16 Insight Model Plafon Ruang Keluarga

Plafon meski di ruang keluarga tetap memiliki peran visual dan fungsi yang penting. Ada banyak model plafon ruang keluarga yang bisa Anda jadikan

Untuk membuat ruang keluarga terlihat indah, salah satu elemen yang harus dipercantik adalah plafon. Saat ini, model plafon ruang keluarga pun semakin beragam dan bisa disesuaikan sesuai kebutuhan Anda.

Selain mempercantik ruangan, plafon yang dipasang juga dapat meningkatkan sirkulasi udara di dalam ruangan. Bagi Anda yang tinggal di daerah tropis, plafon yang tinggi memungkinkan sirkulasi udara lebih baik dan menjaga ruangan tidak pengap.

Berikut ini adalah beberapa inspirasi model plafon ruang keluarga yang bisa Anda coba.

16 Model Plafon Ruang Keluarga yang Estetik dan Mewah

Model Plafon Ruang Keluarga
Model Plafon Ruang Keluarga

Ada banyak sekali model plafon ruang keluarga yang bisa dipilih sesuai dengan selera. Variasi model ini juga sudah sesuai dengan konsep terbaru saat ini. Diantaranya adalah:

1. Plafon Ruang Keluarga Terbaru Nuansa Futuristik

Model plafon ruang keluarga pertama yang bisa Anda coba adalah plafon bernuansa futuristik. Nuansa baru pada model plafon ruang keluarga ini tercermin pada desain eksteriornya yang  futuristik. Desain plafonnya juga sederhana.

Selain itu, aksen garis-garis dengan lampu akan menambah kesan futuristik. Plafonnya memiliki tangga melayang dan berwarna dasar abu-abu sehingga terlihat semakin indah. Ruang keluarga ini cocok  untuk rumah dengan fitur smart home dan furnitur canggih.

2. Plafon Ruang Keluarga Sederhana

Ini adalah model plafon yang bisa mempercantik suasana ruang tamu di rumah kecil seperti rumah tipe 21 atau tipe 36.

Model plafon ruang keluarga ini memiliki desain minimalis dan modern, karena tidak mempunyai banyak dekorasi dan memiliki tarikan garis yang bersih. Selain itu, lampu kuning dan putih juga dipasang untuk menyempurnakan desain.

3. Plafon Ruang Keluarga Kayu Garis-garis

Jika ingin membuat plafon yang berbeda, Anda bisa menggunakan material kayu. Dengan menggunakan kayu, plafon akan terlihat lebih natural dan hangat.

Pada model ini, plafonnya  dilapisi kayu sehingga menciptakan desain yang unik. Kemudian, kayunya juga tidak dicat sehingga warnanya tetap natural.

Material kayu juga dikatakan dapat menghangatkan ruangan sehingga cocok digunakan di lingkungan dingin seperti pegunungan.

4. Plafon Ruang Keluarga dengan Kesan Rustic

Apakah Anda ingin memiliki ruang keluarga dengan desain rustic? Jangan lupa  memperhatikan desain plafonnya ya! Salah satu tipsnya adalah Anda bisa memasang plafon dengan desain kayu. Kayu yang dipilih tidak perlu dicat dengan warna lain.

Pilih saja plafon berwarna kayu yang terlihat natural, seperti coklat tua. Desainnya akan menambah kehangatan pada ruangan Anda lho!

5. Plafon Ruang Keluarga dengan Desain Lingkaran

Desain lingkaran adalah model plafon ruang keluarga selanjutnya yang bisa Anda coba terapkan.

Desain plafon berbentuk lingkaran masih jarang digunakan di rumah-rumah  Indonesia. Padahal, model plafon ini mampu memberikan tampilan unik dan estetik pada ruangan.

Selain itu, model plafon rumah minimalis untuk ruang keluarga ini juga mampu memberikan kesan  luas dan dinamis pada ruangan.

Pada model ini, desain plafon bisa ditonjolkan dengan lampu gantung di tengah dan lampu kuning di tepinya.

6. Plafon Bernuansa Islami

Ruang keluarga bergaya Islami terlihat sangat nyaman, terbukti dengan desain plafon yang unik dan dinding yang indah. Didesain dengan berbagai kombinasi warna tentu semakin menambah keindahan ruangan, apalagi dengan hadirnya dekorasi yang Islami.

7. Plafon Ruang Keluarga yang Cocok untuk Kipas Angin

Jika rumah Anda terletak di daerah panas seperti pesisir pantai, menempatkan kipas angin di langit-langit mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat.

Ya, model plafon ruang keluarga ini bisa digunakan jika ingin menerapkan kipas angin di rumah Anda.

Jadi, plafonnya mempunyai desain yang polos. Lalu, kipas anginnya difungsikan juga sebagai salah satu dekorasi. Artinya, Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih kipas angin yang tepat untuk ruang keluarga Anda.

8. Plafon Ruang Keluarga Minimalis

Desain minimalis hanya mengutamakan aspek penting saja. Oleh karena itu, desain ini sering kali tampil bersih, sederhana, dengan sedikit dekorasi. Jika Anda tinggal di rumah minimalis modern, model plafon ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Plafonnya sebagian besar berwarna putih polos dengan sedikit elemen dekoratif. Dekorasi di langit-langit hanya berupa lampu melingkar dan lampu gantung saja.

9. Desain Plafon yang Tersusun

Keindahan ruangan akan semakin dipertegas dengan desain plafon berlapis-lapis, seperti model yang satu ini. Desain ini bisa menjadi pilihan jika Anda memiliki langit-langit yang tinggi.

Kemudian, lampu sengaja dibuat dalam jumlah besar dengan ukuran kecil, padahal sudah memiliki jendela kaca yang sangat besar.

10.Plafon Ruang Keluarga Mewah

Jika Anda ingin memberikan kesan mewah pada ruang keluarga Anda, Anda bisa mengecat plafon dengan warna krem. Selanjutnya, letakkan lampu kuning di plafon tersebut.

Namun, perlu ditegaskan bahwa desain plafon akan terlihat lebih mewah jika desain dan furnitur ruangan juga mempunyai kesan mewah.

11. Model Plafon Ruang Tamu Terbaru Desain Timbul

Model plafon ruang keluarga ini terbilang unik karena memiliki bentuk timbul seperti palang-palang bersilangan. Anda dapat menempatkan lampu dan kipas angin di cekungannya.

Sementara itu, pada bagian garis-garis panjangnya, dibiarkan polos begitu saja tanpa ada adanya dekorasi. Model plafon timbul ini akan membuat desain ruang keluarga Anda terlihat lebih megah dan kokoh lho!

12. Model Plafon Ruang Tamu Minimalis dengan Lampu LED Strip

Model plafon minimalis mempunyai bentuk sederhana yang hanya terdiri dari garis-garis lurus membentuk persegi panjang.

Selanjutnya, pemilihan warnanya juga mencolok dan mencerminkan kesan bersih, antara lain putih, abu-abu, dan krem.

Pada model ini, bagian garis panjangnya dihias dengan lampu plafon LED strips. Alhasil, model plafon ini tidak hanya memberikan kesan minimalis, tapi juga  modern dan futuristik.

13. Plafon Ruang Tamu Garis-garis Warna Hitam dan Putih

Model plafon ruang keluarga terbaru ini juga menampilkan motif garis-garis yang sama dengan model plafon sebelumnya.

Akan tetapi, model plafon ini justru terlihat lebih minimalis dibandingkan model sebelumnya.  Hal ini karena warna plafonnya adalah putih dan hitam.

Tak hanya itu, bagian plafonnya juga polos, tanpa dekorasi berlebihan. Kesan rapi, simpel dan bersih sangat terlihat dari model plafon yang satu ini.

Baca juga: Inilah 10 Ide Ruang Tamu dan Ruang Keluarga Tanpa Sekat, Estetik Banget!

14. Plafon Minimalis dengan Lampu yang Banyak

Desain plafon ruang keluarga ini sebenarnya berukuran cukup besar dan kebetulan  menggunakan pencahayaan yang cukup banyak.

Warna lampu yang kuning mampu mempercantik ruangan, apalagi jika dipadukan dengan ornamen kayu pada pembatas ruangan.

15. Plafon Putih dengan Lampu Kristal Gantung

Pada model ini, banyak cahaya yang masuk dari jendela, namun lampu-lampu kecil di plafon tetap terlihat indah.

Selain itu, model lampu gantung kristal gantung juga sangat mewah dan elegan, sehingga Anda bisa mencari lampu gantung dengan desain yang keren.

16. Plafon Ruang Tamu Bertema Industrial

Model plafon ruang keluarga berikutnya yaitu bertema industrial. Model ini biasanya memanfaatkan fitur sistem bangunan yaitu saluran pipa dan ventilasi.

Model ini terinspirasi dari pabrik-pabrik kuno yang salurannya sengaja dibuka dan diekspos sehingga menimbulkan kesan ruangan tidak memiliki plafon. Hal ini berbeda dengan perusahaan modern yang mengutamakan fungsionalitas bangunan.

Itulah 16 inspirasi model plafon ruang keluarga yang bisa Anda jadikan referensi. Dengan menggunakan referensi model dan jenis plafon di atas, Anda bisa menciptakan plafon yang sesuai dengan konsep, tema, dan situasi rumah atau ruangan Anda.

Hal ini karena plafon merupakan bagian yang sangat penting dalam mempengaruhi kesan pada suatu ruang bangunan. – Editted by UN

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *