Intip Desain Rumah Sederhana 3 Kamar di Kampung yang Nyaman

Ada beragam desain rumah sederhana 3 kamar di kampung yang dapat Anda gunakan sebagai inspirasi dalam membuat rumah. Tidak perlu mewah, asalkan nyaman maka akan membuat betah untuk lama tinggal di rumah.

Membangun rumah di kampung bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin memiliki hunian nyaman, tenang, dan sejuk.

Harga lahan di kampung juga bisa menjadi bahan pertimbangan dibandingkan harga lahan di ibu kota yang bahkan mencapai 3 hingga 5 kali lipatnya.

Rancangan Desain Rumah Sederhana 3 Kamar di Kampung

Lahan yang luas sayang jika tidak dimanfaatkan dengan baik pembangunannya. Bagi Anda yang memiliki jumlah anggota keluarga banyak atau ingin membuat kamar khusus tamu, setidaknya menyediakan 3 kamar di dalam rumah.

Berikut ini beberapa desain rumah sederhana 3 kamar di kampung yang bisa diikuti.

1. Desain Rumah Sederhana 3 Kamar di Kampung dengan Halaman Belakang

Walaupun tinggal di pedesaan, tidak ada salahnya menerapkan desain rumah yang biasa digunakan di cluster-cluster daerah kota.

Jika bentuk lahannya memanjang ke belakang, Anda dapat memanfaatkannya dengan membuat halaman atau taman belakang tanpa atap.

Halaman belakang yang dibangun tanpa atap  dimanfaatkan sebagai sirkulasi udara. Tanam beberapa tanaman yang menghasilkan. Tambahkan juga kursi ayunan untuk duduk bersantai di belakang.

Buat 1 kamar tidur di depan, dan 2 kamar tidur di belakang. Kamar tidur utama dapat diletakkan di belakang dengan jendela besar yang menghadap halaman. Berikan beberapa taman yang diletakkan di teras depan rumah agar terlihat asri.

2. Desain Rumah Sederhana 3 Kamar di Kampung dengan 2 Kamar Mandi

Desain Rumah Sederhana 3 Kamar di Kampung

Untuk keluarga yang anggotanya berjumlah banyak dan memiliki kesibukan di pagi hari, rasanya tidak cukup jika dengan 1 kamar mandi. Maka, menerapkan 2 kamar mandi bisa menjadi solusi terbaik.

Satu kamar mandi bisa dibuat menyatu dengan kamar utama. Sehingga pemilik kamar utama bisa menggunakan kamar mandi langsung yang ada di kamarnya.

Kamar utama bisa diletakkan di depan samping ruang tamu dengan kamar mandinya. Kamar mandi yang lainnya juga dapat dibuat berdampingan namun dengan pintu masuk yang berbeda.

2 kamar diletakkan di bagian kanan dan kiri ruang tamu. Beri jendela pada kamar utama yang menghadap taman, dan beri jendela pula pada kamar yang menghadap ke carport.

Adapun 1 kamar lainnya diletakkan di bagian belakang. Adanya kamar mandi lebih dari satu dapat mengantisipasi antrian mandi di pagi hari.

3. Desain Rumah Sederhana 3 Kamar di Kampung dengan Gudang

Jika Anda pindah dari kota ke desa dan membawa banyak barang, maka perlu membuat satu ruangan untuk dijadikan sebagai tempat penyimpanan atau gudang.

Ruangan tersebut dijadikan sebagai tempat penyimpanan bahan makanan maupun toilet, sehingga dapur terlihat lebih rapi dan barang-barang mudah ditemukan.

Gudang tidak melulu diletakkan di belakang, Anda bisa saja meletakkan gudang di belakang carport. Jika ingin dijadikan sebagai tempat penyimpanan bahan makanan, maka buat ruangannya tidak jauh dari dapur dan kamar mandi.

4. Desain Rumah Sederhana 3 Kamar di Kampung dengan Dapur Bagian Depan

Penempatan dapur di bagian depan setelah pintu masuk memiliki tujuan untuk memisahkan area pribadi pemilik. Selain itu, Anda tidak perlu lagi memasang alat penghisap asap atau cooker hood karena udara panas sudah langsung keluar dari pintu.

Meskipun pintu masuk melewati dapur, tapi Anda juga bisa membuat pintu samping dari carport ke arah ruang tamu. Kamar diletakkan di bagian belakang dan tengah, kemudian kamar mandi diletakkan di bagian ujung belakang dengan halaman atau taman belakang.

5. Desain Rumah Sederhana 3 Kamar di Kampung Bentuk Letter L

Desain unik rumah berbentuk Letter L ini bisa Anda terapkan meskipun di kampung. Konsep ini cocok digunakan bagi lahan minimal namun tetap dibuat nyaman dan luas. Penempatannya juga diatur menggunakan trik agar konsepnya tepat.

Bagian depan bisa Anda gunakan sebagai teras, ruang tamu, dan dapur. Kemudian ketiga kamarnya diletakkan sejajar di belakang. Agar sirkulasi udara tetap lancar, tambahkan ventilasi di setiap kamar. Dan berikan jendela lebar pada masing-masing dinding ruangan.

6. Desain Rumah Sederhana 3 Kamar di Kampung dengan 2 Teras

Desain rumah 3 kamar di kampung selanjutnya adalah dengan membuat teras. Lahan luas di daerah kampung dapat dimanfaatkan untuk membuat 2 teras.

Satu teras kecil terletak di depan rumah sebelum pintu masuk, sedangkan teras satunya dibagian samping dan dapat dijadikan kebun maupun garasi.

Bangun ruang tamu di area depan dan jangan diberi sekat antara ruang tamu dan ruang makan agar terasa luas. Sedangkan kamar tidur dibangun di sisi kiri.

7. Desain Rumah Sederhana 3 Kamar di Kampung dengan Dapur Tanpa Sekat

Peletakan teras rumah yang luas di depan beserta bangku santai membuat suasana terasa nyaman. Anda bisa membuat 2 pintu masuk ke arah ruang tamu atau ke dapur. Desain ini memberikan konsep ruang tamu dan dapur tanpa sekat.

Seperti di perumahan, agar lebih lega, ruang tamu, ruang makan, dan dapur di buat sejajar tanpa sekat. Tentunya tetap dibatasi oleh meja dan kursi makan. Kemudian, 3 kamar diletakkan sejajar di belakang.

Luas tiap kamar dapat dibuat dengan luas yang sama, hanya yang membedakan adalah kamar mandi dalam yang dapat diletakkan di kamar utama.

8. Desain Rumah Sederhana 3 Kamar di Kampung dengan Rata Pencahayaan

Karena lahannya yang luas, maka jarang sekali bangunan bertingkat di daerah kampung. Hal ini menguntungkan bagi pencahayaan karena mendapat sinar matahari sepanjang waktu.

Peletakan ruang tamu dan dapur menjadi satu memanjang ke belakang. Agar pencahayaan tidak menghalangi kamar, berikan jendela jendela besar di setiap kamar. Keuntungan dari desain ini adalah ruangan tidak mudah pengap dan lembab.

Baca juga: 5 Contoh Gambar Desain Apartemen 3 Kamar yang Nyaman Sebagai Hunian

9. Desain Rumah Sederhana 3 Kamar di Kampung Gaya Modern

Fasilitas lengkap yang biasa ada di kota mungkin akan memjadi kebiasaan saat sudah pindah ke kampung. Anda yang memiliki cukup dana dapat membuat konsep rumah denagn 3 kamar mewah.

Buat 3 kamar yang luas pada sudut-sudut lahan. Berikan juga kamar mandi di setiap kamarnya. Bisa juga dengan ditambahkan failitas lengkap seperti televisi dan pendingin ruangan masing-masing. Sisa lahan dibelakang, bisa dibangun laundry room  dan juga kamar mandi luar.

10. Desain Rumah Sederhana 3 Kamar di Kampung Model Tradisional

Tanpa menghilangkan ciri khas daerah, rumah kampung dengan model atap meruncing dan jendela-jendela lebar juga menjadi pilihan yang baik.

Nuansa tradisional muncul dari bentuk maupun material. Agar lebih terasa sejuk nuansa kampung, Anda bisa meletakkan balai teras depan.

Buat pula pintu lebar dengan daun pintu kupu-kupu. Peletakan kamar bisa diletakkan di belakang ruang tamu memanjang ke belakang, maupun diletakkan di sudut-sudut lahan. Gunakan cat berwarna terang agar kesan tradisional muncul sepenuhnya.

Itulah beberapa referensi desain rumah sederhana 3 kamar di kampung nyaman untuk dihuni. Jangan lupa, pilih material yang bagus agar kualitas bangunan tetap terjaga. Pilih desain yang sesuai dengan tipe keluarga Anda sehingga seluruh anggota rumah akan betah tinggal di rumah. Semoga menginspirasi.

Rofik N

Being Content Writer Since 2017. Aktif menulis seputar properti dimulai tanggal 7 Februari 2018. Hobby menulis dan membaca. Bacaan seputar desain pada hunian. Topik yang disukai adalah topik seputar aplikasi dan kiat pembangunan rumah, desain, dan tata letak pada hunian.

All Post | Website