Inspirasi dan Tips Desain Rumah di Tanah Berundak

Desain rumah di tanah berundak ini perlu untuk diniliki oleh Anda yang berniat untuk membangun rumah disekitar dataran yang tinggi dan tidak rata.

Sebab, kondisi tanah yang tidak beraturan akan mengakibatkan rumah tidak seimbang dan mudah rusak.

Pasalnya membangun rumah di tanah yang rata dengan yang berundak akan jelas berbeda dan memerlukan effort lebih baik dari segi desain l, bahan material, maupun para pekerja ahli dalam membuat rumah di tanah yang berundak.

Konsep dan Tips Desain Rumah di Tanah Berundak

Karena banyak yang mencari, maka artikel ini akan membahas mengenai desain rumah di tanah berundak yang seperti apa yang cocok dan tepat serta beberapa tips untuk membangunnya.

Desain Rumah di Tanah Berundak
Desain Rumah di Tanah Berundak

Desain Rumah di Tanah Berundak Model Panggung Modern

Apabila Anda ingin membangun sebuah rumah namun lahan untuk membangunnya tidak rata tidak perlu dilakukan pemerataan dengan mengurug tanah.

Anda hanya perlu membuat desain rumah di tanah berundak dengan model panggung yang modern.

Rumah panggung ini sangat cocok untuk lahan yang tidak rata seperti berundak. Material penting yabg dibutuhkan untuk rumah semacam ini adalah dengan menggunakan tiang pancang besar yang dipasang untuk menopang berat bangunan.

Selain itu juga terdapat tiang lainnya yang akan menopang tiang utama agar lebih kokoh menopang bangunan.

Sedangkan untuk jumlah tiang yang akan dipasang tergantu seberapa besar rumah yang akan dibangun.

Biasanya rumah seperti ini menggunakan bahan material kayu agar rumah terlihat elegan, estetik, kalsik namun tetap terlihat modern.

Desain Rumah di Tanah Berundak Jalan Menanjak

Desain rhmah di tanah berundak selanjutnya ialah yang berada di area jalan menanjak ternyata banyak dijumpai.

Rumah yang berada di jalan menanjang dan miring ini terlihat unik karena bentuknya yang berbeda dengan bangunan rumah lainnya.

Ada berbagai macam konsep untuk membuat rumah di jalan menanjak, salah satunya yatu konsep modern yang memiliki nuansa coonwood yangsapat menciptakan kesan mewah dan ekslusif.

Biasanya rumah di jalan menanjak ini memiliki level ketinggian dalam rumah.

Baca juga: Mendirikan Rumah di Lahan Miring dan Berbagai Keuntungannya

Desain Rumah di Tanah Berundak dengan Garasi Mobil

Apabila lahan yang akan Anda bangun rumah memiliki kobtur yang miring dan langsung menghadap ke jalan raya maka Anda dapat memnafaatkannya untuk membuat garasi mobil di bagian bawah rumah.

Agar menghemat waktu dan lebih fleksibel maka buatlah rumah dengan garasi mobi yang berada dibawah saling terkoneksi misalnya di dalam garasi terfapat tangga untuk masuk ke dalam rumah sehingga tidak perlu melewati jalan raya untuk masuk ke rumah.

Desain Rumah di Tanah Berundak Mengikuti Ketinggian Tanah

Tanah yang memiliki ketinggian tak sama dan lebih tampak seperti anak tangga bisa anda manfaatkan untuk membangun rumah yang bertingkat sesuai dengan ketinggi tanah.

Tak lupa untuk lastikan tanah tersebut stabil dan Anda membuat penyangga yang kuat untuk menopang.

Rumah semacam ini biasanya mudah menikmati keindahan pemandangan di luar dan pemandangan akan terlihat lebih luas.

Desain Rumah di Tanah Berundak dengan Halaman Depan Luas

Bila anda memiliki rumah yang berada di tanaglh yang berundak tidak rata seperti menurun atau menanjak, Anda dapat memanfaatkan lahan yang menurun untuj dibuat halaman depan rumah.

Bagian yang berundak atau menurun tersebut dapat anda tanami berbagai tanaman agar terlihat cantik, sedangkan untuk bagian tanah yang menanjang dapat anda manfaatkan untuk membuat rumah hunian.

Rumah semacam ini akan membuat Anda mudah mengakses pemandangan di luar rumah, selain itu juga akan membuat rumah jauh lebih menarik dan terasa sangat nyaman.

Baca: desain rumah minimalis

Kunggulan Memiliki Rumah di Tanah Berundak

Sudah banyaknya orang memiliki rumah hunian di lahan tanah yang tidak rata karena memang tidak seburuk itu memiliki rumah di tanah berundak.

Bahkan dengan model rumah seperti ini Anda akan mudah melihat pemandangan di luar rumah. Beberapa keunggulan memiliki rumah di tanah berundak dibawah ini.

Harga Beli Terjangkau

Ada berbagai faktor yang membuat harga beli rumah sangat mahal termasuk pada kontur dan strukyur tanag, maka dari itu rumah yang letaknya di tanah berundak jauh lebih murah dibanding dengab rumah pada tanah yang rata.

Walaupun begitu jika memiliki desain yang perhitungan tepat akan menghasilkan rumah yang bagus dan kuat.

View Indah

Sudah sangat jelas jika memiliki rumah di tanah yang beundak dan bertingkat akan selalu menikmati pemandangan yang sangat indah di luar dan bisa dengan puas memandang luar rumah.

Terbebas Banjir

Seperti yang Anda ketahu bahwa memiliki rumah di dataran yang tinggi akan tidak mudah terkena banjir karena secara otomatis saluran drainase akan berjalan terus ke tempat yang rendah.

Maka dari itu rumah akan terbebas dari banjir, selain itu juga undakan yang berada di rumah akan tetap aman.

Estetik

Rumah yang berundak ternyata dapat terlihat dari segi tampilan sangat estetik karena dapat menjadi rumah yang menarik dan indah apalagi jika didesain menggunakan konsep atau ide yang tepat akan menghasil rumah berundak yang estetik.

Tips untuk Desain Rumah di Tanah Berundak

Memperhatikan Keseimbangan Tanah

Tanah yang memiliki kontur struktur yabg tidak rata akan rawan terjadinya kelongsoran tau pergeseran tanah dibanding dengan struktur tanah yang stabil.

Maka dari itu perlu adanya pertimbangan untuk mengetahui keseimbangan tanah agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, sebab apabila terjadi longsong atau pergeseran tanah maka yang ada di atasnya pun ikut rusak.

Hal. Yang perlu dilakukan adalah menyiapkan penyangga yang kuat untuk menopang bangunan dan dipasang pada sisi kanan dan kiri tanah agar kuat.

Memperhatikan Kemiringan Tanah

Perlu diketahui bahwa ketika akan membangun rumah harus memperhatikan kemiringan tanah karena ada batas kemiringan tanah yangdapat didirikan suatu bangunan.

Jika tanah yang ingin dirikan rumah cukup miring maka anda perlu menyiapkan tingkat kestabilannya dan pastikan tidak rawan longsor.

Biaya Pembangunan Rumah

Selain tips di atas, tak kalah pentingnya Anda perlu mempersiapkan dan memperhitungan biaya yang akan digunakan untuk membangun rumah di tanah herundak.

Harga tanah memang relatif murah namun untuk membangun rumah di atas tanah berundak memerlukan bahan materia yang kuoat dan kokoh untuk menopang rumah agar tetap  aman ditinggali.

Tak lupa untuk mempertimbangan bobot dan material yang aka digunakan untuk membangun rumah. Jika Anda memilih materiak kayu maka pilihlah kayu yang kuat dan kokoh.

Cuaca Sekitar

Pastikan untuj memahami cuaca ketika akan membangun rumah di tanah berundak, jika cuqca panas akan memudahkan pekerja dan bahan material basah akan cepat kering dibandingkan ketika cuaca hujan.

Demikian beberapa inspirasi dan tips desain rumah di tanah berundak yang bisa anda pelajari jika anda berniat untuk membangun runah di tanah yang berundak.

Perlu pertimbangan yang cukup agar rumah kokoh walaupun diterpa hujan dan pertimbangkan pula struktur dan kontur tanah yang tawan atau tidaknya longsor. Editor: UN

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

Tinggalkan komentar