10 Desain Dapur Kecil Terbuka Dibelakang Rumah Estetik

Dapur menjadi area memasak dan menyantap makanan yang konsepnya tidak boleh asal. Dengan mengusung desain dapur kecil terbuka dibelakang rumah misalnya, konsep seperti tidak akan membosankan dan pasti lebih cozy.

Budget untuk pembuatan desain dapur kecil terbuka dibelakang rumah umumnya bervariasi tergantung pada material serta alat yang dipilih. Untuk lebih jelasnya mari kita langsung ke pembahasan berikut ya.

Rekomendasi Desain Dapur Kecil Terbuka Dibelakang Rumah

Setelah melihat desain-desain dan dekorasi dapur di bawah ini, jangan lupa untuk memperhatikan bahan furniture yang digunakan. Bahan diusahakan alami dan tahan lama. Sebelum itu, mari simak rekomendasi desain dapur kecil terbuka dibelakang rumah khusus untuk Anda:

1. Dapur Terbuka Menggunakan Sliding Door

Desain dapur kecil terbuka dibelakang rumah yang pertama adalah dengan menggunakan material sliding door. Dalam konsep yang satu ini, terdapat bagian mini bar serta kitchen set secara berdampingan.

Tidak perlu khawatir, dapur akan tetap terlihat luas dengan adanya pembatas sliding door dari bahan kaca. Sliding door memang disarankan karena akan mempermudah akses dapur Anda.

Dengan adanya material pintu berbahan kaca ini, Anda tidak perlu menghidupkan lampu ketika siang hari sebab cahaya akan masuk dan membuat ruangan menjadi terang. Hal ini tentu akan sedikit menghemat pengeluaran untuk listrik.

2. Dapur Terbuka dengan Tone Warna Bumi

Desain dapur terbuka yang berada di belakang rumah umumnya langsung menghadap taman belakang. Dengan begitu, dapur akan terlihat lebih terang dan luas. Namun, perlu Anda ketahui, desain dapur semacam ini memang rentan terkena debu dan kotoran.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat mensiasatinya dengan penggunaan cat atau warna interior, misalnya desain dapur dengan tone warna bumi.

Maksud dari tone warna bumi disini yaitu penggunaan bahan kayu untuk kitchen set, penggunaan material marmer, dan warna coklat. Selain untuk meminimalisir kotoran juga sebagai bentuk relaksasi saat memandangnya.

3. Dapur Terbuka Minimalis Bahan Kayu

Memiliki rumah yang asri dan alami tentu menjadi idaman. Material rumah berbahan kayu kenyataannya banyak diminati sebab tampilan akan nampak menawan dan estetik.

Material kayu juga direkomendasikan untuk menghiasi bagian dapur terbuka Anda. Kesan hangat yang ditimbulkan kayu akan menambah tampilan mejadi lebih menarik.

Material dapur dengan bahan kayu juga dikenal kokoh dan kuat. Ditambah lagi material kayu yang digunakan memiliki kualitas tinggi, seperti kayu jati. Anda dapat menggunakan material kayu dalam desain dapur terbuka minimalis. Tenang saja! Hasil akhir tentu akan bersetetika.

4. Dapur Terbuka dan Ruang Makan

Keterbatasan lahan dalam rumah hunian terkadang menjadi kendala untuk menciptakan suasana rumah yang nyaman. Tidak heran, banyak ditemui desain dapur terbuka yang menjadi satu dengan ruang makan.

Konsep dapur terbuka yang menyatu dengan ruang makan menjadi siasat terbaik serta meminimalisir budget pembuatan rumah. Keuntungan yang didapatkan yaitu Anda dapat membuat ruangan tersebut memiliki fungsi ganda.

Selain itu, tempat makan dan dapur dalam satu tempat terbuka mampu menciptakan suasana kekeluargaan yang kental. Dijamin, ruangan ini akan emnjadi tempat favorit untuk berkumpul bersama keluarga.

5. Dapur Terbuka Menyatu dengan Halaman Belakang

desain dapur terbuka di belakan rumah
desain dapur terbuka di belakan rumah

Solusi mengatasi masalah lahan sempit tidak hanya menggabungkan bagian dapur dengan ruang makan. Melainkan, Anda dapat menggabungkan dapur bersama dengan area halaman belakang.

Memanfaatkan masalah ini menjadi ide kreatif yang patutu untuk dicoba. Desan dapur ini memiliki konsep yang anti mainstream sebab dapur disatukan dengan halaman belakang, yang mana area belakang ditumbuhi dengan tanaman-tanaman hijau yang sedap dipandang mata.

Agar tampilan lebih ciamik, Anda bisa menambahkan beberapa buah kursi sebagai pelengkap serta bisa dimanfaatkan sebagai tempat nongkrong bersama teman maupun keluarga.

6. Dapur Terbuka dengan Tirai Bambu

Desain dapur kecil terbuka dibelakang rumah anti mainstream bisa Anda ciptakan dengan menambahkan tirai bamboo sebagai pemisah antara bagian dapur dan halaman rumah. Hal ini dibutuhkan karena bagian dapur akan rentan terkena debu dan kotoran di area terbuka.

Ketika cuaca sedang bersahabat, Anda dapat membuka tirai bamboo dan menikmati udara sejuk. Sementara ketika cuaca sedang turun hujan, tirai bamboo bisa diturunan untuk menghindari air masuk ke bagian dapur.

7. Dapur Terbuka Sederhana

Dapur Terbuka Sederhana
Dapur Terbuka Sederhana

Jika Anda tipikal orang yang tidak suka dengan terlalu banyak corak atau sederhana bisa dnegan menggunakan desain dapur kecil terbuka dibelakang rumah yang sederhana. Langkah pertama yang harus disiapkan adalah dengan melengkapi dapur terbuka dengan panggangan built-in yang cantik.

Sedangkan untuk tempat penyimpanan, bisa dengan memilih tempat yang memiliki kombinasi lengkap agar seruluh peralatan memasak dapat tersimpan dengan rapi.

Tidak lupa untuk meletakkan lemari es. Dapur konsep sederhana ini juga perlu dilengkapi dengan wastafel dan pipa ledeng. Konsep yang satu ini snagat cocok bagi Anda yang memiliki lahan terbatas, juga perhatikan penggunaan ruang dan efisiensinya.

8. Dapur Terbuka dibelakang Rumah Modern

Desain dapur kecil terbuka dibelakang rumah selanjutnya adalah membawakan konsep dapur modern. Dapur Anda dibuat dalam balutan dapur outdoor modern yang lokasinya berada di balkon dan tidak jauh dari dapur utama serta ruang makan.

Untuk desain interiornya, bisa dengan manmbahkan lemari dengan warna yang bervariasi agar suasana dapur tampak lebih hidup, namun tetap terkesan modern.

Sedangkan pada bagian dinding bisa dengan menghiasinya dengan warna basic atau hiasan tanaman hijau. Tambahan corak tanaman ini akan mencuri perhatian bagia siapa saja yang memandangnya sebab menyerupai karya seni modern.

9. Dapur Terbuka Tema Industrial

Dapur Terbuka Tema Industrial
Dapur Terbuka dengan Tema Industrial

Jika Anda menginginkan dapur yang tidak terlalu monoton, bisa dengan menggunakan tema industrial. Yang mana mesin pemanggang pada dapur ini berbahan baja anti karat industry tanpa pagar kayu hitan, juga bisa ditambahkan tanaman-tanaman hijau di sekelilingnya.

Umumnya tema insutrial banyak menggunakan interior dengan warna hitam putih dan bahan-bahan industry seeperti pipa atau kaca. Konsep desain guna menentukan dapur dan ruang lounge yang hangat dengan balutan konsep industrial.

10. Dapur Terbuka Bar Style

dapur terbuka bar style
dapur terbuka bar style

Untuk desain dapur kecil terbuka dibelakang rumah yang terakhir adalah Anda bisa menggunakan konsep bar style. Sedikit gambaran dari konsep ini yaitu sebuah dapur berlapis kayu di seberang tempat pemanggangan juga dilapisi kayu hangat yang senada.

Konsep bar seperti ini akan membawakan tempat makan yang santai. Letak meja makan dan kursi yang lebih besar sedikit berjarak dari bar serta bisa difungsikan sebagai tempat makan yang membutuhkan jamuan lebih besar.

Dalam pembuatannya sendiri, Anda harus tetap memperhatikan anggaran biaya. Tidak lupa untuk menyiapkan anggaran tambahan sebagai bentuk antisipasi jikalau membutuhkan dana lebih.

Itulah beberapa desain dapur kecil terbuka dibelakang rumah yang bisa dimasukkan dalam list desain dapur Anda. Adapun tips lain dalam membuat desain dapur terbuka adalah dengan memilih bahan bangunan.

Entah itu material batu bata, beton, atau plesteran harus terbuat dari logam atau ubin. Selain terlihat menarik, bahan-bahan ini juga mampu bertahan lama dan akan menambah keharmonisan dapur Anda. 

Jadi bagaimana, siap mengonsep desain dapur kecil terbuka dibelakang rumah minimalis Anda?

Editted by UN.

Baca profil Dimulti Pool, Perusahaan kontraktor kolam renang yang melayani jasa perencanaan pembangunan, desain kolam renang, renovasi kolam renang rumah pribadi, hotel, apartemen, villa, guess house dan kolam renang umum lainnya yang profesional dan bergaransi.

Leave a Comment