Desain Rumah 100 Meter 2 Lantai, Mewah, Berkelas

Seiring berjalannya waktu, harga sebuah tanah dan hunian akan terus mengalami kenaikan. Hampir seluruh hunian yang berada di perkotaan besar sudah memiliki harga yang sangat fantastis.

Harga sebidang tanah yang terus melambung tinggi dari tahun ke tahun membuat sebagian orang lebih memilih untuk membeli lahan yang tidak terlalu luas untuk membangun sebuah hunian.

Oleh karena itu, hampir sudah jarang di kota besar kita temukan rumah yang dibangun hanya dengan satu lantai saja.

Pemilik tanah lebih memilih untuk investasi dan membuat desain rumah 100 meter 2 lantai dengan harga yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan harus membangun rumah dengan satu lantai saja.

Membeli tanah kosong berukuran kecil juga dapat menjadi sebuah opsi yang sering diambil orang supaya bisa menghemat budget pada saat membangun rumah.

Rumah sederhana 2 lantai masih bisa dibuat pada tanah yang kecil sekalipun tanpa Anda harus membeli tanah berukuran besar dan memaksakan untuk membangun rumah yang terlalu besar dan mahal. 

Apabila dulu banyak orang yang lebih menyukai lahan luas untuk membangun sebuah hunian, saat ini justru sebagian dari mereka lebih memilih lahan yang memiliki ukuran sedang, yaitu sekitar 100 m2 ataupun kurang dari itu.

Hal-Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membangun Rumah 100 Meter 2 Lantai

Sebelum anda membangun sebuah hunian dengan desain rumah 100 meter 2 lantai, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan secara khusus.

Langkah awal yang harus anda siapkan yaitu anda membutuhkan sebuah desain rumah 100 meter 2 lantai di atas lahan seluas 100 m2.

Dengan begitu anda bisa mengetahui secara detail bagaimana perencanaan awal pembangunan tersebut.

Membuat desain rumah membutuhkan sebuah keahlian khusus dan tak bisa dilakukan oleh sembarang orang.

Namun anda tidak perlu cemas dan khawatir, karena saat ini sudah ada banyak inspirasi tentang desain dan model hunian terbaik yang bisa anda jadikan sebuah referensi.

Berikut beberapa inspirasi model dan desain rumah 100 meter 2 lantai yang bisa anda jadikan contoh untuk hunian impian.

Desain Rumah 100 Meter 2 Lantai
Desain Rumah 100 Meter 2 Lantai

Desain Rumah 100 Meter 2 Lantai Semi Privat

Inspirasi pertama untuk desain rumah 100 meter 2 lantai  yang pertama ini memiliki luas lahan sekitar 96 m2, akan tetapi total luas bangunnya adalah 100 m2.

Untuk area lantai satunya sengaja dibuat menjadi beberapa ruang yang sifatnya semi privat.

Sementara untuk akses masuk penghuni dari arah teras sengaja dibuat sedikit tersembunyi untuk menampilkan kesan yang estetik dan unik.

Secara garis besar, bangunan rumah ini berdiri tepat berada di tengah lahan. Fasad bangunannya juga memiliki carport untuk kendaraan kesayangan anda sekaligus juga area belakang yang berfungsi sebagai taman.

Sedangkan untuk lantai dua bangunan rumah ini bisa berfungsi sebagai area privat yang meliputi kamar tidur, ruang hiburan, ruang bersantai, hingga ruang untuk bekerja.

Baca: desain rumah minimalis

Desain Rumah 100 Meter 2 Lantai Minimalis

Sesuai dengan judulnya, desain rumah 100 meter 2 lantai minimalis ini mempunyai luas bangunan sekitar 87 m2 yang bentuknya memanjang.

Apabila kebetulan anda memiliki lahan hook, justru bangunan model seperti ini akan tampak semakin estetik karena dapat terlihat dari dua arah sekaligus.

Seperti desain rumah pada umumnya, bangunan ini memiliki ruang tamu, ruang untuk bersantai, hingga area dapur pada lantai satu.

Sementara di lantai dua terdapat kamar tidur, ruang untuk bekerja, ataupun ruang khusus untuk beribadah.

Jika ingin terlihat lebih bagus lagi, pastikan ruang tamu terletak di sisi luar sehingga dapat terlihat dari arah jalan.

Desain Rumah 100 Meter 2 Lantai Semi Open Plan

Membeli tanah berukuran besar adalah hal yang sangat baik untuk masa yang akan datang. Selain harganya yang masih sangat terjangkau, anda juga bisa dengan mudah untuk merancang desain rumah 100 meter 2 lantai sederhana.

Meskipun ukurannya terbilang luas, rumah dengan desain seperti ini sangatlah disukai dan termasuk ke dalam salah satu tipe rumah yang sangat mudah untuk diperjualbelikan.

Desain rumah 2 lantai sederhana dan biaya yang perlu anda keluarkan untuk jenis rumah ini tidaklah besar, sehingga anda masih bisa dengan mudah untuk mewujudkannya sendiri.

Salah satu kelebihan dari desain rumah 100 meter 2 lantai ini adalah anda bisa dengan mudah memanfaatkan seluruh ruangan yang ada secara maksimal tanpa harus pusing untuk menyisakan tempat kosong yang terbuang begitu saja pada rumah anda.

Untuk memaksimalkan ruang, anda bisa merancangnya dengan konsep semi open plan yang dimana ruang tamu dan ruang keluarga akan terhubung tanpa adanya tembok yang menghalangi.

Selain itu, kamar tidur juga bisa diletakkan pada lantai 2 untuk menghemat ruang pada lantai dasar.

Baca juga: 8 Bentuk Rumah dengan Biaya 100 Jutaan

Desain Rumah 100 Meter 2 Lantai Sederhana Biaya Murah

Sebidang tanah yang memiliki luas 100 meter persegi bisa memberikan anda sebuah kebebasan dalam melakukan berbagai desain rumah 100 meter 2 lantai sederhana dan dengan biaya yang murah.

Selain itu, anda juga bisa membangun sebuah rumah dengan luas bangunan kurang lebih sebesar 100 meter persegi yang memiliki 4 buah kamar tidur dan 2 kamar mandi.

Pada bagian depan rumah, anda juga bisa membangun sebuah carport yang mampu untuk menampung sebuah mobil dan dua buah motor dengan mudah.

Selain itu juga, anda masih mempunyai sebuah halaman yang berukuran sedang yang dapat anda kreasikan sendiri agar taman atau saudara dapat menikmati bersantai bersama.

Jangan lupa juga untuk menambahkan beberapa furniture minimalis yang berukuran sedang supaya isi dari rumah tersebut tidak menjadi penuh dan sesak.

Estimasi Rincian Anggaran Membangun Rumah 100 Meter 2 Lantai

Apabila anda tertarik untuk membangun sebuah desain rumah 100 meter 2 lantai, buatlah anggaran rincian perhitungan biayanya terlebih dahulu, supaya nantinya tidak mengacaukan finansial anda saat proses pembangunan berlangsung.

Berikut ini adalah gambaran rincian biaya membangun rumah 2 lantai sederhana yang bisa menjadi referensi bagi anda:

  • Hitunglah terlebih dahulu besaran upah kerja untuk membayar tukang bangunan. Sebagai contohnya, anggaplah anda menggunakan tukang bangunan harian dengan rincian upah Rp200.000 per harinya.
  • Berdasarkan estimasi biaya secara umum, apabila anda ingin membangun rumah 2 lantai dengan ukuran luas bangunan sebesar 100 meter persegi maka anda perlu mengeluarkan biaya bahan bangunan sebesar Rp300 sampai Rp400 juta.
  • Apabila anda ingin mempercantik rumah dengan tambahan area taman, siapkan juga budget tambahan sebesar Rp10 juta untuk mendapatkan taman yang menarik di rumah anda.

Itulah beberapa desain rumah 100 meter 2 lantai yang dapat anda jadikan sebuah referensi untuk membangun rumah impian. Perhatikan juga budget untuk anggarannya, usahakan cukup untuk membeli semua bahan material. Editor: UN

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

Tinggalkan komentar