Ide Desain Plafon Ruang Tamu Terbaik

Untuk Anda yang suka dengan elemen interior ruang tamu yang berbau artistik dan modern serta fungsional, menambahkan plafon bisa jadi pilihan yang menyenangkan.

Anda bisa mengatur desain plafon ruang tamu Anda supaya sesuai dengan keinginan Anda, dari sisi fungsionalitas maupun visualnya.

Ada beberapa pertimbangan penting yang mestinya dipikirkan kenapa plafon mesti ada di sebuah ruangan dalam rumah terutama di eranya hunian modern saat ini.

Manfaat Rumah Dipasangi Plafon

Sebagai pembuka bahasan, berikut ini beberapa alasan penting kenapa ruangan dalam rumah Anda termasuk ruang tamu mesti dipasangi plafon.

1. Kebersihan dari kotoran langit-langit bisa dikendalikan

Ya, kalau rumah bagian dalam (ruangan) tanpa diberi plafon, maka kotoran apapun dari langit-langit akan mudah jatuh ke lantai. Hal ini jelas akan membuat pemandangan interior rumah jadi tidak enak dilihat.

Bayangkan saja, kotoran hewan-hewan kecil seperti cicak, sampah yang terbang di udara dari luar rumah juga bisa mengotori lantai, dan plafon bisa jadi semacam penangkalnya.

2. Kabel-kabel instalasi listrik akan tertutupi

Ini juga bagian dari nilai estetika yang mesti dijunjung tinggi. Hampir semua kabel listrik rumah pasti melewati bagian atas ruangan, dan adanya plafon inilah yang akan menutupinya.

3. Ruangan makin estetik

Keberadaan plafon jelas akan membuat rumah jadi semakin terlihat keren dan elegan. Bagaimana sebuah ruangan yang tadinya terlihat langsung langit-langitnya yang tinggi bisa tertutupi oleh plafon yang dapat didesain dengan model estetis sesuai keinginan.

Dari ketiga alasan itulah sepertinya memiliki hunian dengan desain plafon ruang tamu dan ruangan lainnya yang bagus itu cukup penting.

Sekarang kita masuk ke soal bagaimana mengatur desain plafon ruang tamu agar terlihat indah dan bagus. Pembahasan kita khusus penerapan pada ruang tamu karena ruangan ini termasuk yang fungsinya cukup vital.

Pertimbangan Ide Tata Desain Plafon Ruang Tamu Idaman

Disadari atau tidak, rumah adalah cerminan dari kepribadian pemiliknya. Sementara estetika dan dekorasi di dalamnya mencerminkan gaya dan selera penghuninya.

Semua yang terkait dengan desain tiap ruangan, mulai dari warna dinding hingga langit-langit memerlukan keselarasan yang pas untuk menunjukkan kepribadian yang elegan.

Merencanakan semua elemen dekorasi ruangan dengan baik tetapi kehilangan ide terbaik untuk plafon/langit-langit sepertinya aneh. Tanpa adanya plafon maka akan ada kesan kurang puas saat dilihat, seperti bangunan belum jadi dan terlihat berantakan.

Disinilah peran keberadaan plafon untuk menghilangkan penilaian tersebut. 

Namun begitu, pemilihan material dan pemasangannya harus dipikirkan dengan matang untuk mendapatkan yang terbaik dari segi estetika dan manfaat plafon itu sendiri untuk ruang tamu Anda.

Berikut ini 7 hal yang mestinya jadi parameter Anda dalam mengatur desain plafon ruang tamu di rumah Anda.

1. Pilih satu dari sekian bentuk plafon terbaik

Plafon rumah sendiri dapat dirancang dalam berbagai bentuk dan model. Umumnya berbentuk persegi panjang, tapi ada juga yang model lingkaran.

Untuk plafon lingkaran lebih direkomendasikan agar dipakai pada hunian berkonsep tradisional. Sementara plafon bentuk geometris cocok untuk rumah minimalis bergaya modern.

Meski begitu, keduanya sama-sama cocok jika diterapkan sebagai desain plafon ruang tamu modern minimalis masa kini. Tinggal Anda sesuaikan saja dengan budget yang Anda anggarkan agar tidak memberatkan.

2. Pilih material plafon terbaik dan pertimbangkan plus minus-nya

desain plafon ruang tamu
Opsi Material Plafon via rumah123

Material plafon terbuat dari berbagai macam bahan yang bisa dipilih, mulai dari gipsum hingga kayu bahkan plester of paris.

Plester of Paris sendiri telah digunakan secara masif sebagai atap perumahan dan gedung komersial. Keunggulan material ini ialah perawatannya mudah, gampang dibentuk dalam berbagai desain dan tahan lama.

Selanjutnya papan gipsum, material ini jadi salah satu material yang unggul sebagai isolasi suhu dan suara, ringan secara bobot, dan memiliki kemampuan penyebaran suara yang baik dalam ruangan.

Panel kayu, keunggulannyaa ialah mudah dipasang tetapi harganya cukup mahal dan membutuhkan perawatan tambahan yang dianggap tidak mudah bagi sebagian orang.

Ada lagi material serat dan kaca yang meski jarang digunakan tetapi jadi salah satu bahan plafon yang kuat, tahan api, dan terlihat bagus.

Bahan-bahan lain seperti kain, logam, dan PVC masih cukup baru dalam pengaplikasiannya dan bukan tidak mungkin dalam waktu dekat akan memiliki penggemarnya sendiri.

3. Piih warna Plafon sesuai selera

Pemilihan warna plafon termasuk dindingnya akan mempengaruhi nuansa tampilan ruang tamu. Desain plafon ruang tamu dari material kayu berwarna gelap akan membuat rumah nampak elegan jika berpadu dengan furniture yang selaras.

Warna gelap untuk ruangan besar akan membuat ruangan tampak lebih nyaman, sedangkan warna yang cenderung terang lebih cocok untuk ruang tamu berukuran kecil.

Cat finishing juga penting, perpaduan antara warna tersebut dengan pencahayaan dan tekstur ruangan lah yang nantinya akan berpengaruh terhadap kenyamanan.

Anda pilih saja warna dasar utamanya lalu padukan dengan warna lain dari furniture misalnya untuk mendapatkan nuansa visual ruangan yang cocok dengan interiornya.

4. Pertimbangkan bahan plafon dengan peredam suara

Salah satu aspek yang juga penting dalam desain plafon ruang tamu adalah perihal potensi kebisingan.

Langit-langit ruang tamu harusnya dirancang untuk bisa menyerap suara bising. Kenapa direkomendasikan untuk menggunakan material plafon berperedam suara?

Karena suara percakapan dan apapun akan penting untuk terdengar jelas terutama di ruangan khusus seperti ruang tamu. Membuat ruang tamu nyaman untuk mengobrol bisa dilakukan dengan memperhatikan pemilihan dan pemasangan plafon.

Plafon seperti gipsum sudah umum dipilih sebagai material terbaik yang mampu membuat suara dalam ruangan tersebar secara merata.

5. Saat pemasangan, atur ketinggian plafon dengan lantai

Desain plafon ruang tamu sebaiknya tidak dibuat sama dengan ruangan lainnya. Atau kalau mau dibuat sama karena tidak ingin repot dibuat saja standar ketinggiannya adalah plafon pada ruang tamu.

Namun begitu, Anda perlu memutuskan gaya dan model plafon seperti apa yang akan diusung sehingga bisa sekaligus mengukur ketinggiannya dengan lantai.

Tujuan pengaturan ketinggian ini ialah agar nyaman secara visual saat dilihat untuk menyambut tamu.

Berbeda dengan ruangan-ruangan lain, ruang tamu harus mengedepankan kenyamanan orang lain seceraa general.

Sementara ruang keluarga atau kamar tidur, tidak masalah jika lampu yang dipasang ketinggiannya sesuai selera, bahkan diberi tambahan lampu-lampu hias pun tidak masalah.

Ruang tamu, ketinggian plafon bisa jadi bumerang kalau tidak diatur dengan baik. Tidak nyaman dilihat dan bahkan cenderung memberikan kesan sempit.

6. Atur pemasangan lampu pencahayaan dengan baik

Pencahayaan ruangan yang bagus dalam hal ini pada ruang tamu, akan menghasilkan efek estetis yang berbeda.

Desain plafon ruang tamu modern dan pencahayaannya sangat penting untuk saling dikombinasikan sejak awal.

Tentukan jauh hari sebelumnya tentang dimana Anda hendak memposisikan lampu plafon. Anda dapat memilih salah satu dari beberapa jenis pencahayaan yang berbeda dan mengaturnya sesuai dengan penggunaan ruang.

Atau, Anda juga bisa mendesain plafon ruang tamu Anda terlebih dahulu baru kemudian memasang lampunya.

Terlepas dari itu, pencahayaan adalah komponen penting dari sebuah desain plafon indah yang jika tidak diatur dengan baik maka dapat merusak tampilannya dan tamu akan kurang nyaman.

7. Ide penambahan Skylight bisa dipertimbangkan juga

desain plafon ruang tamu
Ruang tamu dengan skylight via unsplash.com

Skylight atau bukaan alami pada bagian atap adalah fitur desain interior modern yang cukup menarik untuk diterapkan pada ruangan dalam rumah termasuk ruang tamu.

Elemen skylight ini bisa ditambahkan pada beberapa titik dalam ruangan sehingga cahaya alami bisa masuk dengan sempurna dan mengurangi penggunaan lampu listrik.

Penempatannya bisa di atas ruangan persis, di dekat jendela, tangga, dan sebagainya yang sekiranya berposisi sentral.

Dengan adanya skylight ini maka ruang tamu akan semakin terlihat berbeda secara visual, Anda bangga dengan tampilannya dan tamu akan nyaman singgah di rumah Anda.

Kesimpulan:

Rumah minimalis modern saat ini hampir tidak prnah lepas dari sentuhan elemen tambahan yang fungsinya vital, dan plafon inilah yang jadi salah satu elemen yang dimaksud.

Untuk mengatur desain plafon ruang tamu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, mulai dari pemilihan bahan material hingga pertimbangan detail seperti penambahan skylight dan sebagainya.

Jika Anda ingin menambahkan plafon pilihan ke dalam ruang tamu Anda, maka poin-poin pertimbangan di atas sebenarnya sudah cukup mewakili.

Tinggal Anda atur anggarannya dan cari tukang yang bisa mengeksekusinya dengan baik. Bukan tidak mungkin, desain plafon ruang tamu cantik yang Anda impikan bisa terwujud.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *