Desain Rumah 3 Kamar Tidur 1 Mushola Minimalis dan Kekinian

Memiliki rumah dengan model dan desain seperti yang kita inginkan memanglah menjadi impian bagi banyak orang. Sebelum membangun sebuah rumah, langkah pertama adalah menentukan desain dan model dari bangunan rumah itu sendiri.

Bangunan rumah sebaiknya di desain dengan semenarik mungkin, tujuannya adalah agar kita betah dan menjadi tempat yang hangat ketika dipakai untuk berkumpul bersama dengan keluarga.

Salah satu inspirasi yang bisa anda pakai adalah desain rumah 3 kamar tidur 1 mushola untuk anda terapkan pada rancangan bangunan rumah. Desain ini sangat cocok terutama bagi anda yang beraga muslim.

Bagi setiap muslim, mempunyai rumah lengkap dengan ruang mushola merupakan syarat wajib yang harus ada pada setiap bangunan rumah. Dengan adanya mushola dirumah, maka sholat berjamaan bersama dengan keluarga juga dapat dilaksanakan dirumah.

Desain rumah 3 kamar tidur 1 mushola saat ini menjadi salah satu konsep denah rumah minimalis yang paling banyak diminati. Konsep ini biasanya dipakai oleh keluarga menengah yang tidak mempunyai lahan yang begitu luas untuk membangun rumah dengan ukuran yang luas.

Memiliki rumah dengan 3 kamar tidur dan 1 mushola bukan berarti anda harus mengorbankan kenyamanan yang sudah ada pada ruangan lain, atau mengganggu ruang gerak anda didalam rumah.

Ide Desain Rumah 3 Kamar Tidur 1 Mushola Minimalis

Dengan rancangan denah yang baik dan penataan zonasi yang tepat, maka anda dan keluarga bisa tetap lancar dan nyaman menjalankan beraktivitas di dalam rumah. Berikut beberapa desain rumah 3 kamar tidur 1 mushola yang dapat anda tiru.

Desain Rumah Minimalis Dengan 3 Kamar dan 1 Mushola

Memfokuskan tiga kamar tidur sekaligus pada satu bangunan rumah bukanlah sebuah masalah. Banyak contoh yang sudah menerapkan desain rumah 3 kamar tidur 1 mushola dengan konsep rumah minimalis.

Model desain rumah ini terdiri dari kamar tidur utama dengan kamar mandi di dalamnya. Sedangkan dua kamar tidur lain bersebelahan dan menghadap ke arah ruang keluarga serta ruang makan.

Desain rumah ini terbilang cukup efisien karena tidak ada satu sudut pun yang tidak terpakai. Jika tidak ingin membangun rumah secara vertikal, maka inspirasi rumah dengan konsep minimalis ini bisa menjadi pilihan bagi anda yang sedang mencari inspirasi model rumah.

Mushola Menyatu Dengan Ruang Keluarga

Keberadaan mushola didalam rumah tidak harus didesain dengan ruang tertutup, asalkan bisa menjaga kebersihannya. Nah, untuk desain rumah 3 kamar tidur 1 mushola yang satu ini, posisi mushola digabungkan dengan ruang keluarga.

Hal ini bukan berarti ketika akan melaksanakan kewajiban sholat akan terganggu, sebab anda masih tetap bisa memisahkannya dengan dekorasi antara zona ruang keluarga dengan zona mushola.

Dengan desain seperti ini sebenarnya tujuannya adalah agar rumah yang sempit dapat  terkesan lebih luas. Hal ini juga memiliki poin plus untuk kesegaran dan kelancaran sirkulasi udara pada rumah.

Desain Rumah 2 Lantai dengan 3 Kamar Tidur dan 1 Mushola

Untuk desain kali ini, desain rumah 3 kamar tidur 1 mushola memang harus dibangun menjadi 2 lantai. Dimana untuk bagian depannya terdapat ruang tamu dan ruang untuk keluarga yang terletak secara berhubungan.

Sedangkan pada bagian belakangnya digunakan untuk dapur, kamar mandi dan juga teras. Untuk keberadaan 3 kamar tidurnya berada di bagian atas, dimana satu kamar tidur berada di depan, sedangkan 2 kamar tidur lainnya berada di belakang dan ditempatkan  sejajar dengan dapur.

Sedangkan untuk posisi musholanya berada di sampingnya dan bersebelahan dengan teras bagian atas. Hal ini tujuannya adalah agar ketika sedang melaksanakan ibadah sholat bisa dilaksanakan secara nyaman dan fresh.

  1. Mushola Menjadi Transisi Dua Area

Bagi anda yang ingin memiliki  3 kamar tidur dengan 1 mushola, maka desain rumah 3 kamar tidur 1 mushola ini menjadi pilihan yang tepat. Sedangkan untuk posisi dua kamarnya lainnya berada di belakang rumah. Sedangkan untuk kamar satunya lagi berada di lantai atas dan jauh dari keramaian aktivitas yang ada di dalam rumah.

Sedangkan untuk musholanya, berada di belakang dapur, dimana hal ini dapat dijadikan sebagai ruang transisi yang memisahkan antar dua area yang memiliki fungsi berbeda, yakni area berkumpul keluarga dan area privasi.

Tujuan dari desain ini adalah agar dapat meningkatkan keamanan serta kenyamanan privasi dalam keluarga.

  • Rumah 3 Kamar Tidur 1 Mushola Type 36

Meskipun memiliki ukuran yang terbatas, desain rumah 3 kamar tidur 1 mushola type 36 bukan berarti rumah minimalis yang tidak bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan.

Jika anda membutuhkan 3 kamar tidur pada denah rumah minimalis type 36 ini, anda tentu masih bisa untuk menyiasatinya dengan penataan yang pas dan tepat.

Jadi selain memiliki kamar tidur utama, denah rumah minimalis type 36 ini juga bisa dibuat dengan 2 kamar tidur tambahan yang ukurannya lebih kecil daripada ukuran kamar tidur sebelumnya.

Pilihlah furniture yang multifungsi dan mudah untuk dipindahkan atau perabot minimalis untuk mengutamakan efisiensi dan tidak memakan banyak ruang.

Baca juga: Intip Desain Rumah Sederhana 3 Kamar di Kampung yang Nyaman

  • Rumah Dengan 3 Kamar Tidur 1 Mushola Type 45

Desain rumah 3 kamar tidur 1 mushola minimalis type 45 ini cukup banyak diminati oleh sebagian orang  karena mampu memenuhi kebutuhan keluarga kecil anda.

Setiap kamar tidur akan dibuat secara terpisah pada tiga sudut denahnya, hal ini bertujuan untuk dapat memberikan privasi bagi masing-masing penghuninya.

Satu kamar tidur dibuat paling besar untuk dijadikan sebagai kamar tidur utama. Desain rumah ini juga dilengkapi dengan 2 kamar mandi, area dapur serta ruang makan yang menyatu di bagian tengah, serta sisa ruang yang bisa dimanfaatkan untuk dijadikan teras depan.

  • Rumah Modern Dengan 3 Kamar Tidur 1 Mushola

Desain rumah 3 kamar tidur 1 mushola modern adalah salah satu desain yang sangat populer di kalangan masyarakat. Desain rumah ini memadukan estetika minimalis dengan berbagai elemen-elemen modern yang mewah.

Rumah dengan desain seperti ini juga seringkali memiliki dinding yang terbuat dari kaca yang besar, sehingga cahaya alami dapat masuk dengan bebas kedalam rumah yang akan menciptakan tampilan yang terang dan lapang.

Ruangan untuk mushola juga dibuat secara terbuka dengan beberapa hiasan islami yang dapat memberikan kesan yang minimalis pafda mushola, sementara untuk area dapurnya dilengkapi dengan peralatan canggih yang akan memberikan kenyamanan bagi penghuni rumah.

Penambahan taman dibelakang rumah yang luas dengan kolam renang juga dapat menjadi nilai tambahan untuk membuat betah para penghuni rumah.

Itulah beberapa konsep dan model desain rumah 3 kamar tidur 1 mushola yang dapat anda jadikan referensi jika masih bingung dalam memilih desain rumah dengan tambahan mushola didalamnya.

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *