun rumah 2 lantai 5×7 pastinya berbeda-beda karena dipengaruhi oleh banyak hal. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda mempertimbangkan setiap faktor agar bisa menyusun anggaran yang tepat dan efektif.

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *