Desain Ruang Keluarga Minimalis Elegan

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di ruang keluarga. Apalagi jika didukung dengan desain ruang keluarga minimalis elegan yang tentunya akan membuat suasana mendukung untuk makin akrab.

Rumah yang cukup minimalis dengan lahan terbatas seringkali memadukan ruang keluarga dan ruang tamu. Alangkah baiknya jika desain ruang keluarga lebih diperhatikan agar penghuninya juga merasa nyaman.

Desain interior ruang keluarga tidak hanya nyaman, namun juga dapat disesuaikan dengan konsep rumah Anda lho. Yuk simak beberapa inspirasi desain ruang keluarga minimalis elegan berikut ini!

17 Desain Ruang Keluarga Minimalis Elegan yang Inspiratif Banget!

Tidak perlu bingung mencari ide desain ruang keluarga minimalis elegan karena ada banyak inspirasi yang bisa diadopsi, diantaranya:

1. Konsep Warna Putih Minimalis

Desain ruang keluarga minimalis elegan yang pertama adalah putih minimalis. Konsep rumah serba putih mampu menciptakan tampilan yang simpel dan elegan. Konsep ini juga bisa diterapkan pada ruang keluarga.

Selain itu, konsep putih minimalis ini juga akan membuat ruangan terlihat lebih terang, lebih besar dan nyaman. Tambahkan aksen hitam kecil pada furnitur seperti sofa dan meja sudut agar tidak terlalu monoton ya!

2. Serba Hitam Minimalis

Warna hitam pun bisa menciptakan tampilan yang menarik, apalagi jika ruangannya berukuran besar. Pemilihan warna gelap ini dapat memberikan tampilan dominan dan maskulin.

Tak hanya itu, Anda juga bisa memadukannya dengan warna-warna cerah sehingga menciptakan kesan elegan dan mewah.

3. Ruang Keluarga Lesehan yang Nyaman

Inspirasi desain ruang keluarga minimalis elegan jenis ini cocok untuk Anda dan keluarga yang lebih suka duduk di lantai atau lesehan saat berkumpul. Yang Anda butuhkan hanyalah permadani berwarna krem ​​​​yang nyaman.

Namun, jika ruang keluarga juga digunakan sebagai tempat menerima tamu, Anda bisa menambahkan sofa kecil dengan warna senada ya!

4. Ruang Keluarga Minimalis Aesthetic

Penggunaan warna-warna netral seperti putih atau krem ​​​​dengan aksen kayu akan menambah keindahan ruang keluarga Anda.

Hidupkan ruangan dengan sentuhan dekoratif seperti cermin, tanaman hias, pajangan anyaman, dan lampu sangkar. Selain itu, lantai vinyl juga dapat digunakan untuk menciptakan kesan ruangan lebih hangat.

5. Ruang Keluarga Abu-Abu

Selain warna krem, warna abu-abu juga bisa menjadi ide desain ruang keluarga minimalis elegan selanjutnya yang bisa Anda coba. Ruangan ini menampilkan gaya modern minimalis yang bersih dan sederhana.

Anda juga bisa mengkombinasikan furnitur berbentuk persegi dengan desain sederhana dan karpet bermotif geometris.

6. Ruang Keluarga yang Colorful

Jika inspirasi desain ruang keluarga minimalis elegan sebelumnya banyak menampilkan warna-warna netral, ide berikut ini diperuntukkan bagi Anda yang menyukai warna-warna cerah dengan corak dan motif yang kontras.

Desain colorful ini akan menciptakan ruangan yang berwarna dan ceria sehingga cocok diterapkan untuk keluarga yang mempunyai anak kecil. Namun, Anda bisa memadukan maksimal tiga warna berbeda agar tidak terlihat berlebihan dan ramai.

7. Ruang Keluarga Semi Outdoor

Ruang keluarga biasanya terletak di bagian tengah dalam sebuah rumah. Namun, tidak ada salahnya untuk meletakkannya di belakang, apalagi jika Anda memiliki halaman belakang rumah.

Ruang keluarga semi outdoor ini tidak hanya menjaga privasi, namun juga memberikan kesempatan berkumpul bersama keluarga sambil menikmati sinar matahari  pagi dan sejuknya angin malam. Wah, menarik banget ya?

8. Desain Ruang Keluarga Modern

Jika Anda berencana menggunakan ruang keluarga sebagai tempat menerima tamu, pastikan desain interior area tersebut menarik ya! Desain interior ruang keluarga modern ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Konsep modern dapat Anda ciptakan dengan penggunaan furnitur sederhana namun unik dan mewah, seperti pemilihan model kursi, lampu, dan bantal yang unik. Selain itu, Anda juga dapat memasang beberapa foto atau gambar untuk menciptakan kesan estetik.

9. Serba Pastel

Jika Anda ingin menciptakan ruangan yang tenang namun cerah, Anda bisa menambahkan warna-warna pastel pada dinding ruang keluarga Anda. Agar semakin elegan, gunakanlah furnitur berwarna netral seperti putih atau biru.

10. Kontemporer Artistik

Bagi pecinta seni, ruang keluarga harus menciptakan kesan artistik yang menonjol. Hal ini bisa dilakukan dengan menambahkan dekorasi, seperti menggantungkan lukisan abstrak pada dinding kosong.

11. Gaya Industrial

Konsep industri cenderung sengaja menggunakan material yang belum jadi dengan menggunakan produk setengah jadi seperti besi. Tentu saja, hal ini akan membuat ruangan terlihat lebih abstrak, namun tetap estetik.

12. Ruang Keluarga Monokrom

Gaya modern dan minimalis mengacu pada garis-garis yang bersih dan skema warna sederhana saat mendesain ruang keluarga.

Untuk menciptakan nuansa bersih dan sederhana pada ruang keluarga Anda, gunakan warna dasar yang netral, lalu gunakan warna-warna yang berani dan sederhana dalam bentuk aksen dan aksesoris.

Selain itu, pilihlah potongan bersudut atau bentuk geometris untuk menambahkan sentuhan modern pada desain ruang keluarga minimalis elegan Anda. Pilih furnitur berbentuk persegi, desain sederhana, dan warna-warni untuk ruang tamu bergaya modern.

13. Gaya Interior Scandinavian

Gaya Scandinavian ini bisa diterapkan ke banyak ruang termasuk ruang keluarga. Prinsip utama gaya ini terletak pada elemen alami, kesederhanaan, dan fungsionalitas. Gaya Scandinavian identik dengan warna putih sehingga menciptakan suasana lapang dan bersih.

Skema warna untuk gaya ini diantaranya putih, hitam, dan abu-abu. Furnitur dari kayu alami juga bisa digunakan sebagai vocal point untuk menghadirkan kesan natural dan alami. Selain itu, tanaman hias di dalam ruangan akan membantu memberikan aksen hijau.

Baca juga: Inilah 12 Ide Desain Backdrop TV Minimalis Ruang Keluarga yang Estetik dan Elegan

14. Gaya Vintage

Desain ruang keluarga minimalis elegan berikutnya yang tidak kalah menarik adalah gaya vintage.

Jika Anda menyukai gaya etnik, mengapa tidak mencoba menghadirkannya ke ruang keluarga Anda? Tradisi dan budaya adalah aset kaya yang dapat ditonjolkan di rumah Anda.

Untuk menciptakan nuansa etnik dan tradisional, bermainlah dengan furnitur, dekorasi, dan aksesori lainnya. Gunakanlah meja jati antik atau kursi anyaman.

Anda juga bisa memajang hiasan souvenir khas daerah tertentu, seperti keris, patung, atau sasando rote.

15. Desain Ruang Keluarga Gaya Eklektik yang Elegan

Gaya eklektik juga bisa Anda terapkan pada desain ruang keluarga Anda lho. Dengan penataan yang tepat, gaya ini dapat memberikan tampilan elegan pada ruang keluarga Anda.

Selain itu, Anda bisa menghilangkan dekorasi bergaya eklektik yang membuat ruangan terasa sempit.

Tentu saja, Anda juga bisa menggantinya dengan kursi atau sofa beragam warna atau motif yang unik. Tambahkan juga permadani yang bisa disesuaikan dengan tema atau selera Anda.

Tidak ada salahnya menggunakan barang-barang dekoratif seperti vas bunga atau patung, pilihlah yang ukurannya sedang ya!

16. Minimalis Simpel yang ‘Membumi’

Salah satu elemen kunci gaya minimalis adalah bentuk organik dan sederhana. Kata “membumi” memang berlaku untuk desain ruang keluarga ini.

Disebut “membumi” karena semuanya sederhana dan didukung dengan meja dasar yang unik, bangku kayu alami, dan rak buku.  Tentu saja, perasaan nyaman akan mengalir secara natural.  

17. Desain Ruang Keluarga Multifungsi

Desain ruang keluarga minimalis elegan multifungsi bisa menjadi solusi untuk mengurangi ruang-ruang yang jarang digunakan atau tidak produktif. Dengan menggabungkan fungsi, Anda dapat memanfaatkan ruang dengan lebih baik dan maksimal.

Anda bisa menggabungkan ruang keluarga dan ruang makan, ruang belajar dan ruang keluarga, atau ruang keluarga dan ruang tamu. Proses kombinasi ruangan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda juga lho!

Itulah 17 inspirasi desain ruang keluarga minimalis elegan yang layak Anda coba. Area ruang keluarga yang nyaman tidak hanya tercipta dari luas lahan, namun juga dengan pemilihan furnitur yang tepat. Pastikan Anda memilih furnitur dan perabot lainnya yang aman dan nyaman untuk anak-anak ya!

Editted by UN

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *