Mengaplikasikan Granit Kasar untuk Teras Rumah

Granit jadi salah satau material terbaik yang bisa dipilih untuk melengkapi eksterior rumah. Baik untuk bagian dari lantai maupun elemen tambahan lainnya.

Memilih variasi produk granit kasar untuk teras jelas ada keuntungannya karena selain memang unik, meminimalisir slip jika dipakai untuk lantai, juga mampu memberikan efek luar biasa secara tampilan.

Lalu, bagaimana cara/kiat menerapkan granit kasar untuk teras rumah Anda dan memilih motif terbaiknya?

Di artikel kal ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara mendapatkan sesuatu yang memukau di sisi eksterior rumah Anda.

Sejarah Penggunaan Granit Kasar untuk Teras/ Eksterior Rumah

Granit telah digunakan sebagai material eksterior bangunan selama ratusan tahun karena ketersediaannya yang mudah dicari, ketahanannya yang kuat, dan karakternya yang unik.

Oleh karenanya bisa dikatakan bahwa granit adalah bahan bangunan yang sangat populer jika menginginkan keunggulan seperti di atas.

Lalu bagaimana jika dipersempit topiknya soal bagaimana memilih material granit kasar untuk teras rumah Anda?

Memang tidak ada batu alam lain yang kuat dan setangguh granit. Tapi belum tentu Anda setuju dengan harganya.  

Jika Anda yakin bahwa granit ini adalah bahan bangunan yang cocok, maka tinggal memilih motif granit untuk teras yang paling sesuai. Teras rumah Anda akan terlihat indah jika mengadopsi granit dengan motif tertentu.

Apakah benar granit bahan terbaik untuk digunakan di luar ruangan?

granit kasar untuk teras

Sekali lagi, granit adalah batuan beku yang telah ditambang selama berabad-abad. Granit digunakan dalam berbagai material konstruksi di seluruh dunia karena sifat tahan banting dan daya tahannya yang kuat.

Tidak heran jika granit sangat baik untuk digunakan di luar ruangan karena tahan cuaca. Bahkan batu nisan granit masih terlihat baru setelah seratus tahun bahkan lebih.

Granit juga dapat disegel agar tidak berpori. Hal ini membuat permukaan tidak dapat tembus dengan mudah jika Anda akan menggunakannya sebagai bagian atas meja.

Untuk aplikasi di tempat lain, Anda bisa membiarkan granit apa adanya, ini memungkinkan bahan organik tumbuh dan menciptakan lapisan karakter yang baru. Setelah beberapa waktu, granit akan terlihat baru.

Berikut beberapa kegunaan dan penerapan granit kasar untuk teras jika dipalikasikan pada eksterior rumah/di luar ruangan:

Lantai

Granit adalah pilihan bahan yang sangat baik untuk teras. Granit kasar adalah model yang paling bagus untuk lantai eksterior karena mampu menyamarkan kotoran. Anda dapat mengganti teras batu bata, beraspal atau beton dengan granit untuk menciptakan eksterior yang lebih berkelas.

Desain Air Mancur

Penerapannya selain untuk lantai juga bisa pada elemen lain di area teras rumah Anda. Misalnya untuk desain air mancur jika menginginkan karya desain yang cantik maka granit bisa dipilih sebagai material tambahannya.

Jika Anda ingin membuatnya sendiri bisa saja dengan memanfaatkan kemampuan dan keahlian sehingga lebih hemat juga plus hasilnya sesuai keinginan. Dengan begitu, air mancur taman rumah Anda akan terlihat anggun dan cantik.

Sisi dinding taman

Selain air mancur, granit kasar untuk teras rumah juga bisa diaplikasikan pada bagian sisi taman lho.

Kekuatannya yang tidak diragukan lagi membuatnya sangat layak untuk jadi bagian dari teras rumah Anda. Penerapannya bisa pada sisi dinding taman teras rumah Anda yang memerlukan sentuhan berkelas dari sisi material.

Batu Loncat

Jika Anda hendak menjadikan teras yang ada batu loncatnya maka granit kasar bisa diplih. Batu loncatan dari material granit tersedia dalam berbagai bentuk dan model.

Anda bahkan bisa membuat desain granit kasar untuk teras rumah Anda tanpa harus membeli jadi.

Gerbang depan rumah

Jika Anda memiliki gerbang dengan plakat besi, menggantinya dengan granit adalah hal yang masuk akal. Granit dapat dibor dengan mesin khusus sehingga dapat ditempelkan pada pintu gerbang, baik itu kayu maupun logam.

Anda dapat mengecat nomor rumah Anda pada papan nama atau mengukirnya menggunakan pahat. Lakukan ini dengan penuh detail sehingga didapat nuansa tampilan pedesaan yang asri.

Jadi, teras rumah yang menggunakan granit sebagai materialnya baik untuk lantai mapun lainnya yang berkaitan dengan eksterior rumah. Maka hasilnya bisa dijamin akan bagus dan awet dalam jangka waktu lama.

Jika Anda berencana untuk menggunakan granit kasar untuk teras rumah Anda, penempatannya bisa untuk lantai, batu loncat, sebagian dinding taman, dan sebagainya.  

rofik n

Being Content Writer Since 2017. Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Februari 2018. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.