Inspirasi Desain dan Denah Rumah 1 Lantai Dijamin Nyaman dan Betah

Membangun rumah lantai 1 butuh sebuah denah agar tertata dengan rapi dan terencana. Nah, kali ini kita akan bahas tentang bagaimana denah rumah 1 lantai terbaik yang bisa dicoba.

Rancangan denah rumah 1 lantai perlu disiapkan di awal. Dengan denah akan membuat Anda nyaman dan tak bingung lagi untuk mendekorasi seluruh bagian baik interior maupun eksterior.

Pada umumnya denah rumah 1 lantai memiliki beberapa ruangan yang bisa dipakai. Seperti ruang tamu, kamar anak dan orang tua, kamar mandi, ruang keluarga, dapur, garasi, gudang, dan lain sebagainya.

Inspirasi Desain Denah Rumah 1 Lantai Terbaik

Bagaimana bentuk denahnya? Simak artikel di bawah berikut dengan saksama semoga bisa menjadi inspirasi Anda.

Denah Rumah 1 Lantai dengan Tambahan Kolam Renang

Rumah 1 lantai masih bisa dibuat kolam renang di dalamnya walaupun mungkin tidak begitu besar ukurannya. Yaitu dengan cara membuat denah rumah berbentuk U dimana posisi kolam renang berada di tengah.

Sedangkan untuk posisi sebelah kanan bisa dibangun kamar 2 atau 3 dan sisi sebelah kiri bisa dibangun garasi dan ruang keluarga.

Bagian yang mendatar bisa dibangun ruangan untuk ruang makan dan dapur juga ruang tamu dengan diberi sekat.

Denah Rumah 1 Lantai Sederhana dan Simpel

Inspirasi denah untuk rumah 1 lantai selanjutnya ialah berkonsep sederhana untuk Anda yang tidak terlalu menyukai kemewahan dan mengedepankan kenyamanan.

Denah ini dibuat dengan 5 ruangan yaitu ruang tamu, 1 kamar mandi, 2 kamar tidur, dan ruang keluarga yang menyatu dengan ruang makan.

Desain denah seperti ini cocok untuk Anda yang menginginkan kesan sederhana namun tetap nyaman dihuni.

Denah Rumah 1 Lantai Memanjang

Denah rumah ini terlihat minimalis karena berbentuk memanjang ke belakang dibandingkan pada umumnya rumah lain 1 yang berbentuk persegi sedangkan denah ini berbentuk persegi panjang.

Uniknya denah ini yaitu kamar mandi bisa diletakkan di tengah dan diapit oleh 2 kamar.

Walaupun memanjang ke belakang denah rumah ini tetap bisa dibuat teras rumah yang menarik jika masih terdapat sisa lahan.

Denah Rumah 1 Lantai Berbentuk Asimetrik

Denah model ini termasuk dalam desain rumah minimalis dengan bentuk asimetrik.

Bentuk asimetrik bisa berbentuk segitiga yang di realisasikan pada pembangunan teras rumah atau bisa juga bentuk asimetrik lainnya.

Dengan begitu rumah akan terlihat lebih menarik dan dinamis juga tidak membuat bosan penghuninya serta bisa menarik perhatian para tetangga.

Denah Rumah 1 Lantai  dengan Minim Furnitur

Denah rumah ini walaupun hanya berlantai 1 namun bisa dibuat lapang dan lebar, namun agar terlihat lebih lapang Anda bisa gunakan beberapa furnitur yang perlu saja.

Selain lapang, rumah dengan denah seperti ini juga tidak terasa sesak dan penghuninya lebih bisa bergerak bebas terlebih dengan konsep one space yang diterapkan pada setiap area publik.

Denah Rumah 1 Lantai dengan Bergaya Eropa

Banyak orang Indonesia yang meniru gaya Eropa dalam mendesain rumah seperti denah rumah karena konsepmya yang smart living.

Ciri-ciri denah rumah yang berkonsep gaya Eropa adalah ruang tamu yang menyatu dengan dapur. Dapur, ruang makan, dan ruang tamu yang menyatu tanpa ada sekat.

Denah Rumah 1 Lantai Lengkap

Walaupun hanya 1 lantai, siapa sangka rumah yang dibuat sedemikian rupa mampu memberikan ruangan yang lengkap.

Anda bisa membangun 3 kamar di dalamnya dan 2 kamar mandi dengan isian yang lengkap. Selain itu rumah ini bisa membuat teras yang cukup luas di depan rumah.

Denah Rumah 1 Lantai dengan 3 Kamar dan Garasi

Apabila Anda memiliki lebih dari 1 kendaraan, Anda bisa bangun garasi tepat di samping yang menyatu dengan kamar.

Selain memiliki garasi yang cukup luas, denah seperti ini bisa dibuat terdapat 3 kamar tidur. Dilengkapi dengan dapur dan ruang makan juga ruang tamu yang terpisah.

Baca juga: 8 Opsi Denah Pondasi Rumah Ukuran 7×9 Berbagai Sisi

Denah Rumah 1 Lantai dengan Ukuran 6×12

Denah satu ini bisa dibuat teras di depan dan samping rumah. Karena ukurannya yang 6×12 bisa membuat teras yang cukup luas.

Sedangkan untuk teras samping bisa dimanfaatkan untuk duduk-duduk santai atau berkumpul bersama keluarga.

Denah Rumah 1 lantai dengan  Terdapat 3 Kamar Tidur

Rumah yang cocok dihuni 3 sampai 5 orang anggota keluarga dengan terdapat 3 kamar tidur yang masing-masing memiliki toilet di dalamnya.

Denah yang berbentuk persegi ini dengan menempatkan kamar tidur di ketiga sudutnya, sedangkan 1 sudut lainnya untuk dapur. Bagian tengah untuk ruang tamu dan ruang makan yang menyatu dengan ruang keluarga.

Denah Rumah 1 Lantai dengan Gaya Modern

Walaupun terkesan minimalis, rumah dengan lantai 1 ini bisa dibangun dengan konsep modern dan kekinian.

Dalam denahnya, rumah ini memiliki 2 kamar tidur dan kamar mandi yang di lengkapi dengan bathtub.

Sedangkan untuk ruang keluarga, ruang makan, dan dapur dibuat menjadi satu. Jika Anda ingin terdapat mini bar juga bisa menyatu dengan ruangan tersebut.

Denah Rumah 1 Lantai dengan 4 Kamar Tidur

Denah rumah ini memberikan 4 kamar tidur yang cocok untuk keluarga yang memiliki banyak anggota. Rumah ini berbentuk persegi pajang di mana kamar tidur utama terletak di bagian depan dekat dengan ruang tamu dan pintu masuk.

Sedangkan untuk ruang keluarga, ruang makan, dan dapur dibuat menyatu atau one space. Selain itu juga tambahkan garasi yang cukup luas di depan rumah.

Denah Rumah 1 Lantai dengan 3 Kamar Tidur

Berbeda dengan sebelumnya, denah ini dibuat untuk rumah 1 lantai yang luas sehingga di setiap 3 kamar tidurnya bisa dibangun kamar mandi dan toilet pribadi.

Namun, terdapat kamar mandi di luar kamar tidur juga untuk digunakan bersama.

Pada area ruang tamu dan ruang makan dibuat menyatu, sedangkan dapur dibuat terpisah dan letak ruangan laundry berdekatan dengan dapur.

Denah Rumah 1 Lantai dengan Terdapat 2 Kamar Tidur

Denah ini dibuat untuk rumah minimalis dengan terdapat 2 kamar tidur dan masing-masing diberi kamar mandi dan toilet pribadi.

Denah ini dibuat konsep selain minimalis yaitu dibuat modern dengan nantinya penggunaan cat putih di seluruh sudut ruangan.

Pada ruang tamu dibuat menyatu dengan ruang makan dan juga dapur. Walaupun minimalis bisa juga dibuatkan teras depan yang cukup luas untuk bersantai.

Baca juga: Estimasi Biaya Bangun Rumah Minimalis Type 70/100

Denah Rumah 1 Lantai dengan Tipe 45

Denah dengan tipe 45 ini dibuat memanjang dan rapi. Terdapat 3 kamar tidur di mana setiap ruangannya dibuat luas dan untuk kamar anak bisa diapit oleh kamar dewasa.

Rumah dengan denah tipe 45 ini dibuat konsep one space yaitu antara ruang keluarga, ruang makan, dan dapur dibuat menyatu tanpa sekat.

Denah Rumah 1 Lantai dengan Tipe 36

Denah rumah dengan tipe 36 ini merupakan denah yang paling banyak dicari karena bentuknya yang minimalis hanya memiliki 2 atau 3 kamar tidur. Sedangkan untuk ruang tamu dibuat menyatu dengan ruang makan dan dapur.

Itulah beberapa inspirasi denah rumah 1 lantai yang nyaman dan juga bikin betah penghuninya. Tipanya adalah sebelum membuat denah rumah perkirakan terlebih dahulu lahan yang akan dibangunkan rumah sehingga hasilnya akan sesuai dan denah tersebut terealisasikan dengan baik.