7 Merek Cat Tembok Anti Air yang Terbukti Bagus

Dalam memilih cat tembok anti air yang akan diaplikasikan untuk rumah kita tentu perlu selektif, sebab tidak semuanya bagus.

Dengan kata lain, Anda perlu berhati-hati dalam memilih cat tembok anti air khususnya untuk penggunaan eksterior rumah.

Cat tembok anti air biasanya digunakan untuk dinding yang selalu terkena air, seperti di kamar mandi atau dinding luar rumah yang terkena hujan.

Cat tembok ini umumnya juga digunakan pada dinding yang terkena air dari sumber air lain, seperti air tanah atau air yang masuk ke dalam rumah melalui pipa. 

Keunggulan utama dari cat tembok anti air adalah dapat mencegah air menembus dinding sehingga mencegah kerusakan pada dinding.

Cat tembok ini juga biasanya mudah dibersihkan dan tahan lama. Namun, cat tembok waterproof biasanya lebih mahal dari cat tembok biasa. 

Rekomendasi Cat Tembok Anti Air Terbaik Untuk Rumah Anda

Berikut ini rekomendasi merek cat tembok anti air yang bias Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda sendiri.

1. Jotun Jotaplast Cat Tembok

cat tembok anti air

Cat tembok anti air yang pertama adalah Jotun Jotaplast. Jotaplast memenuhi kebutuhan dasar dinding dan plafon di rumah Anda. Diformulasikan dengan pengikat akrilik yang dimodifikasi.

Kini Anda bisa menutupi ketidaksempurnaan permukaan dinding dengan praktis dan dengan harga yang terjangkau. Cat ini 100% bebas bahan kimia berbahaya seperti APEO, formaldehyde dan logam berat. 

Keunggulan dari cat ini adalah bisa menutup dengan sempurna, gampang diaplikasikan, cakupan yang luas, hasil akhir yang halus, serta ramah lingkungan.

Jotaplast hadir dalam berbagai ukuran, namun Anda bisa membelinya dengan harga yang cukup murah yaitu Rp 108.000 untuk 5 kg per kalengnya. Masih tergolong murah bukan? 

2. Dulux 40504 Aquashield

Dulux 40504 AquaShield lebih tebal serta dua kali lebih kuat dari jenis cat lainnya. Dulux AquaShield adalah pelapis tahan air berkualitas tinggi yang menawarkan perlindungan maksimal terhadap kebocoran dan penetrasi air sehingga bisa melindungi rumah Anda dari air lebih lama.

Keunggulan dari cat ini adalah lapisan filmnya 60% lebih tebal dan lebih tahan air. 

Daya sebar cat ini juga cukup baik yaitu 1 m2/kg dan waktu pengeringan sekitar 4-6 jam. Pengenceran maksimal cat ini tidak lebih dari 10% dengan air bersih. Jika Anda tertarik dengan cat ini, tersedia dalam ukuran 1 kg yang harganya hanya Rp 56.000. Wah, benar-benar terjangkau ya! 

3. Aquaproof

Cat tembok anti air selanjutnya adalah Aquaproof. Aquaproof adalah cat pelapis thixotropic yang berbahan dasar polimer sintetik yang ditujukan untuk pelapisan atap dan dinding eksterior yang membutuhkan pelapis kedap air yang andal dan dekoratif.

Keunggulan cat ini adalah mudah diaplikasikan, memiliki daya rekat kuat, elastisitas, tahan retak, tahan air, dan tahan lama.

Selain itu, Aquaproof ini juga menawarkan 24 pilihan warna yang menarik. Jadi, Anda bisa mengeksplorasi warna dinding rumah Anda.

Cat ini tersedia dalam tiga ukuran kemasan yaitu 1 kg, 4 kg dan 20 kg. Harga cat tembok terbaru varian ini berkisar antara Rp55.000 hingga Rp925.000. 

4. Belmont All In One

Belmont All In One adalah cat akrilik yang cocok untuk melindungi dan melapisi berbagai bagian bangunan. Mulai dari dinding atau dak beton dan dapat melindungi dari masuknya air.

Cat multi guna ini tidak hanya tahan air, tetapi juga cocok sebagai cat eksterior yang tahan cuaca dan sebagai cat interior yang tahan rembesan air. 

Cat ini juga memiliki waktu pengeringan yang sangat cepat, yaitu kering sentuh dalam waktu 30 menit dan benar-benar kering dalam waktu 60 menit.

Daya sebar lapisan dalam 1 lapis adalah 4-6 m/kg. Selain digunakan pada dinding eksterior, cat ini juga bisa diaplikasikan pada atap, pelat beton atau asbes. Harga yang ditawarkan untuk ukuran 20kg adalah Rp 945.000. 

5. Nippon Weatherbond Solareflect

Nippon Weatherbond Solareflect adalah cat akrilik 100% yang tidak mengandung timbal atau merkuri.

Cat ini dirancang khusus untuk melindungi permukaan dinding eksterior dari kondisi cuaca ekstrim di Indonesia.

Selain itu, cat ini juga memberikan perlindungan yang kuat dan membantu warna cat agar tidak cepat pudar. 

Pada umumnya, cat tembok mudah pudar karena pengaruh sinar matahari, kotoran dan lumut.

Namun, berkat komposisi inovatif Sunblock teknologi yang mampu menurunkan suhu permukaan hingga 5 derajat celcius, rumah menjadi sejuk dan hemat energi. Harga cat ini mulai dari Rp 329.000 untuk ukuran cat 2,5 liter. 

6. Mowilex WP02

cat tembok anti air

Mowilex WP02 adalah rekomendasi cat tembok anti air berikutnya. Mowilex WP02 dirancang khusus untuk melindungi dinding luar rumah dari berbagai cuaca ekstrim di Indonesia.

Hal itu menjadikan cat ini lebih kuat terhadap sinar UV panas dan hujan deras. Produk ini juga memiliki elastisitas yang baik, sehingga daya sebarnya pun cukup luas. 

Keunggulan lain dari cat Mowilex ini adalah bahannya tidak mengandung senyawa VOC apapun dan memiliki sertifikat Singapore Green Label. Selain itu, cat ini juga menghasilkan produk yang ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan keluarga.

Harga Mowilex WP02 di marketplace mulai dari Rp. 48.500 – Rp. 185.000, kapasitas 1 dan 4 kg. 

Baca juga: Cara Mengatasi Cat Tembok Rusak karena Hujan

7. Danapaint Danabrite

Merk yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Jika Anda mencari cat tembok yang dapat menimbulkan efek matte setelah kering, Danabrite adalah pilihan yang tepat.

Hasil cat ini juga memastikan Anda dapat dengan mudah membersihkan noda dengan air sabun tanpa mempengaruhi hasil akhir cat. 

Tips Dalam Memilih Cat Tembok Anti Air

cat tembok anti air
cat tembok anti air

Berikut adalah beberapa tips memilih warna cat tembok dimulai dari menentukan kualitasnya:  

  1. Pilih cat tembok dengan senyawa tahan air. Pastikan untuk memilih cat tembok dengan komposisi khusus yang dapat mencegah masuknya air ke dalam tembok.
  2. Pilih cat tembok yang dapat bertahan lama. Carilah cat tembok yang tahan lama agar Anda tidak perlu sering-sering untuk mengecat ulang lagi.
  3. Pilih cat tembok yg gampang diaplikasikan. Pilihlah cat tembok yang gampang diaplikasikan supaya proses pengecatan sebagai lebih cepat dan efisien. 
  4. Pilih jenis cat tembok dengan harga yang masih wajar. Jangan tergiur dengan harga yang terlalu murah, karena kualitasnya mungkin tidak bagus. Pilihlah cat tembok berdasarkan kualitas yang ditawarkan dengan harga yang wajar. 
  5. Baca ulasan dari pelanggan. Bacalah ulasan dari pelanggan yang telah menggunakan cat tembok tersebut untuk mengetahui kualitas dan kepuasan pelanggan lainnya. 

Demikian penjelasan detail cat tembok anti air yang wajib Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli salah satunya.

Dengan menggunakan cat tembok waterproof, dinding rumah Anda dapat terlindungi dari kerusakan karena lembab dan memungkinkan ruangan akan tetap kering meski terkena hujan. 

Harapannya, saat Anda hendak mengganti cat tembok lama, Anda bisa memilih alternatif cat tembok anti air yang benar-benar bagus. Pada akhirnya, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah referensi Anda ya.

Editted by UN

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

Tinggalkan komentar