10 Insight Lampu Gantung Ruang Makan

Lampu gantung ruang makan, sepertinya menarik diaplikasikan. Tidak hanya menarik ketika dipasang dalam ruang tamu, tetapi di ruang makan juga. Namun, tidak semua model cocok ditempatkan di ruangan tersebut.

Terlebih tiap ruang biasanya memiliki gaya khusus dengan ukuran tertentu. Oleh karena itu, artikel ini akan mengulas model-model lampu gantung untuk ruang makan yang pas untuk berbagai gaya ruangan. Simak sampai akhir, ya! 

10 Model Lampu Gantung Ruang Makan Kekinian

Lampu Gantung Ruang Makan
Lampu Gantung Ruang Makan

Berikut adalah sepuluh model lampu gantung yang direkomendasikan untuk ruang makan di rumah Anda.

1. Lampu Gantung Klasik Anyaman Bambu

Lampu gantung ruang makan dengan kap klasik ukir dari bahan bambu sangat cocok untuk ruang makan bernuansa putih. Pas untuk ruang bergaya minimalis modern, Japandi, hingga Skandinavia.

Supaya nuansa klasik lebih terasa, gunakan bohlam, lampu halogen, ataupun LED berwarna kuning hingga oranye. Interior tersebut mampu menghadirkan kesan hangat pada ruangan.

Oleh karena itu, Anda juga bisa menata ruang makan dengan berbagai furnitur yang dapat memaksimalkan kesan warm. Seperti set meja makan bahan kayu warna cokelat, buffet kayu, dan tirai kayu gulung.

2. Lampu Gantung Bentuk Bawang Putih

Untuk menghadirkan nuansa cozy, Anda bisa menciptakan dapur dengan tone serba putih. Termasuk lampu gantung. Adapun salah satu model lampu yang estetik ditempatkan di dapur serba putih ialah bentuk bawang putih.

Model lampu satu ini tampak seperti bola lampion sehingga kualitas cahaya yang dihasilkan bisa menerangi banyak sudut. Apalagi jika ukuran ruang makan terbatas.

Di pasaran, model lampu ini umumnya dibuat dari kertas tipis dengan LED putih. Oleh sebab itu, selain bisa memberikan penerangan maksimal, penggunaan listrik dipastikan jauh lebih hemat.

3. Bentuk Bulat Kaca Glossy

Apabila tertarik mengusung konsep estetik, pilihlah lampu gantung minimalis dengan kap kaca bulat glossy. Anda bisa memilih model lampu gantung ruang makan ini dalam berbagai warna.

Seperti merah muda, hitam, abu-abu, atau bening. Sesuaikan dengan warna ruang dan keinginan Anda. Namun, perlu diingat bahwa kaca memiliki sifat konduktif.

Jadi, pastikan untuk memilih bahan kaca tebal dan tidak mudah pecah. Jika hanya menemukan varian yang tipis, pastikan mematikan lampu saat ruang makan tidak digunakan.

4. Lampu Gantung Tiga Tulip Putih

Ruang makan berukuran lega dengan konsep modern pas dilengkapi lampu gantung tiga tulip putih. Model furnitur ini tersedia dalam berbagai tipe, seperti posisi menjuntai ke bawah dan melengkung. Bahannya juga berbeda-beda, mulai dari kaca sampai kertas.

Meskipun begitu, tiap-tiapnya hadir dengan lampu LED putih. Dengan begitu, ruangan akan terkesan lebih mewah menggunakan lampu gantung ruang makan satu ini.

5. Model Sangkar Tembaga

Lampu gantung ruang makan model sangkar bahan tembaga bisa dipilih dalam berbagai ukuran. Jika ruang makan minimalis Anda memang benar-banar tergolong sempit, sebaiknya pilih yang berukuran sedang. Sementara itu, ruang makan besar bisa dipercantik dengan lampu gantung sangkar kecil.

Pemilihan tadi didasarkan pada jumlah lampunya. Yang mana, ukuran kecil biasanya dilengkapi dengan tiga lampu hingga lima lampu. Sementara itu, ukuran sedang hingga besar biasanya dilengkapi satu lampu saja.

6. Lampu Gantung Corong Kaca Aluminium

Ruang makan dengan gaya pop art hingga bohemian bisa dijadikan lebih menarik menggunakan lampu gantung corong bahan aluminium. Model lampu ruang makan tadi kerap tersedia dalam warna-warna matte sehingga ruangan di hunian Anda bakal tampak lebih colorful.

Model lampu ini tergolong cukup banyak di pasaran sehingga mudah ditemukan di mana pun. Namun, cahaya yang dihasilkan tidak memancar ke semua sudut.

Oleh sebab itu, model lampu ini cocok untuk ruang makan dengan ukuran kecil hingga sedang. Cocok juga ditempatkan di ruang makan yang menyatu dengan dapur..

7. Lampu Gantung Hitam Bentuk Mangkuk

Ruang makan konsep open space dengan dapur ataupun ruangan lainnya pas dilengkapi model lampu gantung ini. Dengan bentuk mangkok warna hitam, model lampu yang biasa dibuat dari bahan plastik ini mampu memaksimalkan gaya industrial.

Anda bisa melengkapinya dengan lampu pijar ataupun LED. Mengingat sorot cahayanya hanya pada area meja maka ruang makan di hunian Anda bakal tetap teduh dan tidak terlalu terang.

8. Lampu Besi Kristal Klasik

Sebelumnya, lampu gantung bahan besi dan kristal lebih sering ditempatkan di teras rumah ataupun ruang tamu. Namun, saat ini banyak juga ruang makan yang menyatu dengan ruang tamu.

Oleh karena itu, Anda bisa memilih menempatkan model lampu gantung ini jika ingin memberikan kesan mewah pada ruangan.

Untuk kesan lebih sederhana, Anda bisa mencari model simpel minimalis. Seperti lampu besi dengan jumlah lampu tidak lebih dari tiga.

9. Model Tiram Putih

Pada dasarnya, lampu gantung ruang makan model tiram putih memiliki desain sangat simpel. Tidak jauh beda dengan lampu yang dilengkapi kap corong ataupun bentuk bawang putih.

Bedanya hanya terdapat di kap yang berbentuk serupa tiram. Bentuk tiram pada lampu satu ini tertutup.

Alhasil, ukuran dari atas ke bawah tidak begitu tebal. Dengan demikian, cahaya yang dihasilkan cukup banyak dan dapat menerangi sudut-sudut selain set meja di ruang makan.

10. Model Bohlam Besi

Lampu gantung bahan besi tidak hanya tersedia dengan model mewah yang dilengkapi kristal. Anda juga bisa menemukannya dalam bentuk lain. Salah satu yang kekinian adalah bohlam besi.

Bentuk lampu gantung ruang makan ini dapat memaksimalkan pencahayaan pada malam hari. Baik untuk ruang makan besar, kecil, berkonsep open space, maupun tidak.

Di pasaran, model lampu ini bisa ditemukan dalam beberapa tipe. Mulai dari single lamp, double lamp, hingga triple lamp. Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan cahaya yang dibutuhkan ruangannya.

Baca juga: Top 4 Model Lampu Teras Gantung Minimalis dan Modern Untuk Rumah Lebih Estetik

Tips Memilih Lampu Gantung Ruang Makan yang Bagus

Sangat penting bagi Anda untuk memilih model lampu gantung ruang makan yang sesuai dengan gaya dan ukuran ruangan. Oleh karena itu, selain mengetahui model lampu gantung, Anda perlu tahu tips untuk memilih yang tepat.

Untuk diketahui, berikut adalah beberapa tips yang sebaiknya diterapkan sebelum Anda memilih lampu gantung untuk ruang makan:

  • Tentukan Kesan Ruangan yang Ingin Ditonjolkan

Di zaman modern ini, tidak sedikit orang yang makin sadar pentingnya gaya dalam suatu ruangan. Jika Anda juga tertarik menghadirkan gaya tertentu, pastikan menentukannya lebih dulu sebelum memilih model lampu ruang makan.

Contohnya, jika ingin membuat ruang makan industrial, Anda bisa memilih lampu gantung yang bisa memberikan sedikit pencahayaan.

  • Perhatikan Ketinggian Langit-Langit hingga Permukaan Meja Makan

Tiap-tiap produk lampu gantung memiliki ukuran khusus, termasuk panjang rantainya yang menjuntai. Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan ketinggian langit-langit hingga permukaan meja makan.

Jika langit-langit cukup tinggi sementara Anda memilih lampu gantung pendek, pastikan lampunya bisa menerangi banyak tempat. Sebaliknya, untuk lampu yang menjuntai panjang ke bawah, cahaya yang minim jauh lebih baik sebab bakal memengaruhi kenyamanan mata Anda.

  • Pertimbangkan Model yang Sesuai dengan Desain Furniture

Model lampu gantung ruang makan juga sebaiknya disesuaikan dengan desain furniture. Apabila berbagai barang di ruangan memiliki desain sederhana, lebih baik lampunya juga dilengkapi kap minimalis. Begitu juga sebaliknya.

  • Pilih Material Kap yang Sesuai dengan Lampu

Terakhir yang tak kalah penting adalah memilih material terbaik dan pas untuk jenis lampu. Jika ingin menggunakan lampu LED, Anda bisa menggunakan material kaca tipis sekalipun.

Namun, jika ruang makan akan dilengkapi bohlam, pertimbangkan kap bahan kertas hingga plastik. Sebab, jenis lampu ini cenderung lebih cepat panas sehingga berisiko merusak kapnya.

Itulah sejumlah informasi mengenai inspirasi model lampu gantung ruang makan dan juga tips untuk memilihnya. Untuk ruangan yang nyaman ditempati, kesesuaian antara furniture satu dengan yang lainnya memang penting. Jadi, pastikan untuk memperhatikannya, ya!

Editted by UN

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *