Desain Rumah Joglo Modern Bikin Betah dan Nyaman

Rumah Joglo merupakan rumah adat masyarakat Jawa yang didominasi oleh bahan dasar kayu. Bahkan desain rumah joglo modern saat ini juga tetap mempertahankan ciri khas ini.

Penampilannya yang estetik membuat rumah Joglo menjadi populer sampai saat ini. Bahkan, bentuknya yang semakin diperbaharui dan mulai banyak dimodifikasi untuk menciptakan kesan lebih modern yang disesuaikan dengan desain rumah Joglo modern seperti yang sering kita temui.

Di zaman modern seperti sekarang ini sudah banyak orang yang mencoba untuk memadukan desain rumah joglo dengan sentuhan desain rumah modern.

Pasalnya perpaduan kedua konsep ini memang dapat memberikan tampilan hunian yang mempunyai seni tinggi. Salah satu keunikan dari rumah tradisional  Joglo  ini adalah atapnya yang berbentuk tajug.

Bentuknya yang menyerupai piramida terinspirasi dari bentuk gunung. Pengaplikasian atap pada rumah modern dapat menghadirkan sebuah kombinasi yang sangat unik pada tampilan rumah Joglo.

Desain Rumah Joglo Modern Masa Kini

Berikut ini kita akan membahas tentang desain rumah joglo modern yang bakal membuat penghuninya merasa betah berada didalamnya.

Rumah Joglo Dengan Atap Sederhana

Desain rumah Joglo pertama yaitu menggunakan atap sederhana. Meskipun atap menjadi ciri khas dari rumah Joglo, anda masih bisa memodifikasinya tanpa harus merubah unsur tradisional.

Bentuk atap yang dirubah menjadi lebih minimalis dan ditopang dengan bagian rumah Joglo lainnya tetap menggunakan kayu serta bentuknya yang masih mempertahankan kesan tradisionalnya.

Selain itu, desain rumah joglo modern juga tidak perlu lagi untuk menambahkan ornamen yang rumit untuk memercantiknya, karena tampilannya yang sederhana justru akan menghadirkan kesan yang lebih menarik.

Jangan lupa untuk melengkapi rumah Joglo dengan tambahan kaca berukuran besar pada bagian pintu atau jendela untuk memerlancarkan sirkulasi udara dan cahaya alami yang masuk secara langsung kedalam rumah, sehingga para penghuninya dapat hidup dengan sehat.

Rumah Joglo Dengan Sentuhan Klasik

Sama menariknya dengan atap rumah joglo yang megah, desain rumah joglo modern yang satu ini juga dapat menyita perhatian berkat adanya model atap yang berkesan klasik.

Ditambah lagi dibawah atapnya terdapat lampu penerangan yang letaknya sangat strategis sehingga menciptakan kesan yang mewah.

Selain itu, penataan bagian outdoornya juga dibuat senyaman mungkin dengan gaya furnitur modern. Rumah joglo modern ini juga sudah dilengkapi sebuah kolam kecil didalam area rumah.

Rumah joglo modern minimalis ini juga sangat cocok untuk kebutuhan akomodasi berlibur anda atau sekedar untuk rumah idaman bagi siapa saja.

  1. Rumah Joglo Dengan Tambahan Batu Alam

Desain rumah Joglo modern dengan hiasan batu alam mempunyai tampilan yang sangat estetik sekaligus modern. Nilai-nilai tradiosional dalam rumah Joglo model ini juga semakin tetap terjaga, sehingga selain memiliki rumah yang indah anda juga dapat meneruskan warisan leluhur.

Memiliki bentuk atap yang khas, membuat rumah Joglo dikenal sebagai rumah khas masyarakat Jawa. Penampilannya juga turut diseimbangkan dengan penggunaan material batu alam pada dinding bangunannya.

Hal menarik lainnya yaitu desain rumah joglo modern minimalis ini juga dipermanis dengan hadirnya taman kecil bergaya minimalis  dibagian depannya sehingga menciptakan kesan yang lebih  asri pada bangunan.

  • Rumah Joglo Dengan Open Roof

Saat melihat model atapnya, kesan yang muncul pertama dari rumah ini memang identik dengan ciri khas dari rumah joglo.

Namun, desain rumah joglo modern minimalis ini telah mendapatkan banyak modifikasi, seperti penggunaan kaca fiber pada atapnya serta dipadukan dengan material kayu.

Selain itu, desain teras rumah joglo modern ini juga menarik, karena telah mendapatkan berbagai sentuhan kekinian seperti penggunaan roster beton, taman minimalis, serta area open roof yang tampak sangat manis saat dilihat dari bagian luar.

  • Rumah Joglo Dengan Sentuhan Jepang

Berkat dipadukan dengan sentuhan Jepang, desain rumah joglo modern jika dilihat tampak depan akan mencerminkan perpaduan budaya antara dua negara.

Tambahkan juga berbagai ornament khas jepang, seperti dekorasi berupa lampu klasik khas Jepang berbentuk kotak sederhana, dan lainnya.

Selain itu, penambahan kolam ikan berisi ikan koi di sekitar rumah Joglo juga dapat membuat nuansa Jepang semakin lebih terasa.

  • Rumah Joglo Dengan Unsur Tropis

Desain rumah joglo modern minimalis dengan sentuhan nilai estetika modern yang paling sering ditemui adalah di daerah yang terkenal dengan tempat liburannya, seperti Bali.

Tidak heran hal ini memang bisa memberi kesan tradisional yang memukau jika dilihat oleh mata secara instan.

Oleh sebab itu, hunian untuk tempat istirahat akan semakin terasa spesial berkat adanya unsur tradisi yang penuh dengan kehangatan.

Jadi, jika anda akan berlibur ke daerah wisata yang tropis, carilah hunian atau penginapan dengan desain estetik atap rumah joglo supaya momen indahmu makin berkesan.

  • Rumah Joglo Dominasi Warna Putih

Desain dan gaya otentik asli dari rumah joglo tradisional adalah mengusung dominasi warna cokelat. Namun, anda akan mendapatkan kesan baru saat melihat desain rumah joglo modern yang satu ini.

Bagian dinding dan atap rumah joglo modern ini lebih banyak didominasi oleh warna putih. Dengan demikian, kesan unik akan dirasakan sewaktu pertama kali melihat rumah joglo modern yang satu ini.

Terlebih lagi, rumah joglo modern ini juga memiliki bingkai jendela dan daun pintu berwarna tosca sehingga akan memberikan kesan nyentrik dan dinamis. Seperti model rumah joglo minimalis sebelumnya, rumah joglo modern dengan nuansa warna putih ini juga dilengkapi dengan kolam renang dan model taman yang minimalis.

Selain itu, desain rumah joglo modern ini juga dilengkapi dengan berbagai dekorasi menawan, termasuk dinding pembatas area bilas yang menggunakan material dinding roster warna putih sehingga sangat mencuri perhatian.

Baca juga: 6 Bagian Penting Rumah Minimalis Klasik Model Joglo

  • Rumah Joglo Modern 2 Lantai

Untuk anda yang tinggal di daerah perkotaan dan memiliki keterbatasan lahan, selain menerapkan konsep minimalis, anda juga dapat membuat desain rumah joglo modern dengan 2 lantai.

Selain itu, anda juga dapat menerapkan atap khas rumah joglo berbentuk tajug di bagian lantai 2, sedangkan pada bagian lantai 1 dapat anda terapkan konsep modern yang dipadukan dengan material kayu untuk bagian bingkai jendela dan pintunya.

  • Rumah Joglo Dengan Kolam Renang

Rumah joglo identik dengan halamannya yang luas. Selain untuk taman, anda juga dapat memanfaatkannya untuk membuat kolam renang di halaman depan atau belakang rumah sebagai area bersantai setelah lelah bekerja.

Rumah joglo yang menggambarkan kearifan lokal serta dipadukan dengan kolam renang yang modern, akan semakin menjadikan hunian terasa lebih nyaman dan tentram.

Itulah beberapa rekomendasi desain rumah joglo modern minimalis yang dapat menjadi gambaran bagi anda jika masih bingung mencari model rumah joglo modern dan minimalis.

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *