12 Ide Desain Atap Teras Belakang Rumah, Cantik dan Menawan!

Tahukah Anda bahwa pemilihan konsep desain atap teras belakang rumah dapat berpengaruh terhadap kenyamanan? Dengan model yang pas dan tepat, Anda bisa memanfaatkan teras belakang sekadar untuk bersantai dan menikmati udara yang segar.

Ya, atap sendiri berfungsi untuk melindungi ruang di bawahnya dan menjaganya agar tetap teduh, dalam hal ini teras rumah Anda. Tentunya jika didesain dengan benar akan membuat keseluruhan fasad rumah terlihat lebih menarik. 

Area belakang rumah adalah tempat yang bisa Anda otak atik untuk menambah suasana ketenangan.

Selain merawat taman dengan berbagai tanaman obat atau tanaman lain, Anda juga perlu mencoba mempercantik teras belakang dengan desain atap yang sesuai. 

Pasalnya, atap teras sekarang ini tidak lagi hanya berfungsi sebagai pelindung, tetapi juga dapat mempercantik tampilan. Selain itu, saat ini sudah banyak model atau desain yang tidak kaku. 

Bagi Anda yang penasaran dengan desain atap teras belakang rumah, simak beberapa inspirasinya berikut ini ya!

12 Ide Desain Atap Teras Belakang Rumah yang Cantik dan Menawan

Oke ini dia beberapa ide desain atap teras belakang rumah yang bisa Anda terapkan. Silakan pilih sesuai dengan keinginan dan jangan lupa agar mengaplikasikan desain tersebut secara maksimal.

Bernuansa Rustic

Anda bisa lebih menekankan kesan natural desain atap teras belakang rumah Anda denga mengusung nuansa rustic ini. Pada umumnya, unsur rustic didukung oleh beberapa elemen, seperti kekuatan material alam (kayu) dan aneka tumbuhan.

Untuk lebih mempercantik tampilan, pilihan memasang tanaman rambat dan deretan kursi serta meja kecil dapat membuat teras terasa lebih cantik dan indah lho!

Atap Sederhana dari Fiber

Ide desain atap teras belakang rumah selanjutnya adalah atap sederhana dari fiber. Bahan fiber sudah sering digunakan oleh pemilik rumah untuk melindungi teras belakang.

Selain harganya yang murah, pemasangannya pun cukup sederhana. Namun, unsur estetika tidak boleh hilang begitu saja.

Oleh karena itu, pemasangan atap sebaiknya tidak boleh menutupi seluruh area taman atau teras, selain hiasan beberapa tanaman. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda sehingga Anda bisa tetap berbaring atau bersantai di area ini.  

Atap Teras Sebagian

Halaman belakang rumah biasanya ditumbuhi banyak tanaman. Nah, untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup, banyak yang membiarkan atap belakang area taman tersebut agar tetap terbuka.

Memasang atap sebagian saja adalah cara yang baik untuk melindungi teras dari hujan. Hal ini berguna untuk meminimalisir kondisi licin di teras akibat cipratan air hujan. 

Desain Atap Teras Belakang Model Pergola

Atap pergola menjadi opsi yang paling banyak digunakan oleh beberapa orang, terutama yang memiliki halaman belakang relatif luas. Sebagai referensi, atap pergola untuk teras belakang rumah adalah pilihan yang cukup menarik untuk Anda terapkan.

Anda juga dapat memasang fiber untuk perlindungan tambahan. Sekaligus, Anda bisa menempatkan kursi, meja kecil, dan beberapa furnitur tambahan di sekeliling teras untuk mempercantik halaman.

 Atap Kanopi Simpel

Inspirasi berikutnya untuk desain atap teras belakang rumah yaitu atap kanopi simpel. Beberapa orang suka memasang atap teras mereka sesederhana mungkin.

Biasanya, atap kanopi menjadi pilihan karena fungsinya dan bukan hanya sekadar untuk menambah keindahan. Namun, teras belakang bakal tetap terlihat menarik dan unik apabila Anda memilih ukuran atap yang kecil. 

Atap Berongga

Atap model ini hampir mirip dengan atap pergola dan sangat menarik jika Anda memiliki halaman belakang yang cukup luas. Bedanya, rongga di bagian atas cenderung kecil.

Kendati demikian, sinar matahari akan tetap tercukupi. Bersantai di teras dengan atap yang berongga ini merupakan pengalaman yang sangat menarik, apalagi di waktu-waktu tertentu seperti pagi dan sore hari.

Atap Teras Belakang yang Memanjang

Penggunaan atap teras harus disesuaikan dengan luas teras tersebut. Desain memanjang yang menutupi seluruh bagian teras tanpa menghalangi paparan sinar matahari patut Anda pertimbangkan!

Sebaliknya, biarkan taman belakang agar tetap terbuka agar perpaduan desain di belakang rumah tetap cantik dan membuat betah penghuninya. 

Model Atap Teras Persegi

Menikmati teras belakang rumah dengan adanya sinar matahari yang cukup bisa menjadi hal yang menyenangkan. Apalagi saat ada kolam ikan kecil sebagai pelepas penat, area tersebut terasa lebih lengkap.

Pilihan yang menarik untuk dicoba saat memilih atap teras dengan nuansa seperti ini adalah model atap persegi. Tak hanya itu, menambahkan elemen kaca bisa menjadi opsi tambahan lainnya lho!

Baca juga: 10+ Model Teras Rumah Panjang Paling Estetis  

 Atap Teras Kaca Ukuran Mungil

Selanjutnya, desain atap teras belakang rumah yang bisa menjadi penambah mood adalah atap kaca berukuran kecil. Namun, atapnya tidak dipasang tepat berada di bawah teras untuk menghindari kepanasan.

Meski begitu, desain seperti ini tetap mengedepankan kenyamanan saat Anda ingin beristirahat atau sekadar mengobrol dengan penghuni rumah lainnya. 

Teras Belakang Rumah dengan Atap Laser Cool

Dengan menambahkan atap transparan ke area teras belakang rumah akan memberikan tampilan yang kontemporer dan lebih modern lho! Anda bisa memilih jenis atap Laser Cool yang tahan sinar UV dan ramah lingkungan.

Selain itu, Atap ini juga mampu menyaring sinar matahari dengan baik dan menjaga ruang di bawahnya tetap teduh dan sejuk.

Teras Belakang Segar dengan Atap Kaca Transparan

Teras belakang rumah akan menjadi lebih menyenangkan dengan adanya set sofa teras yang nyaman. Namun, jika tidak dilengkapi kanopi atau atap pelindung yang sesuai, bisa jadi Anda akan kepanasan atau mungkin sofa perlu dipindahkan saat hujan. Nah, agak repot bukan?

Salah satu tips agar nyaman beristirahat di teras belakang adalah dengan memasang atap transparan. Atap ini akan menutupi aktivitas santai Anda di teras. Berkat bentuknya yang transparan, kesan terbuka pun tetap Anda dapatkan selama berada di teras belakang rumah. 

Taman Atap Belakang Rumah

Apabila luas atap di belakang rumah Anda tidak terlalu luas, bisa dijadikan sebagai taman untuk tanaman hias lho! Membuat taman seperti ini akan membuat udara lebih sehat dan segar. Anda juga dapat memilih tanaman apapun yang Anda sukai. 

Jadi, untuk mendapatkan konsep desain atap teras belakang rumah yang bagus, Anda bisa mengkombinasikan beberapa elemen. Yang paling umum adalah dengan menambahkan taman yang penuh dengan tanaman hijau dan bunga yang indah.

Jika kurang suka dengan taman, Anda bisa mencari ide lain seperti dengan kolam renang ataupun sekedar gazebo dan tempat duduk. Dengan begitu tampilan belakang rumah Anda akan terlihat hidup.

Kombinasi desain atap teras belakang rumah pilihan terbaik Anda dengan taman atau kolam renang dijamin akan menjadikan hunian Anda semakin betah ditinggali. Silakan dicoba!

Itulah 12 inspirasi desain atap teras belakang rumah yang bisa Anda jadikan referensi. Bagaimana? Apakah ada desain favorit Anda? Desain-desain tersebut juga dapat pilih sesuai dengan kebutuhan Anda ya! Semoga bermanfaat.

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website