Begini Bangun Rumah dengan Biaya 20 Juta

Membangun rumah dengan biaya 20 juta memangnya cukup? Pertanyaan seperti ini masih saja sering bersliweran baik dimedia sosial maupun pencarian.

Memang, memiliki hunian atau tempat tinggal yang nyman adalah dambaan untuk setiap orang.

Baik dengan cara membangun rumah dari nol atau membeli rumah bekas orang lain atau membeli rumah baru siap huni yang sering di tawarkan oleh banyak calo properti. Rumah sangatlah berfariasi baik dari model serta harganya.

Semakin unik, luas, megah, dan bagus maka tentu saja semakin mahal biaya yang diperlukan begitu juga sebaliknya.

Semakin minimalis rumah yang di beli atau di bangun maka semakin terjangkau pula biaya yan harus di keluarkan. Di sini kita akan membahas membangun rumah dengan biaya 20 juta rupiah saja.

 Di tahun ini mengingat semua hal semakin mahal sepertinya hampir tidak mungkin membangun rumah dengan biaya 20 juta saja.

Akan tetapi tentu saja tetap ada solusi untuk Anda semua yang ingin memiliki hunian yang nyaman untuk keluarga walaupun hanya dengan biaya 20 juta saja dan rumah yang di hasilkan pun rumah yang minimalis.

Berikut merupakan hal yang harus Anda perhatikan apabila Anda akan membangun rumah dengan biaya 20 juta rupiah saja.

Tips Sebelum Membangun Rumah dengan Biaya 20 Juta

Membangun Rumah dengan Biaya 20 Juta
Bangun Rumah dengan Biaya 20 Juta

Hal yang harus Anda perhatikan apabila Anda ingin membangun rumah dengan biaya 20 juta rupiah saja

Hal ke satu yang harus Anda perhatikan apabila Anda ingin membangun rumah sederhana dengan biaya 20 juta rupiah saja adalah tanah.

Tentu saja kita semua tahu bahwa membangun sebuah bangunan hal yang paling utama di butuhkan selain biaya adalah tanah.

Anda harus memiliki tanah terlebih dahulu, akan tetapi jika Anda hanya memiliki dana sebesar 20 juta rupiah saja sepertinya tidak akan cukup apabila dana yang jumlahnya hanya sebesar 20 juta rupiah juga dipakai untuk membeli tanah.

Karena sepertinya di zaman sekarang ini 20 juta rupiah hanya dapat dilakukan untuk membeli tanahnya saja sehingga ke depannya Anda tidak memiliki dana lagi untuk membangun rumah.

Hal ini dapat di solusikan dengan Anda sudah memiliki tanah terlebih dahulu, sehingga dana 20 juta itu khusus hanya untuk biaya pembangunan rumah saja dari awal berdiri hingga finishing dan siap untuk ditempati.

Hal ke dua yang harus Anda perhatikan apabila Anda ingin membangun rumah sederhana dengan biaya 20 juta rupiah saja adalah bahan matrial.

Untuk bahan matrialnya, apabila Anda hanya memiliki dana sebesar 20 juta rupiah saja maka akan ada banyak hal yang harus diganti matrialnya yaitu seperti penggantian dari penggunaan bata merah beralih menjadi hebel yang hanya akan di gunakan untuk bagian tembok luar rumahnya saja.

Untuk bagian dalamnya Anda dapat menggunakan kasibot yang digunakan sebagai penyekat di dalam ruangan, walaupun memang tidak sekokoh tembok akan tetapi kasibot ini cukup untuk menjadi solusi agar dana yang Anda miliki masih tersisa cukup banyak, selanjutnya untuk atap rumah yang biasanya menggunakan genting maka Anda dapat menggantinya dengan bahan alternatif lain seperti asbes atau seng.

Walaupun tentu saja kita tahu bahwa kekurangan asbes maupun seng adalah rumah akan menjadi lebih panas saat siang hari serta Anda juga suatu saat nanti harus mengganti asbes atau seng yang Anda gunakan.

Selanjutnya untuk kramik, Anda dapat menggunakan kramik di beberapa bagian ruangan saja seperti ruang tamu dan ruang keluarga.

Untuk kamar apabila perkiraan dananya masih mencukupi maka Anda juga dapat membuat lantai kamar Anda menggunakan lantai kramik.

Akan tetapi apabila Anda tidak akan menggunakan kramik pada lantai kamar yang Anda miliki maka Anda dapat membuat lantai dengan hanya menggunakan semen saja yang permukaannya dibuat halus.

Lalu agar ruangan menjadi lebih rapih dan bagus untuk mempercantik lantai Anda dapat membeli karpet lantai yang berbahan plastik dan memiliki banyak motif seperti motif kayu untuk lantai kamar yang Anda miliki, untuk dapur Apabila tidak dikramik maka Anda hanya cukup menggunakan lantai semen saja tanpa dilapisi lagi dengan karpet seperti pada lantai kamar.

Sehingga, matrial yang Anda perlukan menjadi lebih sedikit biayanya, jadi Anda hanya memerlukan hebel, semen, krikil, paku, kawat, kayu, serta seng atau asbes saja. Penggunaan material seperti di atas tentu sangatlah membantu menekan pengeluaran biaya yang Anda miliki.

Hal ke tiga yang harus Anda perhatikan apabila Anda ingin membangun rumah dengan biaya 20 juta rupiah saja adalah biaya tukang atau pekerja

untuk biaya tukang biasanya adalah Rp.100,000 per orangnya, biasanya di bayarkan per bulan atau ada juga yang membayarkan upah tukang per satu minggunya, perkiraan biaya tukang ini dapat Anda kalikan dengan jumlah tukang yang akan Anda pakai dan perkiraan lama pengerjaan rumah milik Anda.

Hal ke empat yang harus Anda perhatikan apabila Anda ingin membangun rumah sederhana dengan biaya 20 juta rupiah saja adalah menentukan denah rumah yang minimalis

Seperti yang telah kita ketahui biaya rumah bermodalkan uang sebesar 20 juta rupiah saja hanya cukup untuk membangun rumah yang sederhana dan minimalis serta sudah ada beberapa bahan matrial pokok yang diganti menjadi bahan alternatif lain agar biaya yang di keluarkan menjadi sedikit lebih terjangkau.

Dengan rumah biaya 20 juta rupiah untuk keseluruhan pembangunan ini mungkin hanya akan terdapat dua kamar, satu kamar mandi dalam, satu dapur, dan ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga.

Ukuran ruangannya pun juga terbilang cukup minimalis, mungkin hanya 2×2 atau 2×2,5 pada tiap ruangannya kecuali ruang keluarga.

Hal ke lima yang harus Anda perhatikan apabila Anda ingin membangun rumah sederhana dengan biaya 20 juta rupiah saja adalah kelistrikan

Untuk kelistrikan juga memakan biaya, paling tidak jika Anda hanya mempunyai 20 juta saja maka Anda memakai daya listrik yang 450 watt atau 900watt saja.

Hal ke enam yang harus Anda perhatikan apabila Anda ingin membangun rumah sederhana dengan biaya 20 juta rupiah saja adalah membuat rincian keseluruhan biaya

Agar lebih terpantau biaya yang Anda keluarkan dan untuk menentukan cukup atau tidaknya dana 20 juta rupiah yang Anda punya untuk membangun sebuah hunian maka Anda harus melakukan perincian. Perkiraan perincian di bawah ini adalah biaya dengan matrial yang kualitasnya sedang

Paku 3kg = Rp.16,000 x 3 kg = Rp.48,000

Kawat 1 roll = Rp.74,000

Besi 8 buah = Rp.67.000

Kayu 30 buah = Rp.450.000

Hebel 1 truk = Rp.5,550,000

Semen 5 buah = Rp.51,000 x 5  buah = Rp.255,000

Krikil 1 pick up = Rp.500,000

Kasibot 10 lembar = Rp.56,000 x 10 = Rp.560,000

Kaca jendela 4 buah = Rp.50,000 x 4 buah = Rp.200,000

Kusen pintu 2 buah = Rp.1,400,00

Kusen jendela 4 buah = Rp.300,000 x 4 = Rp.1,200,000

Kelistrikan 900 watt = Rp.1,399,900

Kramik lantai 7 dus ukuran 30×30 = Rp.41,000 x 7 = Rp.287,000

Tukang 3 tukang/bln = Rp.900,000 x 4 = Rp.3,600,000

Cat 1 ember besar = Rp.279,000

Total = Rp.10,839,900

Dari 20 juta rupiah maka masih tersisa dana Rp.9,160,100

Dana tersebut dapat Anda gunakan untuk memenuhi beberapa hal yang masih kurang dari perkiraan biaya kasar di atas, lalu sisa dana yang sudah pasti dapat Anda gunakan untuk mengisi beberapa furniture yang sesuai dengan dana yang Anda miliki.

Kesimpulan apabila Anda hanya memiliki uang 20 juta rupiah saja hal itu mungkin bisa saja cukup, apabila sudah memiliki tanah, akan tetapi cukup atau tidaknya untuk membangun rumah tergantung dari diri Anda sendiri apakah ingin rumah yang matrialnya keseluruhan berkualitas bagus atau biasa biasa saja menyesuaikan dengan dana yang ada.

Editor: UN

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

Tinggalkan komentar