10 Dekorasi Ruang Tamu Sederhana tapi Menarik

Dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik menjadi hal yang seru untuk diulik lebih dalam. Anda bisa mengatakan bahwa ruang tamu merupakan salah satu bagian terpenting di rumah.

Ini tempat di mana keluarga berkumpul di malam hari, bersantai, dan di mana tamu pertama kali melihat sekeliling saat memasuki rumah Anda. Wajar jika ruangan ini terlihat dan terasa sebaik mungkin.

Meskipun merancang ruang tamu selalu menyenangkan, hal itu juga bisa menjadi pengeluaran yang serius jika Anda tidak mengatur dan memaksimalkan apa yang sudah Anda miliki.

Jika ruang tamu Anda terasa membosankan atau butuh sentuhan segar, namun tidak memerlukan perancangan ulang total, ada banyak cara sederhana untuk mengubahnya tanpa menghabiskan terlalu banyak waktu atau uang.

Seperti memindahkan beberapa furnitur atau menambahkan karpet. Mari kita simak ide-ide dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik di bawah ini.

5 Ide Dekorasi Ruang Tamu Sederhana Tapi Menarik

Dekorasi Ruang Tamu Sederhana Tapi Menarik
Dekorasi Ruang Tamu Sederhana Tapi Menarik

Ide-ide dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik di bawah ini bisa menjadi rekomendasi menarik yang bisa Anda pilih untuk ruang tamu Anda:

1. Gunakan Pendekatan yang Minimalis

Untuk membuat dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik yang tidak banyak biaya, Anda bisa menambahkan barang-barang minimalis. Cari barang-barang yang sudah ada di rumah dan pertimbangkan untuk mengadopsi pendekatan minimalis.

Setelah merapikan dan membersihkan ruangan dari barang-barang yang tidak diperlukan, kurangi atau bahkan hilangkan tanaman, karya seni, lampu, dan dekorasi lainnya.

Perkenalkan kembali item-item tersebut secara perlahan-lahan hingga Anda menemukan yang sesuai, seringkali menerapkan prinsip less-is-more dapat membuat ruangan terasa lebih terbuka dan segar.

2. Tambahkan Tanaman Hias yang Hijau

Kehadiran sedikit tanaman hijau selalu dapat memberikan nuansa yang lebih hidup di dalam ruangan. Entah Anda hanya punya ruang kecil atau Anda bersedia meluangkan waktu dan usaha untuk tanaman yang lebih besar.

Seperti daun ara, menambahkan satu atau dua tanaman bisa menjadi sentuhan akhir yang menyegarkan untuk ruang tamu Anda. Mengikuti prinsip desain feng shui juga bisa bermanfaat, dengan memilih dan menata tanaman yang dapat mendukung keseimbangan dan keberuntungan.

3. Tambahkan Bantal Lantai

Beberapa bantal lantai dapat memberikan sentuhan santai dan lapisan tambahan yang menyenangkan di ruangan.

Jika Anda hendak mendekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik dengan sedikit lebih banyak variasi tekstur, pertimbangkan untuk menambahkan bantal lantai berdesain Karaman atau pilih ottoman atau pouf dengan berbagai motif.

Toko dekorasi vintage seringkali menjadi tempat yang bagus untuk menemukan bantal lantai dengan penampilan unik dan usang, yang bisa memberikan sentuhan kepribadian ekstra pada ruangan Anda.

4. Tambahkan Coffee Table

Coffee table adalah salah satu aksesori penting dalam ruang tamu. Ini merupakan cara sederhana untuk mempercantik ruangan dan menambahkan sentuhan warna serta karakter.

Fokuskan buku-buku tersebut pada gaya coffee table Anda, dan tambahkan dekorasi lain seperti vas dan lilin untuk variasi bentuk dan tinggi.

Coffee table dapat diubah sesuai musim, misalnya dengan menampilkan buku inspirasi liburan yang cerah selama musim panas, seperti buku perjalanan Aerin Lauder dari Amazon. Kemudian, beralihlah ke buku dekorasi yang lebih nyaman saat musim gugur.

Menurut Kati Curtis, coffee table adalah elemen yang dapat meningkatkan daya tarik ruang tamu. Dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik ini mampu mengekspresikan minat dan nilai Anda melalui coffee table, yang dapat memicu percakapan menarik dengan tamu.

Menata tambahan aksen di permukaan coffee table, dapat ditampilkan dengan memasukkan nampan dekoratif mewah dan menyusun barang-barang seperti buku, lilin, foto bingkai, dan vas bunga.

5. Tambahkan Artwork di Dinding

Menambahkan karya seni adalah salah satu ide dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik yang cukup simpel.

Hal ini akan memberikan karakter pada ruangan. Anda tak perlu menjadi kolektor seni berkelas untuk menikmati hal ini. Karena ada banyak furniture sederhana yang bias ditemukan di store terdekat.

Meskipun galeri dinding memiliki tampilan klasik, namun ada risiko terlihat agak penuh dan jika Anda ingin meningkatkan estetika ruang tamu dan membuatnya lebih menarik, Anda bisa memilih satu atau dua hiasan yang lebih besar.

Kemudian hindari terlalu mengikuti tren, pilihlah karya seni yang memiliki makna bagi Anda dan bukan hanya yang sedang populer saat ini.

Luangkan waktu untuk mencari barang bekas untuk menemukan sesuatu yang unik. Jika bingung memulai dari mana, lihat skema warna ruang tamu Anda untuk mendapatkan inspirasi.

Pilih warna yang ingin Anda tonjolkan sebagai dasar karya seni Anda. Misalnya dengan memberikan sentuhan merah jambu dalam cetakan yang dapat berpadu dengan warna dindingnya.

6. Berikan Sentuhan Warna

Cara sederhana namun menarik untuk mendekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik selanjutnya adalah dengan berani bereksperimen menggunakan warna.

Untuk memastikan keberhasilan ide ini, penting bahwa dinding dan langit-langit rumah Anda memiliki warna putih yang cerah.

Namun, tetap perhatikan agar tidak terjadi tumpang tindih warna yang bisa membuat mata tidak nyaman. Meskipun menggunakan beberapa warna, pastikan untuk memilih kombinasi warna yang saling cocok.

Sebagai contoh, Anda bisa menggabungkan sofa berwarna kuning dengan biru. Saat memilih perabotan, perhatikan juga warnanya.

7. Ubah Penataan Ruang

Kadang-kadang, untuk memberikan sentuhan segar pada ruang tamu, Anda hanya perlu mengubah susunan barang di dalamnya. Apakah furnitur Anda biasanya ditempatkan langsung di dinding?

Anda bisa coba untuk meletakkan barang di tengah ruangan. Jika terlalu banyak ruang antara pengaturan tempat duduk, pertimbangkan untuk membagi ruangan menjadi beberapa zona.

Baca juga: Desain Ruang Tamu 3×3 Pintu Tengah Bikin Terang dan Luas

8. Lapisi dengan Karpet

Jika ukuran permadani Anda terasa kurang pas untuk ruangan, cobalah tambahkan permadani tenun alami yang lebih besar dan terjangkau di bawahnya untuk memberikan dukungan visual pada ruang tamu Anda.

Sebaliknya, jika Anda sudah memiliki permadani besar berwarna netral yang terasa monoton. Coba tambahkan lapisan permadani Turki antik di atasnya untuk memberikan karakter tambahan.

Pilih opsi yang memiliki beberapa warna aksen yang sesuai dengan ruangan Anda untuk menciptakan tampilan yang serasi dan diatur dengan sengaja.

Silahkan baca: Harga karpet lantai permadani

9. Pilih Lampu yang Sesuai

Elemen dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik lainnya adalah soal pencahayaan lampu.

Penggunaan pencahayaan tidak hanya membuat ruangan terang, tetapi juga mengubah suasana secara keseluruhan. Buatlah titik fokus menarik di ruang tamu Anda dengan menggunakan lampu gantung.

Terutama yang sesuai untuk langit-langit rendah, atau pertimbangkan untuk menggunakan lampu gantung bergaya jika ruangannya cukup besar.

Tamu Anda pasti akan terkesan ketika memasuki ruangan Anda, dan mereka akan menikmati tampilan baru yang diciptakan oleh pencahayaan tersebut.

10. Hiasi Sudut Ruangan dan Dinding

Anda dapat mengubah ruang tamu yang sempit dan terasa sesak menjadi lingkungan yang nyaman dengan sentuhan sederhana, seperti menghias sudut dan dinding ruangan.

Pertimbangkan untuk menggunakan lukisan berukuran besar untuk memberikan penegasan pada ruang, menciptakan kesan yang lebih hidup. Selain lukisan besar, Anda juga bisa mengubah dinding ruang tamu menjadi galeri mini dengan beberapa lukisan abstrak atau foto.

Jadi, dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik adalah langkah cerdas untuk menciptakan suasana yang nyaman dan penuh karakter di rumah Anda.

Dengan sedikit kreativitas dan pemikiran yang matang, Anda dapat membuat dekorasi ruang tamu sederhana tapi menarik, menjadi tempat yang nyaman untuk berkumpul dan berbagi momen indah bersama keluarga dan teman-teman.

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

Tinggalkan komentar