Perkiraan Biaya Bangun Rumah Ukuran 8×12 yang Efisien

Memiliki rumah impian dengan ukuran 8×12 merupakan hal yang lumrah. Apalagi biaya bangun rumah ukuran 8×12 termasuk mudah diestimasinya.

Akan tetapi ada banyak sekali hal yang harus Anda ketahui untuk mempersiapkan keseluruhan proses pembangunan rumah yang Anda inginkan.

Akan tetapi apabila Anda merasa bahwa membangun rumah akan memakan banyak waktu dan banyak sekali yang harus diperhatikan Anda dapat memilih opsi ke dua yaitu membeli rumah yang sudah jadi dan siap untuk Anda tempati bersama keluarga.

Akan tetapi pada artikel kali ini kita akan berbicara tentang perkiraan biaya bangun rumah ukuran 8×12 yang harus Anda perhatikan ini.

Menghitung Biaya Bangun Rumah ukuran 8×12 dan Hal Hal yang Mesti Anda Pikirkan

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan apabila Anda ingin membangun rumah dengan ukuran 8×12.

Hitung Luas Bangunannya

Hal utama yang harus Anda lakukan sebelum bicara biaya bangun rumah ukuran 8×12 secara detail adalah menghitung luas bangunan yang akan Anda dirikan terlebih dahulu

Apabila Anda sudah menentukan akan membangun rumah dengan luas bangunannya berapa maka saat itu juga Anda juga sudah dapat menghitung total biaya tanahnya.

Contohnya seperti apabila Anda ingin membangun rumah dengan ukuran 8×12 ini ada baiknya jika Anda melebihkan beberapa meter.

Tujuannya agar Anda dapat memiliki beberapa tempat luas yang dapat Anda jadikan sebagai area mencuci, area bersantai, area garasi, atau halaman rumah yang akan Anda buat taman baik taman yang berukuran luas maupun minimalis.

Cara menghitung biaya tanah ini cukup mudah, Anda hanya perlu mencari tahu berapa harga tanah saat ini lalu Anda kalikan dengan luas tanah yang akan Anda beli untuk membangun hunian rumah yang Anda inginkan.

Totalnya dapat Anda masukan pada file khusus untuk merekap keseluruhan total biaya yang akan Anda perlukan nanti.

Akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa harga tanah di setiap wilayah tentu saja berbeda beda. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti, harga jual tanah akan mahal per meternya apabila tanah tersebut berada di kota besar, di dekat jalan raya.

Hal ini juga dikarenakan pada wilayah perkotaan intensitas permintaan pembangunan lebih tinggi sehingga menyebabkan minimnya lahan yang tersisa hal ini menyebabkan harga tanah di wilayah perkotaan bernilai tinggi.

Sebaliknya, harga tanah terbilang rendah apabila tanah yang akan Anda beli berada di wilayah pedesaan, hal ini dikarenakan pada wilayah pedesaan masih memiliki banyak tanah kosong serta permintaan pembangunan rumah di desa tidak setinggi di wilayah perkotaan.

Akan tetapi masih terdapat faktor lain juga mengapa harga tanah per meternya terbilang rendah, yaitu seperti tanah tersebut diwilayah langganan banjir.

Tentukan Desainnya

Hal ke dua yang terkait juga dengan biaya bangun rumah ukuran 8×12 yang harus Anda lakukan adalah menentukan desainnya.

Pada poin ke dua ini juga sama pentingnya dengan poin-poin yang lainnya, apalagi ini soal desain yang tentu saja akan menghasilkan rancangan rumah yang akan Anda buat.

Pada hal ini Anda akan diberikan beberapa pilihan, apabila biaya yang Anda miliki terbatas apakah Anda akan mengikuti biaya yang Anda miliki yang tentu saja akan menghasilkan desain yang apa adanya bahkan bisa di bilang seperti model rumah pada umumnya.

Atau Anda akan memilih desain yang sesuai dengan keinginan Anda yang tentunya Anda akan menyiapkan biaya yang lebih banyak lagi untuk mewujudkan desain imprian pada rumah yang ingin Anda bangun ini.

Untuk menentukan desain rumah apabila Anda ingin menghemat dana maka Anda dapat mencari beberapa inspirasi model rumah yang kekinian, modern, minimalis atau mewah, Anda dapat mencarinya di internet, terdapat banyak sekali website serta model rumah yang dapat menjadi inspirasi Anda.

Akan tetapi apabila Anda ingin mendapatkan desain yang memuaskan dan Anda memiliki dana lebih maka Anda dapat menggunakan jasa desain interior. Biaya desain sangatlah bermacam-macam Anda dapat memisalkan dengan jumlah Rp.5.000.000 sampai dengan Rp.10.000.000.

Baca juga: Estimasi Biaya Bangun Rumah 2 Lantai 4×6 dan Tips 7 Merencanakannya

Memperkirakan material Bangunan

Hal ke tiga dari poin penting biaya bangun rumah ukuran 8×12 yang harus Anda lakukan adalah menentukan material bangunannya.

Material bangunan ini sangatlah banyak dan beragam, tentu saja kualitasnya terpaku terhadap harga jual suatu produk, apabila harga jualnya semakin mahal maka kualitas yang dihadirkan semakin baik dan sebaliknya apabila harga jual suatu bahannya terjangkau maka kualitas yang dihasilkan juga standar. Material bangunan yang diperlukan sangatlah banyak seperti :

Pasir, semen, baja, metal, paku, besi beton, genteng atau asbes atau seng, kaca, kerikil, kayu baik untuk atap maupun untuk pintu dan jendela, keramik, kawat, bata merah atau hebel.

Untuk penghitungan keseluruhan biayanya yaitu jumlah material dikalikan dengan harga material saat ini.

Hal ke tiga yang harus Anda lakukan adalah menentukan tenaga kerja atau tukang

Biaya untuk tukang adalah biaya yang sangat penting, biasanya untuk satu rumah yang biasa dapat dikerjakan oleh tiga tukang.

Begitu juga apabila rumah yang akan Anda bangun semakin besar maka tukang yang dibutuhkan semakin banyak. Biasanya biaya tukang per harinya adalah Rp.100.000 sampai dengan Rp.200.000. biasanya pembayaran tukang akan dilakukan setiap bulan atau setiap minggunya. Untuk menghitung biaya tukang per orang adalah

Julmlah hari x upah tukang

1 bulan x Rp.100,000

Rp.3.000.000

Jadi, total biaya per tukang untuk per satu bulannya adalah Rp.3,000,000

Apabila Anda memiliki 3 tukang maka Anda harus menyiapkan Rp.9,000,000 setiap bulannya. Apabila Anda memperkirakan pembangunan rumah Anda selama 5 bulan maka total biaya tukang adalah

Biaya keseluruhan tukang per bulan x 5 bulan

Rp.9.000.000 x 5 bulan

Rp.45,000,000

Melakukan Instalasi Listrik

Hal ke lima yang masuk dalam poin biaya bangun rumah ukuran 8×12 dan harus Anda lakukan adalah memasang kelistrikan.

Untuk biaya memasang listrk bermacam-macam karena daya listrik yang ditawarkan juga bermacam-macam ada yang 900 watt dengan harga sekitar Rp.139,900, 1,300 watt dengan harga sekitar Rp.2,372,200, 2,200watt dengan biaya sekitar Rp.3,941,00

Finishing Interior

Hal ke enam dari serentetan item biaya bangun rumah ukuran 8×12 dan harus Anda lakukan adalah melakukan finishing terhadap interior rumah Anda.

Pada tahap ini Anda akan memilih warna cat dinding, tema interior rumah, furniture rumah seperti kursi tamu, meja makan, lemari, tempat tidur, meja rias, meja belajar, ac, wastafel, kompor, dan seluruh perabotan yang lainnya.

Semua biaya dapat Anda pilih karena harga tiap furniture sangatlah bermacam-macam ada yang murah, sedang, maupun mahal.

Finishing Eksterior

Hal ke tujuh dari salah satu biaya bangun rumah ukuran 8×12 yang harus Anda lakukan adalah melakukan finishing terhadap eksterior rumah Anda.

Untuk eksterior Anda bisa fokus ke tampilan luar rumah Anda lalu halaman rumah yang Anda miliki apabila Anda ingin membuat taman kecil untuk halaman Anda. Untuk inspirasi taman juga dapat Anda dapatkan di internet.

Apabila halaman luar yang Anda miliki cukup luas maka Anda dapat menambahkan beberapa tanaman untuk hiasan lalu kolam ikan dan satu gazebo.

Akan tetapi apabila Anda menginginkan yang lebih privat maka Anda dapat mengubah denah rumah Anda dengan memperluas halaman belakang dan memperkecil halaman luar.

Hal ini akan membuat Anda lebih nyaman karena Anda dapat bebas bersantai di taman belakang rumah Anda. Secara otomatis hanya Anda dan keluarga di rumah saja yang dapat mengakses atau melihat taman yang Anda miliki tersebut.

Bagaimana, item biaya bangun rumah ukuran 8×12 di atas sebenarnya simpel bukan?

Anda tidak perlu terlalu khawatir soal biaya bangun rumah ukuran 8×12 yang mana sebenarnya tinggal Anda atur di awal. Maka, hasilnya tidak akan meleset dan rumah Anda akan jadi dengan sempurna.

Ada pertanyaan seputar pengaturan biaya bangun rumah ukuran 8×12? Silakan ditanyakan!

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *