Tips Memilih Motif Granit untuk Teras Rumah Minimalis

Mengapa Anda harus mempertimbangkan material dan pemilihan motif granit untuk teras rumah Anda?

Ini pertanyaan yang klasik dan ketinggalan tren sebenarnya.

Sebab sudah banyak orang yang menjatuhkan pilihan pada granit sebagai material ubin lantai teras rumah mereka. Bahkan sebagian besar ada yang sudah sampai pada tahap dilematis ketika harus memilih motif mana yang tepat.

Nah, untuk Anda yang masih dilema akan memilih granit ataukah material lain untuk teras rumah Anda, artikel kali ini akan membantu meyakinkan Anda.

Kita akan kupas lebih detail soal apa itu material granit, apa saja kelebihan dan kekurangnnya serta bagaiman kiat memilih motif granit untuk teras rumah Anda.

Popularitas Granit sebagai Material Lantai

Granit sendiri dianggap sebagai salah satu material pilihan, yang tahan lama dan mengkilap. Granit juga merupakan salah satu material batu alam yang berusia tua dan biasa digunakan sebagai bahan lantai yang kuat.

Tekstur granit mampu membuat lantai Anda jadi terlihat megah, plus bisa diaplikasikan dimana saja seperti di rumah maupun kantor.

Jika di rumah, pemanfaatan batu granit bisa untuk apa saja. Anda dapat memasang granit untuk ruang indoor maupun outdoor, lantai carport, area parkir, bahkan pinggiran kolam renang dengan sentuhan finishing lainnya.

Granit yang bagus ialah yang memiliki variasi pola/motif yang lebih sedikit agar nampak indah. Sementara, lantai granit yang lebih banyak variasi pola-nya terlihat kurang bagus karena terlalu ramai.

Sehingga, jika Anda memutuskan untuk memilih granit dipasang jadi material lantai teras, maka sebaiknya pilih yang minim motif agar kesan yang ditimbulkan jauh lebih baik.

Mengapa Pilih Granit untuk Teras Rumah Anda?

motif granit untuk teras rumah

Ada banyak alasan kenapa kami merekomendasikan granit sebagai salah satu material terbaik untuk teras rumah Anda. Lalu memilih motif granit untuk teras rumah dengan pertimbangan tertentu.

Hal ini tidak lepas dari kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh material bernuansa alam yang satu ini, diantara kelebihan dan kekurangannya yaitu:

1. Tahan Lama dan Minim Perawatan

Daya tahan adalah salah satu alasan utama mengapa Anda mesti memilih ubin motif granit untuk teras rumah Anda. Keunggulan granit dalam hal daya tahannya telah teruji selama berabad-abad bahkan sejak zaman Romawi.

Selain itu, kualitas bahannya sangat tangguh sehingga bisa dikatakan hampir tidak memerlukan tindakan perawatan.

Karena ketangguhannya inilah sehingga ubin granit terbilang sangat cocok untuk lantai baik indoor maupun outdoor.

2. Tahan Air dan Kelembaban

Perlu Anda ketahui, sebagian besar ubin granit tersedia dengan finishing yang berbeda dan sudah disesuaikan dengan area pemasangan.

Anda tidak perlu khawatir dengan kelembapan yang mungkin berefek pada permukaannya sebab batu alam yang satu ini sangat tahan dan praktis tidak tembus air.

Dengan kata lain, granit sangat cocok untuk dipakai sebagai material lantai dimanapun. Baik interior maupun eksterior rumah, keduanya sangat cocok untuk dipasangi ubin lantai dari granit.

Lantai eksterior seperti teras yang menggunaakn granit akan tetap aman dari air hujan yang bisa menyebabkan permukaan jadi lembab dan licin.

Sementara untuk area indoor, granit tetap bisa jadi pilihan terbaik karena tampilannya yang mengkilap. Jika malam hari, terkena pencahayaan lampu maka akan semakin terlihat bagus.

3. Cantik dari sisi Estetika

Granit di pasaran hadir dalam berbagai warna dan motif, ada hitam, krem, hijau, dan masih banyak lainnya.

Anda tidak perlu khawatir jika menginginkan ubin granit yang sesuai dengan warna dominan dalam ruangan karena ada begitu banyak pilihan.

4. Cocok Diterapkan pada Berbagai Ruangan atau Area

Alasan lain yang lebih spesifik kenapa granit adalah salah satu material lantai terbaik adalah karena cocok diterapkan untuk keperluan apapun dan ruangan manapun.

Dari mulai dapur, ruang tamu, kamar mandi bahkan hingga area teras atau taman semuanya cocok dengan ubin. Pilihan motif granit untuk teras rumah sendiri sudah cukup banyak sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan dimana lokasi penempatannya.

Baca juga: Rekomendasi Meja Dapur Granit Dibawah 1 juta Rupiah

Kekurangan dari granit ini adalah harganya yang relatif lebih mahal sehingga butuh budget ekstra. Ditambah lagi, bobotnya berat sehingga jika bukan ahlinya disarankan untuk tidak memasangnya secara mandiri.

Pertimbangan Penting Memilih Motif Granit untuk Teras Rumah [Indoor Outdoor]

motif granit untuk teras rumah

Dalam memilih motif granit untuk teras rumah, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan berdasarkan konsep terasnya. Dalam hal ini apakah konsep teras di rumah Anda adalah indoor atau outdoor, ada atapnya atau terbuka.

Berikut dua model motif granit yang bisa dipilih berdasarkan konsep terbuka atau tidak terbukanya teras rumah Anda.

Granit Finishing Kasar untuk Teras Luar Ruangan

Ketika Anda memutuskan untuk memasang lantai granit di teras rumah Anda. Maka, untuk pemilihan motifnya bisa didasarkan pada konsep teras tersebut apakah di dalam atau di luar ruangan.

Misalnya, jika teras rumah Anda di luar ruangan atau tanpa atap alias terbuka, maka material granit yang dipilih harus tahan lama, anti selip, dan tahan terhadap pengaruh sinar matahari, bahkan hujan.

Dalam hal ini, lebih baik memilih motif granit untuk teras rumah dengan finishing yang mengkilap. Ini menghasilkan permukaan yang agak kasar dengan tampilan mengkilap.

Untuk lantai granit eksterior, sebaiknya pilih warna seperti abu-abu atau krem ‚Äč‚Äčkarena akan membantu mencegah noda dan kotoran dari alas kaki.

Granit Finishing Halus untuk Teras Indoor

Sementara itu, untuk teras dalam ruangan, Anda bisa memilih granit motif halus karena tidak berpotensi slippery.

Selain itu, batu alam granit menghadirkan kilauan dan keanggunan yang berbeda. Anda dapat membersihkan lantai granit dengan cara yang simpel hanya dengan sedikit air dan deterjen saja.

Memang ada banyak motif lain yang bisa dipilih, namun jika memilih berdasarkan finishing permukaannya, Anda dapat mengerucutkan pilihan pada model halus atau kasar permukaannya.

Bagaimana, tertarik untuk mengadopsi granit sebagai material teras rumah Anda? Jika iya, Anda bisa langsung pilih motif granit untuk teras rumah Anda berdasarkan konsepnya seperti dijelaskan di atas. Semoga berhasil.

rofik n

Being Content Writer Since 2017. Menulis pertama kali di diminimalis dimulai tanggal 7 Februari 2018. Topik tulisannya seputar desain rumah minimalis, interior, eksterior, landscape dan juga aquascape, termasuk kolam renang, mulai dari pembuatan, renovasi dan juga perawatan, dengan mengedepankan konsep green living dan citra hunian yang nyaman bagi keluarga.

All Post | Website

Leave a Reply

Your email address will not be published.